5 Penyebab Sariawan

5 Penyebab Sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang umum dialami oleh setiap orang. Sedemikian umumnya sehingga banyak orang yang menganggap remeh jika terserang sariawan. Kurang disadari oleh kebanyakan orang bahwa sariawan disebabkan oleh berbagai sebab. Beberapa pemicu timbulnya sariawan, yaitu:

1. Stress

Tekanan dari pekerjaan ataupun tugas sekolah dapat menimbulkan stress yang mampu membuat sariawan timbul di daerah rongga mulut anda. Menjaga keseimbangan dalam hidup merupakan salah satu solusi untuk menghindarkan kita dari timbulnya sariawan.

2. Trauma

Trauma atau luka karena tergigit pada saat makan atau terkena sikat gigi merupakan hal yang sering terjadi dan dapat menyebabkan sariawan. Pemilihan bulu sikat gigi yang halus dan cara menyikat gigi yang tidak keras mampu menghindari terjadinya sariawan.

3. Kekurangan vitamin serta nutrisi dari sayuran dan buah

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan yang terdapat di buah dan sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu penyebab terjadinya sariawan di rongga mulut adalah kekurangan vitamin dan nutrisi tersebut. Sariawan karena kekurangan vitamin dapat diseimbangkan dengan suplemen tambahan.

4. Keturunan atau Herediter

Penyebab lain terjadinya sariawan yaitu faktor keturunan dalam keluarga. Jika ayah atau ibu anda memiliki riwayat sering mengalami sariawan maka kemungkinan penyebab dari sariawan yang anda alami salah satunya karena faktor keturunan atau herediter.

5. Hormon

Ketidakseimbangan hormon merupakan hal lainnya yang dapat memicu timbulnya sariawan. Hal ini terutama sering dialami perempuan ketika akan mengalami menstruasi.

Jika dibiarkan atau didiamkan sariawan memang cenderung akan sembuh dengan sendirinya, namun konsultasi dengan dokter gigi dapat memberi anda informasi yang lebih pasti mengenai faktor utama penyebab dari sariawan tersebut. Dengan diketahuinya penyebab utama sariawan, maka perawatan yang tepat dapat diambil untuk menyembuhkan serta menghindarkan anda dari timbulnya sariawan secara berkala.

 

08118838388

WA only

Facebook

@klinikmhdc

Instagram

@mhdcclinic

Youtube

MHDC Clinic Channel