Home

Klinik Gigi Spesialis

Layanan Klinik Dokter Gigi Spesialis di MHDC

MHDC (Mulia Health and Dental Care) Group merupakan salah satu one stop cilinic yang menyediakan layanan dokter gigi spesialis baik untuk dewasa maupun anak-anak. Dokter yang berpengalaman dan profesional, pelayanan yang ramah, serta suasana klinik yang nyaman menjadi beberapa keunggulan klinik MHDC.

Klinik MHDC membuka layanan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Desain interior klinik yang ramah anak menjadi salah satu prioritas kami agar anak-anak tidak takut untuk memeriksakan kesehatan giginya ke klinik. Ditunjang dengan dokter gigi spesialis yang lengkap, Klinik MHDC siap menjadi mitra Anda dan buah hati untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Berikut ini adalah layanan dokter gigi spesialis klinik MHDC:

Konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut Anda kepada dokter yang profesional dan berpengalaman agar mendapat tindakan yang tepat. Diagnosa yang tepat akan menghasilkan tindakan tepat untuk kesehatan gigi dan mulut Anda.

MHDC Clinic memiliki berbagai dokter gigi spesialis yang siap memberikan pelayanan terbaik. Konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut Anda segera di MHDC dengan bantuan dokter gigi spesialis yang profesional dan berpengalaman.

Bagi Anda yang tidak rutin memeriksakan kesehatan gigi, sering mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, pembersihan karang gigiatau biasa dikenal dengan scalling gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

MHDC menyediakan layanan tindakan scalling gigi dibantu dengan tenaga yang profesional dan tempat yang nyaman serta ramah anak. Rasa takut anak saat perawatan gigi akan berkurang karena dukungan staff medis yang ramah dan suasanan kinik yang ramah anak.

Scaling gigi adalah perawatan gigi yang paling umum dilakukan. Scalling gigi dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak (lapisan tipis berwarna kuning) dan karang pada gigi dengan alat khusus yaitu scaler. Tindakan scaling gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dan dianjurkan dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami karang gigi. Oleh sebab itu pastikan untuk rutin mengunjungi dokter gigi di MHDC untuk dilakukan pemeriksaan. Plak dan karang gigi jika tidak dibersihkan dapat meninggalkan jutaan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi hingga goyang/hilangnya gigi.

MHDC menyediakan layanan tindakan scalling gigi dibantu dengan tenaga yang profesional dan tempat yang nyaman serta ramah anak. Rasa takut anak saat perawatan gigi akan berkurang karena dukungan staff medis yang ramah dan suasana klinik yang ramah anak.

 

Scaling gigi adalah perawatan gigi yang paling umum dilakukan. Scaling gigi dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak (lapisan tipis berwarna kuning) dan karang pada gigi dengan alat khusus yaitu scaler. Tindakan scaling gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dan dianjurkan dilakukan setiap 6 bulan sekali.

 

Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami karang gigi. Oleh sebab itu pastikan untuk rutin mengunjungi dokter gigi di MHDC untuk dilakukan pemeriksaan. Plak dan karang gigi jika tidak dibersihkan dapat meninggalkan jutaan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi hingga goyang/hilangnya gigi.

Oral Profilaksis merupakan tindakan yang dilakukan untuk membersihkan seluruh rongga mulut. Pada tindakan ini dokter akan membersihkan seluruh gigi dengan alat dan bahan khusus sehingga bisa menghilangkan kotoran dan plak yang menempel pada gigi.

 

Biasanya tindakan oral profilaksis ini dilakukan pada tindakan pertama anak saat kunjungan ke klinik MHDC.  Anak akan dikenalkan dengan alat-alat  yang akan digunakan pada tindakan ini. Harapannya, anak akan mulai terbiasa dengan prosedur yang dilakukan oleh dokter gigi dan nantinya akan bertahap ke prosedur lain yang akan dilakukan misalnya penambalan gigi.

Tambal gigi dengan jenis ini adalah tambal gigi yang sewarna dengan gigi dan memiliki kelebihan karena bisa melepaskan fluoride, sehingga bisa mencegah timbulnya lubang kembali pada gigi yang ditambal.. Masing-masing tambalan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

Kelebihan:

Tambal gigi jenis ini merupakan salah satu yang paling populer dilakukan. Selain itu tambal gigi jenis ini mengecilkan risiko kemungkinan terjadinya karies sekunder. Gigi juga tidak perlu diasah / dibur terlalu banyak jika Anda menggunakan tambalan ini.

