Home

Klinik Psikologi & Tumbuh Kembang

Layanan dan Terapi di Klinik Psikologi dan Tumbuh Kembang MHDC

Psikologi Dewasa
Kesehatan Mental atau mental health akhir-akhir ini mulai menjadi perhatian khusus. Semakin banyak masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya kesehatan mental sejatinya menjadi kabar baik untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Namun, banyak yang masih banyak pula yang belum teredukasi dan menganggap bahwa kesehatan mental hanya disangkut pautkan dengan sakit jiwa.

Kesehatan mental jika sudah terganggu akan menimbulkan gangguan mental atau juga dikenal dengan mental illness. Gangguan mental ini juga tidak bisa diidentikan dengan orang gila, karena banyak jenisnya dan penanganan nya pun berbeda.

Beberapa jenis gangguan mental diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Delusi, atau dikenal juga dengan waham. Kondisi ini terjadi saat diri meyakini sesuatu yang tidak nyata atau tidak sesuai fakta yang sebenarnya. Kondisi ini tidak selalu membutuhkan obat dan tenaga medis, akan tetapi jika sudah sangat mengganggu maka disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional.
  • Halusinasi, kondisi yang terjadi seakan diri melihat, mendengar, atau bahkan merasakan yang sebenarnya tidak ada tau tidak nyata. Kondisi ini juga jika sudah mengganggu aktifitas sehari-hari dianjurkan untuk berkunjung ke psikolog.
  • Suasana hati yang berubah-ubah dengan cepat atau mood swing.
  • Perasaan sedih berlebihan yang berlangsung lama hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan
  • Perasaan cemas atau takut yang berlebihan dan terjadi terus menerus. Biasa dikenal juga dengan panic disorder.
  • Gangguan saat makan dan selalu merasa berat badan bertambah saat makan. Dalam kondisi yang parah bahkan sampai memuntahkan makanan
  • Perubahan pola tidur dan gelisah saat tidur
  • Kecanduan nikotin dan alkohol, serta penyalahgunaan NAPZA.
  • Marah berlebihan sampai mengamuk dan melakukan tindak kekerasan.

Jika beberapa gejala tersebut sudah dialami, maka sangat direkomendasikan untuk segera berkonsultasi dengan psikolog kami.

Setiap anak adalah bintang, setiap anak adalah anugerah, dan setiap anak memiliki kecenderungan dan bakat yang berbeda. Untuk mengetahui intelegensi, minat, dan bakat anak Anda, mengikut tes intelegensi dan minat bakat dengan bantuan professional sangat dianjurkan.

Dengan mengetahui intelegensi dan minat bakat anak Anda, maka pola asuh dan pola didik yang Anda terapkan akan menjadi tepat guna sehingga anak menjadi bintang dengan segala potensi yang ia punya.

Klinik Medikids by MHDC siap membantu Anda untuk mengetahui intelegensi dan minat bakat anak Anda dengan bantuan tenaga yang berpengalaman dan profesional.

Celoteh anak bisa menjadi ‘obat’ bagi orang tua di kala kejenuhan rutinitas melanda. Namun terkadang takdir berkata lain ketika celoteh yang didambakan dari anak tak kunjung hadir. Jika anak mengalami beberapa indikasi berikut, maka dianjurkan untuk melakukan terapi wicara.

  1. Bicara tidak lancar,
  2. Artikulasi yang tidak jelas,
  3. Tidak jelas saat berbicara atau berdengung.
  4. Sedikitnya kosakata yang dimiliki dalam merangkai kalimat,
  5. Gangguan kognitif
  6. Autisme
  7. Sulit memahami perkataan orang lain, dan yang lainnya.

Terapi wicara sangat dibutuhkan jika kondisi di atas dialami oleh anak Anda. Dengan bantuan tenaga medis yang profesional terapi wicara dapat membantu tumbuh kembang anak khususnya kemampuan berbicara.

Terapi ini biasa dilakukan pada anak yang mengalami DSI atau Disfungsi Sensori Integrasi. DSI sendiri seperti dikutip dari RSBorromeus.com, merupakan gangguan neurologis yang diakibatkan oleh ketidakmampuan otak anak dalam mengintegrasikan, memproses, dan merespons informasi yang diterima dari sistem indra (penglihatan, pendengaran, penciuman perasa, peraba, posisi dan gerakan tubuh).

Beberapa indikasi anak terkena DSI antara lain kesulitan untuk fokus, suka menyentuh benda orang lain, ceroboh, bergeraknya kaku, tak suka disentuh atau dipeluk, kotor/jijikan dan tidak suka berantakan, serta lambat bicara, bahasa, dan keterampilan gerak.

Umumnya DSI terjadi pada anak yang lahir premature dan gangguan dalam tumbuh kembangnya seperti autism, ADHD, Fragile X Syndrome, gangguan psikis, dan cedera pada otak.

