Cara Jitu Cegah Gigi Berlubang

Cara Jitu Cegah Gigi Berlubang

Sering kali orang mengeluhkan sakit gigi karena gigi berlubang setelah kondisinya cukup parah. Selain itu, banyak penyakit yang berawal dari gigi berlubang sehingga kita harus selalu waspada terhadap keadaan gigi kita. Pada dasarnya gigi berlubang dapat dicegah dengan melakukan beberapa kebiasaan sederhana berikut ini:

  • Menyikat gigi dua kali sehari pada waktu dan cara yang tepat

Menyikat gigi 2 kali sehari pada saat sebelum tidur dan pagi hari setelah sarapan. Pada saat tidur, produksi air liur di dalam rongga mulut berkurang. Mengingat bahwa salah satu fungsi air liur sebagai self cleansing di rongga mulut yakni membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan maka jika kita tidak menyikat gigi sebelum tidur dapat dibayangkan bakteri dalam rongga mulut akan berkembang biak dan beraktifitas dengan cepatnya. Kemudian selalu perhatikan bagaimana cara kita menyikat gigi, apakah caranya sudah tepat. Gunakan ukuran kepala sikat yang sesuai dengan rongga mulut anda dan dengan bulu sikat yang lembut serta halus. Selain itu teknik menyikat gigi yang baik berikut cara menyikat gigi yang baik dan benar akan membawa dampak yang cukup besar pula.

  • Menggunakan benang gigi

Gunakanlah benang gigi atau dental floss untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan di antara gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

  • Konsumsi air putih cukup

Mengkonsumsi air putih yang cukup selain untuk menjaga keseimbangan tubuh dapat membantu pula untuk membersihkan rongga mulut dari sisa makanan.

  • Pola makan sehari-hari

Pola makan sehari-hari mempengaruhi resiko gigi berlubang. Kurangi asupan makanan atau minuman yang mengandung gula diantara makan besar. Selain itu hindari makanan yang mudah lengket dan menempel di gigi.

  • Menggunakan agen anti bakteri

Penggunaan fluoride dapat mencegah terjadinya gigi berlubang. Terdapat berbagai macam cara penggunaan fluoride tergantung dari jenis dan kebutuhan setiap orang. Lakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk melakukan aplikasi fluoride.

  • Kontrol rutin enam bulan sekali ke dokter gigi

Periksa kesehatan gigi secara rutin selama enam bulan sekali merupakan salah satu tindakan pencegahan dari gigi berlubang. Pada pemeriksaan rutin dapat dilakukan aplikasi fluoride serta deteksi dini dari gigi berlubang sebelum keadaan menjadi parah.

Berbagai macam hal yang dijelaskan diatas sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan oleh setiap orang dalam kehidupan keseharian mereka namun tidak semua menyadari pentingnya melakukan hal tersebut. Melakukan hal-hal baik yang sederhana hingga membuatnya menjadi sebuah kebiasaan dapat memberikan dampak yang cukup besar untuk kesehatan anda dan keluarga terutama dengan melakukan pembiasaan sejak dini kepada anak-anak.

Untuk info jadwal praktik dan konsultasi silakan kunjungi MHDC Clinic terdekat.

08118838388

WA only

Facebook

@klinikmhdc

Instagram

@mhdcclinic

Youtube

MHDC Clinic Channel