fbpx

Gigi Bungsu Tumbuh Miring dan Bikin Sakit: Harus Apa?

Bagikan :

impaksi gigi

Kamu pasti sering mendengar tentang istilah impaksi gigi bungsu, namun sebenarnya apa sih impaksi? Gigi impaksi merujuk pada kondisi di mana gigi gagal tumbuh sepenuhnya untuk keluar dari gusi. Gigi bungsu, atau molar ketiga, adalah jenis gigi yang sering mengalami impaksi karena merupakan gigi terakhir yang muncul di rahang. Keterlambatan dalam kemunculan gigi bungsu sering kali menyebabkan kurangnya ruang di dalam rahang untuk gigi ini tumbuh dengan sempurna. Selain itu, gigi bungsu impaksi dapat menyebabkan masalah seperti infeksi, kerusakan gigi yang berdekatan (molar kedua), dan rasa sakit. Biasanya, impaksi terjadi pada rentang usia 20 hingga 25 tahun. Penanganan medis yang tepat penting untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Apa yang terjadi jika impaksi gigi bungsu dibiarkan?

Ketika gigi bungsu terjebak dalam gusi, hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang mengganggu. Salah satu dampak dari gigi impaksi adalah rasa sakit yang tidak nyaman. Selain itu, gigi impaksi dapat memicu berbagai masalah lain seperti gigi berlubang, peradangan pada jaringan gusi, serta efek pada gigi yang berada di sekitarnya, seperti tekanan dan kerusakan pada gigi yang berdekatan. Dalam beberapa kasus, gigi impaksi juga dapat menyebabkan pembentukan kista. Rasa sakit yang disebabkan oleh gigi bungsu yang impaksi bisa sangat parah, seringkali menyebar hingga menyebabkan nyeri di kepala, telinga, dan leher. Pada situasi yang lebih serius, infeksi dan pembengkakan dapat terjadi, yang jika tidak ditangani dengan tepat, bisa menimbulkan komplikasi serius.

Impaksi gigi bungsu
Ilustrasi impaksi gigi bungsu (designed by: Freepik)

Untuk menangani gigi impaksi dengan pencabutan, penting untuk melakukan pemeriksaan yang komprehensif. Pemeriksaan biasanya melibatkan: 

  1. Riwayat medis dan kesehatan – termasuk kondisi seperti diabetes, gangguan jantung, atau masalah pembekuan darah yang dapat mempengaruhi prosedur. 
  2. Pemeriksaan klinis – evaluasi fisik pada gigi dan jaringan sekitar, seperti gusi dan rahang, untuk menilai kondisi gigi yang akan dicabut. 
  3. Pemeriksaan radiograf – seperti rontgen panoramik, untuk mendapatkan gambaran struktur gigi, akar, dan tulang rahang guna merencanakan pencabutan dengan tepat. 
  4. Evaluasi risiko, edukasi, dan persetujuan pasien – termasuk penjelasan tentang prosedur, risiko, dan langkah-langkah pemulihan.

Baca juga: Cari Tahu Berapa Lama Gigi Bungsu Tumbuh pada Orang Dewasa!

Mengatasi Impaksi Gigi Bungsu

Tindakan bedah untuk mengatasi gigi impaksi menjadi semakin kompleks seiring bertambahnya usia pasien, sehingga potensi komplikasi juga meningkat. Penyembuhan luka pasca pencabutan gigi impaksi yang lama disebabkan oleh berbagai faktor, tergantung pada kondisi tiap individu. Faktor-faktor tersebut meliputi daya tubuh pasien, virulensi atau keganasan kuman, lebar luka, dan lamanya luka terpapar kuman. Selain itu, penyakit sistemik pasien, teknik sterilisasi alat, dan penggunaan antibiotik juga mempengaruhi proses penyembuhan. Oleh karena itu, perhatian dan penanganan yang tepat selama dan setelah prosedur sangat penting untuk mengurangi risiko komplikasi dan memastikan pemulihan yang optimal.

Tidak perlu khawatir, karena impaksi gigi bungsu adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Hal ini merupakan salah satu jenis operasi yang sering dilakukan, sehingga teknik dan prosedurnya sudah sangat teruji dan aman. Selama prosedur, pasien akan diberikan anestesi lokal atau sedasi, yang memastikan bahwa pasien tidak merasakan sakit selama operasi dan membantu menjaga kenyamanan pasien. Dengan teknologi modern dan teknik bedah yang canggih, risiko komplikasi seperti infeksi atau perdarahan sangat rendah, terutama jika pasien mengikuti instruksi pasca-operasi dengan benar.

Sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi jika mengalami masalah terkait dengan gigi bungsu yang impaksi. Kamu bisa konsultasikan permasalahan gigi bungsu kamu dengan dokter-dokter di MHDC Group yang berpengalaman dan profesional di bidangnya. Di klinik MHDC Group kamu bisa buat janji langsung di sini dan pilih lokasi klinik yang terdekat dari tempat kamu. Kamu juga bisa manfaatkan asuransi kamu untuk masalah impaksi gigi kamu di MHDC. Nantinya, dokter gigi MHDC akan memberikan penanganan yang tepat dan merekomendasikan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi kondisi ini secara efektif. Dengan perawatan yang baik dan penanganan yang tepat, masalah gigi impaksi dapat diatasi dengan aman dan hasil yang memuaskan.

Instagram MHDC GROUP