 

Kekurangan:
Tambalan ini lebih mudah aus. Secara warna, tambalan ini sangat mudah dibedakan dengan jelas antara tambalan dan permukaan gigi asli. Selain itu, kekuatannya juga lebih rendah bila dibandingkan dengan tambalan lain.

Tambalan gigi jenis ini memiliki bahan dasar polimer yang ditambahkan dengan partikel anorganik sebagai penguat. Umumnya, bahan tambal resin komposit mengalami reaksi pengerasan dengan bantuan sinar UV atau visible light.

 

Kelebihan:

Tambal gigi jenis ini sangat diunggulkan dari estetikanya karena sangat menyerupai dengan gigi asli. Selain itu, seiring dengan perkembangannya, tambal gigi resin komposit juga bisa diandalkan untuk menambal gigi dengan beban kunyah yang tinggi seperti gigi geraham.

 

Kekurangan:
Tambal gigi jenis ini berisiko menimbulkan karies sekunder di bawah tambalan. Biasanya disebabkan karena kebocoran tambalan sehingga bakteri berpenetrasi ke jaringan gig. Selain itu, tambal gigi jenis resin composit  dapat berubah warna seiring dengan waktu disebabkan bahan resin komposit dapat menyerap zat pewarna makanan dan minuman.

MHDC menyediakan layanan cabut gigi sulung. Ada beberapa kondisi yang mengindikasikan bahwa gigi sulung harus dicabut, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Gigi goyang
    Gigi yang telah goyang, namun tidak kunjung lepas maka perlu bantuan dokter gigi untuk mencabut gigi yang telah goyang tersebut. Tenang saja, karena prosedur yang dilakukan tidak menimbulkan rasa sakit pada anak karena sebelum tindakan di sekitar gusi gigi yang akan dicabut akan dioles obat khusus (anestesi topical) sehingga bisa meminimalisir rasa sakit yang akan timbul.
  2. Infeksi
    Jika sudah dalam tahap infeksi, dan gigi sudah tidak dapat dipertahankan dengan penambalan maupun perawatan saluran akar, maka akan direkomendasikan untuk dilakukan pencabutan, tentunya dengan berbagai pertimbangan lain misalnya waktu tumbuhnya gigi tetap yang akan menggantikan.
  3. Gigi sulung tak kunjung tanggal
    Gigi sulung mempunyai urutan waktu tumbuh dan juga tanggal. Penting untuk rutin kontrol ke dokter gigi untuk memastikan apakah pertumbuhan gigi sulung anak sudah sesuai.

Kondisi yang mengharuskan cabut gigi permanen lebih kompleks. Beberapa kondisi ini mengharuskan Anda untuk cabut gigi permanen.

  1. Gigi mati atau busuk
    Jika sudah dalam kondisi busuk atau mati, atau bahkan sudah tingal tersisa sisa akar, maka tindakan yang harus dilakukan adalah pencabutan gigi secara permanen. Biasanya gigi yang mati dan membusuk menimbulkan bau yang tidak sedap, berubah warna, dan membengkak.
  2. Keperluan Perawatan Orthodontik

Pada beberapa kasus perawatan kawat gigi/ orthodontik terkadang diperlukan pencabutan gigi permanen untuk keperluan mendapatkan ruangan untuk menggeser gigi yang berjejal. Indikasi lainnya perlu konsultasi ke dokter gigi untuk info lebih lengkap

Gigi geraham bungsu yang tumbuh paling akhir biasanya baru tumbuh di kisaran usia 18-20 tahun. Namun, tumbuhnya gigi geraham bungsu kadang menimbulkan berbagai masalah seperti nyeri, gusi bernanah, dan lain sebagainya.

Jika sudah dalam kondisi sangat mengganggu maka dianjurkan untuk cabut geraham bungsu. Di Klinik MHDC memiliki dokter gigi spesialis Bedah Mulut yang memang kompeten dalam melakukan tindakan pencabutan gigi geraham bungsu.

