Home

Dokter Umum

Praktik Dokter Umum di MHDC Clinic

MHDC (Mulia Health and Dental Care) Group merupakan salah satu one stop cilinic yang menyediakan layanan dokter umum. Dokter yang berpengalaman dan profesional, pelayanan yang ramah, serta suasana klinik yang nyaman menjadi beberapa keunggulan klinik MHDC.

Berikut ini adalah  layanan praktik dokter umum yang tersedia di klinik MHDC:

Melayani tindakan dan konsultasi dokter umum dengan tenaga dokter yang profesional dan berpengalaman. Konsultasikan kondisi kesehatan Anda kepada dokter umum agar mendapatkan penanganan yang tepat.  Kesehatan Anda adalah prioritas, pastikan ditangani oleh tenaga medis yang tepat dan sesuai dengan keluhan/kondisinya.

Konsultasi dengan dokter adalah pilihan bijak jika mengalami berbagai keluhan kesehatan. Hal ini juga bertujuan agar tidak terjadi self diagnose pada pasien sehingga pelayanan dan tindakan yang dilakukan tidak sesuai prosedur medis. Segera konsultasikan kondisi kesehatan Anda kepada tenaga medis profesional.

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadar di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol yang menumpuk akan mengganggu aliran darah. Sebenarnya, kolesterol juga dibutuhkan untuk membentuk sel-sel sehat memproduksi sejumlah hormone, dan menghasilkan vitamin D. Namun, meskipun penting kolesterol akan menjadi pengganggu jika kadarnya terlalu tinggi.

Kolesterol tinggi kadang tidak menimbulkan gejala, oleh sebab itu penting untuk cek kolesterol secara berkala. Terlebih untuk yang telah berusia 20 tahun ke atas disarankan untuk cek kolesterol secara berkala agar bisa melakukan tindakan pencegahan dari berbagai penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit lainnya.

Untuk mengetahui kadar kolesterol normal, Anda perlu memahami dulu jenis kolesterol dan fungsinya. Pada dasarnya, kolesterol tidak bisa larut dalam darah. Oleh karena itu, hati memproduksi zat yang bernama lipoprotein untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh. Ada dua jenis lipoprotein yang utama, yaitu:

 

Low-density lipoprotein (LDL)

 

LDL berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. Apabila kadarnya terlalu tinggi, LDL akan menumpuk di dinding pembuluh arteri. LDL dikenal sebagai ‘kolesterol jahat’.

 

High-density lipoprotein (HDL)

 

HDL berfungsi mengembalikan kolesterol berlebih ke hati, untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, HDL dikenal sebagai ‘kolesterol baik’.

Selain dua jenis kolesterol di atas, ada pula jenis lemak lain yang disebut trigliserida yang sering kali ikut diperiksa. Berbeda dari kolesterol yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel dan sejumlah hormon, trigliserida digunakan sebagai sumber tenaga.

Trigliserida terbentuk ketika tubuh mengubah sisa kalori yang tidak terpakai oleh tubuh. Jika tubuh terus mendapat asupan kalori secara berlebihan dibandingkan dengan pemakaiannya, kadar trigliserida akan naik. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.Di bawah ini adalah nilai kolesterol normal yang terdiri LDL, HDL, trigliserida, serta kolesterol total, yang bisa diketahui dari pemeriksaan darah:

LDL: kurang dari 100 mg/dL.

HDL: 60 mg/dL atau lebih.

Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.

Kolesterol total: kurang dari 200 mg/dL.

Penting diingat, makin tinggi kadar kolesterol HDL, akan lebih baik bagi tubuh. Sebaliknya, makin tinggi kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total, akan makin buruk bagi kesehatan. Kolesterol tinggi merupakan gabungan dari nilai kolesterol total dan LDL yang tinggi, serta HDL yang rendah.

Gula darah adalah zat gula atau glukosa yang terkandung dalam darah. Jumlahnya senantiasa mengalami perubahan, namun kadar gula darah perlu dijaga agar tetap dalam batas normal guna menghindari penyakit yang ditimbulkan akibat kadar gula tinggi seperti diabetes, dan penyakit lainnya.

Kadar gula darah dipengaruhi oleh asupan nutrisi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

 

Kadar Gula Darah Tinggi

 

Kadar gula dikatakan tinggi jika sudah melebihi 200 mg/dl. Istilah medisnya disebut hiperglikemia. Gula darah tinggi sering dialami penderita diabetes karena tidak menjalani gaya hidup sehat seperti terlalu banyak makan, jarang berolahraga, dan tidak memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Jika kadar gula mencapai 350 mg/dl biasanya penderita mengalami beberapa gejala seperti peglihatan buram, pusing, gelisah, dan penurunan kesadaran. Gejala Anda memiliki kadar gula darah tinggi seperti badan terasa Lelah, nafsu makan tinggi, berat badan berkurang, sering merasa haus, dan sering buang air kecil.

Jika sudah mengalami berbagai gejala tersebut dianjurkan segera mengecak kadar gula Anda.

 

Kadar Gula Darah Rendah

 

Kadar Gula Darah Rendah atau istilah medisnya dikenal dengan hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah di bawah 70 mg/dl. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya hipoglikemia:

  • Terlalu banyak minum minuman beralkohol.
  • Menderita penyakit tertentu, seperti hepatitis, anoreksia nervosa, atau tumor pada pankreas.
  • Kekurangan hormon tertentu.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya quinine.
  • Tanpa sengaja mengkonsumsi obat antidiabetes milik orang lain.

 

Kadar Gula Darah Normal

 

Kadar Gula Darah Normal saat puasa adalah di bawah 140 mg/dl. Sedangkan saat tidak puasa kadar gula darah normal di bawah 180 mg/dl

Asam urat dihasilkan tubuh secara alami untuk mengurai zat purin dari makanan. Dalam keadaan normal, asam urat yang tidak terpakai akan langsung dibuang oleh tubuh melalu urin dan feses. Namun jika asam urat diproduksi terlalu banyak dan ginjal tidak mampu membuangnya akan membahayakan tubuh.

Kadar asam urat pada wanita dan laki-laki, berikut keterangannya:

  • Pada pria dewasa nilai normal asam urat adalah 3,5 – 7 mg/dL, sedangkan pada wanita dewasa 2-6 – 6  mg/dL.
  • Pada anak usia 10-18 tahun nilai normal asam urat adalah maksimal 5 mg/dl

Beberapa penyakit yang dapat diakibatkan karena kadar asam urat tinggi seperti kerusakan sendi, batu ginjal, jantung koroner, hingga diabetes.

MHDC Klinik juga melayani pemeriksaan lengkap. Dengan pemeriksaan secara lengkap dapat memudahkan Anda memahami kondisi kesehatan Anda.

Semua layanan terbaik dari dokter kami bisa Anda dapatkan di seluruh cabang klinik MHDC. Kesehatan Anda adalah prioritas kami.

Praktik Dokter umum di Klinik MHDC menerima layanan general check up. General check up sangat dibutuhkan untuk mengontrol kondisi kesehatan Anda. Dengan general check up juga bisa menjadi cara untuk Anda tetap menjaga kesehatan agar tetap prima.