fbpx
Mitos/Fakta : Pijat Tangan Bisa Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Bengkak?

 

 

Pernahkah sahabat mendengar bahwa pijat tangan bisa mengobati sakit gigi dan gusi bengkak? Konon katanya sih seperti itu… namun apakah hal tersebut benar secara ilmu kesehatan? Mari kita bahas dahulu tentang dari mana sih asal sakit gigi itu??

 

Pijat Tangan Dapat Mengatasi Sakit Gigi?
Sumber : https://www.orami.co.id/magazine/titik-refleksi-tangan/

 

Penyebab Sakit Gigi

 

Sakit gigi yang paling umum disebabkan oleh bakteri penyebab gigi berlubang. Ketika gigi sudah berlubang hingga mencapai ruang yang berisi saraf gigi, maka bakteri dapat masuk kedalamnya. Lantas apa yang terjadi? Bakteri tersebut akan menyerang berbagai sel yang ada di ruang saraf gigi, sehingga timbulah peradangan yang disertai dengan rasa sakit.

Rasa sakit yang dirasakan tersebut merupakan hasil interpretasi dan rangsangan berupa “sel yang luka/diserang oleh bakteri”. Saraf tersebut berasal dari gigi, untuk gigi atas merupakan saraf alveolaris superior, dan untuk rahang bawah merupakan saraf alveolaris inferior. Kedua saraf tersebut merupakan cabang dari saraf trigeminal, yaitu saraf di kepala yang berhubungan langsung ke otak.

 

Mengobati Sakit Gigi dengan Pijat Tangan, Bisakah?

 

Lantas, apakah ada hubungannya dengan anatomi di tangan? Tidak ya sahabat.. Jadi, pemijatan di tangan tidak ada kaitannya dengan meredakan sakit gigi dan gusi bengkak ya Sahabat!

 

Sakit Gigi Berlubang
Sumber : tokopedia.com/blog/top-obat-sakit-gigi-ampuh-hlt/

 

Bagaimana Cara Mengobatinya?

 

Lalu kalau sakit gigi terus harus apa dong dok? Kan si bakteri penyebab sakitnya ada di dalam gigi… ya cara mengobatinya dengan pembersihan bakteri di ruang saraf giginya Sahabat! Tentunya, dokter gigi memiliki kemampuan untuk membersihkan ruang kecil di gigi kamu sehingga bakteri mati dan rasa sakit tidak akan datang lagi. Sahabat bisa mendapatkan layanan perawatan gigi yang profesional di MHDC Clinic.

 

Artikel ini ditulis oleh : drg. Thalita Audi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa dibantu?