Terapi ini biasa diberikan pada Anak Berkebutuhan Khusus atau ABK. Anak dengan special needs ini membutuhkan terapi agar bisa lebih mandiri dan berkembang secara motorik dan kognitifnya. Tentu terapi yang diberikan sesuai dengan kadar kemampuannya.  Anak dengan gangguan sensori juga dianjurkan melakukan terapi ini.

Sejak dilahirkan, masing-masing anak berkembang dengan banyak cara, baik itu berkembang dalam fisiknya, segi kognitifnya, sosial, dan emosionalnya. Khusus untuk aspek emosional, reaksi anak terhadap berbagai perasaan berbeda yang mereka alami setiap hari kelak akan berpengaruh terhadap cara mereka mengambil keputusan dan menghadapi masalah serta menyikapi/menikmati kehidupan.

Perkembangan emosional anak menjadi penting untuk senantiasa diperhatikan, seperti mengenali perasaan dan emosi yang mereka rasakan. Konsultasi dengan bantuan professional adalah langkah tepat untuk senantiasa menjaga dan mengawasi pertumbuhan anak dan emosionalnya.Hal demikian karena mengelola emosi anak bukanlah persoalan yang mudah, perlu bantuan tenaga profesional agar tepat secara penanganan dan tindakan.

MEDIKIDS by MHDC menyediakan layanan Konselor Emosional dan Pertumbuhan Anak yang siap membantu pertumbuhan buah hati Anda. Dengan terapis dan konselor yang profesional dan ditunjang dengan suasana klinik yang fun, MEDIKIDS hadir menjadi sahabat tumbuh kembang buah hati Anda.

Bunda tentu sepakat, pemberian ASI untuk buah hati sangatlah penting. Tak heran banyak bunda yang rela mengorbankan pekerjaan, karir, dan kesibukannya hanya untuk memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati.

Namun, terkadang berbagai masalah ditemui para bunda saat menyusui hingga membuat pikiran cemas dan khawatir nutrisi untuk anak tak terpenuhi Dalam kondisi seperti, peran suami dan orang-orang terdekat sangat penting guna membangkitkan semangat untuk tetap menyusui dan memberikan ASI eksklusif.

Pada kondisi tertentu, bantuan tenaga profesional yakni konselor ASI sangat dibutuhkan untuk mendampingi ibu menyusui. Konselor ASI bukan hanya sekedar memberikan konseling, akan tetapi komunikasi dua arah dengan ibu menyusui juga dibangun.

Medikids menghadirkan layanan Konselor ASI/MPASI untuk ibu hamil dan menyusui.  Dukungan dari konselor yang ramah dan berpengalaman, Medikids hadir dan mendukung penuh pemberian ASI eksklusif dan MPASI yang tepat untuk anak-anak.

Terapi bermain adalah metode psikoterapi untuk membantu anak mengekspresikan pikiran, emosi, dan perasaan mereka dengan lebih baik melalui berbagai permainan. Dengan metode ini anak dapat mengembangka rasa empati, perilaku, dan keterampilan menyelesaikan masalah dengan cara yang positif.

Medikids menyediakan layanan Terapi Bermain Anak. Dengan bantuan terapis yang profesional serta didukung dengan klinik yang sangat ramah anak. Medikids mendesain klinik agar memiliki suasana yang playful, fun, colorful, dan nyaman.

Anak Anda memiliki cita-cita sebagai dokter atau tenaga medis? Yuk, ajak bermain di Play Hospital MEDIKIDS by MHDC. Di sini anak bisa eksplorasi sambal bermain menjadi dokter dan tenaga medis. MEDIKIDS berkomitmen menghadirkan pelayanan yang prima salah satunya dengan menghadirkan play hospital sebagai sarana belajar dan bermain untuk anak Anda dan menjadikannya tidak takut untuk ke klinik/dokter.

Scaling gigi adalah perawatan gigi yang paling umum dilakukan. Scaling gigi dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak (lapisan tipis berwarna kuning) dan karang pada gigi dengan alat khusus yaitu scaler. Tindakan scaling gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dan dianjurkan dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Konsultasikan secara rutin tumbuh kembang anak Anda ke psikolog. Hal ini tentu dapat memonitoring dan mengamati tumbuh kembang anak secara prima melalui bantuan profesional.

Namun dalam beberapa kondisi mengkhawatirkan konsultasi ke psikolog menjadi bersifat urgent jika anak mengalami indikasi-indikasi sebagai berikut:

  • Perubahan sikap saat berhubungan dengan keluarga dan teman-teman
  • Sulit berkonsentrasi, dan perubahan kebiasaan
  • Perubahan pola tidur dan pola makan
  • Terlambat bicara, atau belum bisa berbaur dan bermain dengan teman sebaya
  • Sulit dalam berekspresi dan mengungkapkan emosi
  • Mengalami kejadian traumatis, dan lain sebagainya.

Jika anak mengalami indikasi tersebut, segera konsultasi ke psikolog dan bantuan profesional/medis lainnya. Klinik Medikids by MHDC siap menjadi mitra tumbuh kembang buah hati Anda! Berikut layanan dan terapi yang tersedia.