Ajarkan Anak Berkunjung ke Dokter Gigi

Ajarkan Anak Berkunjung ke Dokter Gigi

Mengajak anak-anak ke dokter gigi sangat penting untuk menjaga gigi mereka sekaligus mempromosikan kebiasaan kebersihan gigi dan mulut. Tapi dari cara pandang anak, berkunjung ke dokter gigi bisa menjadi peristiwa menakutkan. Berbaring di kursi pemeriksaan dan berada di ruangan asing yang penuh dengan suara dan benda-benda aneh akan membuat mereka ketakuan. Hal lainnya ditambah dengan adanya orang asing yang memasukkan benda logam yang dingin ke dalam mulut dan suara alatnya.

Mulai periksa gigi sedini mungkin

Semakin dini usia anak mengunjungi dokter gigi akan semakin baik. Ada baiknya kunjungan pertama dimulai pada usia 1 tahun atau ketika gigi pertama muncul.

Buatlah kunjungan ke dokter gigi singkat

Ketika mempersiapkan kunjungan ke dokter gigi pertama kali, cobalah untuk tidak menyertakan detail terlalu banyak. Jagalah sikap positif ketika membahas kunjungan selanjutnya. Jangan memberi anak Anda harapan palsu.

Jaga Kata-kata Anda

Jangan gunakan kata di bor, sakit atau nyeri dengan anak-anak ketika mengajaknya ke dokter gigi. Biarkan staf dokter yang memperkenalkan kata yang pantas untuk anak Anda. Gunakan kata positif seperti “bersih, kuat, dan gigi yang sehat” untuk membuat kunjungan ke dokter gigi tampak menyenangkan daripada menakutkan.

Bersiaplah Jika Si Kecil Rewel

Adalah hal yang normal jika anak kecil menangis, merengek, dan tidak mau diperiksa giginya oleh orang asing. Tetap tenang dan ingat bahwa dokter gigi dan stafnya sudah terbiasa dengan anak-anak saat mereka mengamuk tidak mau diperiksa. Biarkan perawat gigi profesional yang memandu. Mereka mungkin akan meminta Anda untuk tetap berada di kejauhan atau memegang tangan si kecil. Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan mencegah si kecil mengambil alat-alat pemeriksaan gigi.

Setelah kunjungan selesai, puji anak Anda karena sudah berperilaku baik dan berani. Sesekali berikan kejutan dengan membelikannya stiker atau mainan kecil sebagai sebuah apresiasi.

Tekankan Pentingnya Kebersihan Mulut

Ajarkan pada anak Anda bahwa mengunjungi dokter gigi adalah keharusan dan bukan pilihan. Bilang pada mereka bahwa dokter gigi akan mengurus giginya sehingga giginya kuat untuk makan. Anda juga bisa menjelaskan bahwa dokter gigi membantu menjaga kebersihan mulutnya dan memastikan anak Anda akan memiliki senyum yang indah selama bertahun-tahun.

Selain itu, dewasa ini semakin banyak klinik-klinik dokter gigi yang cukup ramah untuk anak-anak. Selalu pilih klinik serta dokter yang tepat untuk anak anda, dengan demikian anak akan merasa aman dan nyaman selama melakukan prosedur pemeriksaan gigi serta meminimilisir adanya trauma anak untuk datang kembali dan melakukan pemeriksaan gigi selanjutnya.

08118838388

WA only

Facebook

@klinikmhdc

Instagram

@mhdcclinic

Youtube

MHDC Clinic Channel