fbpx
Makan Keju Bikin Gigi Sehat?

Tahukah moms bahwa keju termasuk makanan yang baik dikonsumsi untuk gigi sehat?

 

Dairy product merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumi untuk kesehatan gigi dan mulut. Seperti susu, yoghurt, dan juga KEJU!!

 

Keju merupakan makanan yang digemari oleh anak-anak, dan ternyata beberapa jenis keju dilaporkan dapat menghambat proses terjadinya gigi berlubang, baik saat dikonsumsi sendiri sebagai snack maupun dikonsumsi setelah makan. Jenis keju yang direkomendasikan adalah keju Aged Cheddar, keju Swiss, keju Mozarella, dan keju Monterey Jack

 

 

Dairy Product
Sumber : https://4.bp.blogspot.com/-SyBAViN7CdQ/WCkU4s82nnI/AAAAAAAAAcA/YijJEJ4fB_oGGaqMeaB5dnMvJ-vopowNQCLcB/s320/dairyProducts_3038914b-1.jpg

 

Mengapa Keju Baik untuk Kesehatan Gigi?

 

Menurut jurnal, saat dikonsumsi, keju dapat menstimulus produksi air liur yang dapat membersihkan sisa makanan yang ada di mulut dan menetralkan asam bakteri yang dapat merusak gigi. Air liur yang banyak dapat berfungsi sebagai proteksi karena memiliki kandungan antibakteri dan mineral untuk menstabilkan level asam. Saat kita makan makanan yang mengandung karbohidrat atau gula, maka plak berisi bakteri yang ada dipermukaan gigi akan memproses gula tersebut menjadi asam yang dapat mengikis mineral pada email gigi. Nah, kandungan kalsium dan fosfat pada keju juga dapat mencegah peningkatan level asam (pH level) pada plak tersebut dan dapat membantu menguatkan kembali email gigi! Namun, jangan lupa ya Moms, setelah mengonsumsi keju, anak harus tetap menyikat gigi minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur ya moms!

 

 

Jadi, ternyata cara menjaga gigi sehat bisa juga dengan konsumsi makanan kesukaan si adek ya moms! Semoga informasi yang kami berikan membantu, dan jangan lupa kontrol gigi si adek tiap 6 bulan sekali ke Medikids cabang terdekat anda ya moms! Medikids Clinic siap memberikan layanan perawatan gigi terbaik untuk Moms dan keluarga!

 

Artikel ini ditulis oleh : drg. Thalita Audi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa dibantu?