fbpx
Merokok Setelah Cabut Gigi Dapat Menyebabkan “Dry Socket”!

 

 

Setelah cabut gigi, ini yang terjadi di gigi kita: Pencabutan gigi merupakan tindakan yang menghasilkan luka terbuka pada “socket” atau ruang pada gusi yang tadinya diisi oleh gigi. Setelah pencabutan, maka ruang tersebut akan berisi darah dan perlahan-lahan tubuh akan merespon adanya luka sehingga terbentuklah bekuan darah pada ruang tersebut. Kemudian darah akan berhenti dan ruang paska pencabutan tersebut perlahan-lahan menutup hingga sembuh sempurna. Namun, apa jadinya ketika proses pembekuan darah tersebut terhambat akibat anda merokok?

 

 

 

 

Merokok Setelah Cabut Gigi Dapat Menyebabkan Dry Socket
Sumber : https://cdn.pixabay.com/photo/2013/02/20/07/21/cigarettes-83571_960_720.jpg

 

Apa Bahaya Merokok Setelah Cabut Gigi?

 

Merokok dapat meningkatkan resiko komplikasi pada luka setelah pencabutan. Kondisi ini disebut juga dengan “dry socket”. Dry socket terjadi akibat terlepasnya bekuan darah pada luka paska pencabutan yang berfungsi untuk melindungi tulang dan saraf dibawahnya, serta bertugas untuk memulai proses penyembuhan. Gerakan mulut saat menghisap rokok dan kandungan rokok itu sendiri dapat menyebabkan bekuan darah yang telah terbentuk lepas dan menghasilkan rasa sakit yang signifikan. Nyeri yang terasa bahkan dapat menyebar hingga kepala dan leher, serta dapat muncul rasa yang tidak enak, bau mulut, dan sedikit demam. Saat diperiksa di kaca, anda dapat melihat ruang paska pencabutan tersebut “kosong” dan tidak ada tanda-tanda penutupan luka.

 

 

 

 

Dry Socket yang Disebabkan oleh Rokok
Sumber : https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2021/01/dry-socket-picture-1024×768-f94cc3a9ebb118a5253615831e4b5094-53a89c8b4bbca2f96e6906b3b78c3cb9.jpg

 

 

 

Jadi, Apa yang Harus Dilakukan?

 

Jadi, merokok benar-benar dilarang terutama 3 hari paska pencabutan. Untuk menjaga agar luka paska pencabutan dapat cepat membaik maka jagalah kebersihan rongga mulut terutama di bagian luka paska pencabutan, hindari aktivitas tinggi dan hindari alkohol, dan makanan/minuman yang panas. Jangan membersihkan area bagian luka dengan apapun selama 24 jam setelah pencabutan dan pastikan anda menyikat gigi dengan bulu sikat yang halus, agar tidak kembali membuka luka yang sedang dalam proses penyembuhan. Jika anda menyadari adanya tanda-tanda yang tidak lazim pada luka paska pencabutan, jangan ragu untuk menghubungi dokter gigi anda, dan ingat, NO SMOKING! Penyembuhan luka anda harus berjalan dengan baik sehingga anda dapat tersenyum dengan baik lagi.

 

BACA JUGA: Hati-hati, Penyakit Gusi Bisa Picu Sakit Jantung?!

 

 

Artikel ini ditulis oleh : drg. Thalita Audi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa dibantu?