Perawatan saluran akar gigi (pulpa) pada gigi sulung bertujuan untuk mempertahankan gigi sulung hingga pada waktunya akan digantikan dengan gigi permanen. Perawatan saluran akar gigi ini dilakukan dengan mengisikan saluran akar gigi dengan bahan yang padat.

Perawatan saluran akar gigi permanen dilakukan bila lubang gigi telah mencapai pulpa/saraf gigi. Sehingga tindakan yang dilakukan tidak bisa hanya berupa penambalan gigi melainkan harus dilakukan prosedur perawatan saluran akar gigi. Pada tindakan ini akar gigi akan dibersihkan dengan alat dan bahan khusus dan setelah gigi telah steril tidak ada infeksi barulah bisa dilakukan prosedur penambalan.

MHDC melayani pemasangan kawat gigi/ orthodonsi. Hal yang harus diperhatikan saat ingin memasang kawat gigi adalah bukan hanya rapi dan rata, tapi juga dilakukan berdasarkan diagnosa medis yang tepat sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

 

Meskipun memiliki nilai estetika, pastikan Anda memasang kawat gigi di tenaga medis yang profesional dan berpengalaman. Di MHDC, tindakan pemasangan kawat gigi dilakukan oleh dokter gigi spesialis Orthodonsi yang memang kompeten dan berpengalaman untuk melakukan perawatan tersebut.

MHDC menyediakan layanan pasang gigi tiruan, salah satunya adalah gigi tiruan lepasan. Gigi tiruan jenis ini cukup praktis bisa Anda pasang lepas sendiri. Terdapat beberapa jenis dari gigi tiruan lepasan , silahkan konsultasikan ke dokter gigi spesialis prosthodonsi yang ada di MHDC untuk info lebih lanjut.

Selain gigi tiruan lepasan, MHDC juga menyediakan layanan gigi tiruan permanen/ cekat. Berbagai keunggulan gigi tiruan permanen diantaranya daya tahan lebih lama, mudah digunakan untuk mengunyah, tidak mengganggu saat berbicara, menjaga kesehatan gigi, dan masih banyak lagi. MHDC memiliki dokter gigi spesialis Prosthodonsi yang memang kompeten dan berpengalaman untuk melakukan tindakan pemasangan gigi tiruan.

Veneer gigi sangat cocok untuk Anda yang ingin senyumnya terlihat lebih cantik. Veneer gigi adalah salah satu prosedur kecantikan yang dilakukan untuk memperbaiki warna, bentuk, dan posisi gigi. Veneer Gigi biasanya digunakan untuk gigi yang berubah warna, patah, rusak ataupun tumbuh tidak rata.

Dokter gigi spesialis di MHDC siap untuk membantu anda mendapatkan senyum terbaik.

Bleaching adalah prosedur kecantikan gigi dengan melakukan pemutihan dan pembersihan pada permukaan gigi. Dengan tindakan ini maka warna gigi akan naik beberapa tingkat lebih cerah. Di MHDC  menggunakan bahan bleaching premium yang bisa menaikkan warna gigi beberapa tingkat lebih cerah. Prosedur bleaching biasanya dibutuhkan waktu 30 – 60 menit, perlu konsultasi terlebih dahulu apa memang anda bisa dilakukan prosedur ini.

Dokter gigi spesialis di MHDC siap untuk membantu anda mendapatkan senyum terbaik.

Rontgen Dental adalah salah satu prosedur medis untuk mengambil gambar bagian mulut dengan menggunakan cairan radiasi. Prosedur ini dilakukan untuk mengetahui keadaan gigi, tulang, dan jaringan halus pembentuk gigi.

Hasil dari rontgen ini akan menunjukkan struktur gigi yang tersembunyi, ada/tidaknya lubang pada gigi, dan pengeroposan tulang yang tidak bisa dilihat dengan mata. Selain itu tumor, kista, dan abses yang ada pada mulut juga bisa terdeteksi dengan rontgen ini.

 

Layanan-layanan tersebut bisa Anda dapatkan di berbagai klinik cabang dari MHDC. Klik halaman appointment dan pilih cabang terdekat yang ingin Anda kunjungi. Selamat menikmati layanan kesehatan gigi terbaik dari dokter yang ramah dan profesional!