fbpx
Overview

Kanker mulut adalah kanker yang berkembang di rongga mulut. Penyakit ini dapat terjadi pada:

  • Bibir
  • Gusi
  • Lidah
  • Lapisan dalam pipi
  • Atap mulut
  • Dasar mulut (di bawah lidah)

Penyakit kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang dikelompokkan dalam kategori kanker kepala dan leher. Kanker kepala dan leher serta kanker mulut lainnya seringkali diperlakukan perawatan yang sama.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Kanker mulut terbentuk ketika sel-sel di bibir atau di mulut Anda mengalami perubahan (mutasi) di dalam DNA mereka. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu kepada setiap sel tentang apa yang harus dilakukan. Perubahan mutasi memberitahu sel untuk terus tumbuh dan membelah ketika sel sehat akan mati. Akumulasi sel kanker mulut yang abnormal dapat membentuk tumor. Seiring waktu mereka dapat menyebar di dalam mulut dan ke area lain di kepala dan leher atau bagian tubuh lainnya.

Kanker mulut paling sering dimulai di sel datar dan tipis (sel skuamosa) yang melapisi bibir dan bagian dalam mulut Anda. Sebagian besar kanker mulut adalah karsinoma sel skuamosa.

Gejala

Tanda dan gejala kanker mulut termasuk:

  • Sakit bibir atau bagian-bagian di dalam mulut yang tidak kunjung sembuh
  • Bercak putih atau kemerahan di bagian dalam mulut Anda
  • Gigi goyang
  • Pertumbuhan atau benjolan di dalam mulut Anda
  • Sakit mulut
  • Sakit telinga
  • Sulit atau rasa sakit saat menelan

 

Kapan harus ke dokter?

Buat janji dengan dokter atau dokter gigi Anda jika Anda mengalami tanda dan gejala yang mengganggu dan berlangsung lebih dari dua minggu. Dokter Anda kemungkinan akan menyelidiki penyebab lain yang lebih umum untuk tanda dan gejala Anda terlebih dahulu, seperti infeksi.

Perawatan

Perawatan untuk kanker mulut tergantung pada lokasi dan stadium kanker Anda, serta kesehatan Anda secara keseluruhan, dan preferensi pribadi Anda. Anda mungkin hanya memerlukan satu jenis perawatan, atau Anda mungkin memerlukan kombinasi perawatan. Pilihan pengobatan yang tersedia termasuk operasi, radiasi, dan kemoterapi. Diskusikan pilihan Anda dengan dokter Anda.

Operasi

Pembedahan untuk kanker mulut termasuk:

  • Pembedahan untuk mengangkat tumor. Dokter bedah Anda mungkin memotong tumor serta margin jaringan sehat yang mengelilinginya untuk memastikan semua sel kanker telah diangkat. Kanker yang lebih kecil dapat diangkat melalui operasi kecil. Tumor yang lebih besar mungkin memerlukan prosedur dengan skala yang lebih luas. Misalnya, mengangkat tumor yang lebih besar mungkin melibatkan pengangkatan sebagian tulang rahang atau sebagian lidah Anda.
  • Pembedahan untuk mengangkat kanker yang telah menyebar ke leher. Jika sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di leher Anda atau jika ada risiko tinggi bahwa hal ini terjadi berdasarkan ukuran atau kedalaman kanker Anda, ahli bedah Anda dapat merekomendasikan prosedur peengangkatan kelenjar getah bening dan jaringan terkait di leher Anda (leher pembedahan). Diseksi leher dapat menghilangkan sel kanker yang mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening Anda. Ini juga berguna untuk menentukan apakah Anda akan memerlukan perawatan tambahan setelah operasi.
  • Pembedahan untuk merekonstruksi mulut. Setelah operasi untuk pengangkatan kanker, ahli bedah Anda dapat merekomendasikan operasi rekonstruktif untuk membangun kembali mulut Anda sehingga Anda bisa mendapatkan kembali kemampuan untuk berbicara dan makan. Dokter bedah Anda mungkin mentransplantasikan cangkok kulit, otot, atau tulang dari bagian lain tubuh Anda untuk merekonstruksi mulut Anda. Implan gigi juga dapat digunakan untuk mengganti gigi asli Anda.
    Pembedahan membawa risiko perdarahan dan infeksi. Pembedahan untuk kanker mulut sering mempengaruhi penampilan Anda, serta kemampuan Anda untuk berbicara, makan dan menelan.

Anda mungkin memerlukan selang untuk membantu Anda makan dan minum. Untuk penggunaan jangka pendek, tabung dapat dimasukkan melalui hidung dan ke perut Anda. Sedangkan dalam penggunaan jangka panjang, tabung dapat dimasukkan melalui kulit Anda dan ke dalam perut Anda.

Dokter Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis yang dapat membantu Anda mengatasi perubahan ini.

Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi, seperti sinar-X dan proton untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi paling sering dikirim dari mesin di luar tubuh Anda (radiasi sinar eksternal), meskipun juga dapat berasal dari biji radioaktif dan kabel yang ditempatkan di dekat kanker Anda (brachytherapy).

Terapi radiasi biasanya digunakan setelah operasi. Tapi, terkadang digunakan sendiri jika Anda memiliki kanker mulut stadium awal. Dalam situasi lain, terapi radiasi dapat dikombinasikan dengan kemoterapi. Kombinasi ini meningkatkan efektivitas terapi radiasi, tetapi juga meningkatkan efek samping yang mungkin Anda alami. Dalam kasus kanker mulut stadium lanjut, terapi radiasi dapat membantu meringankan tanda dan gejala yang disebabkan oleh kanker, seperti rasa nyeri di bagian mulut.

Efek samping terapi radiasi pada mulut Anda mungkin termasuk mulut kering, kerusakan gigi, dan kerusakan pada tulang rahang Anda.

Dokter Anda akan menyarankan Anda mengunjungi dokter gigi sebelum memulai terapi radiasi untuk memastikan gigi Anda sesehat mungkin. Gigi yang tidak sehat mungkin memerlukan perawatan atau pencabutan terlebih dahulu. Dokter gigi juga dapat membantu Anda memahami cara terbaik untuk merawat gigi Anda selama dan setelah terapi radiasi untuk mengurangi risiko komplikasi.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel kanker. Obat kemoterapi dapat diberikan sendiri, atau dalam kombinasi dengan obat kemoterapi lain, atau dalam kombinasi dengan perawatan kanker lainnya. Kemoterapi dapat meningkatkan efektivitas terapi radiasi, sehingga keduanya sering digabungkan.

Efek samping kemoterapi tergantung pada obat yang Anda terima. Efek samping yang umum termasuk mual, muntah dan rambut rontok. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai efek samping mana yang mungkin terjadi untuk obat kemoterapi yang akan Anda terima.

Terapi obat yang ditargetkan

Obat yang ditargetkan mengobati kanker mulut dengan mengubah aspek tertentu dari sel kanker yang memicu pertumbuhannya. Obat yang ditargetkan dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan kemoterapi atau terapi radiasi.

Cetuximab (Erbitux) adalah salah satu terapi target yang digunakan untuk mengobati kanker mulut pada situasi tertentu. Cetuximab menghentikan aksi protein yang ditemukan di banyak jenis sel sehat, tetapi lebih umum pada jenis sel kanker tertentu. Efek samping yang terjadi termasuk ruam kulit, gatal, sakit kepala, diare, dan infeksi.

Obat lain yang ditargetkan mungkin menjadi pilihan jika perawatan standar tidak berhasil.

Imunoterapi

Imunoterapi menggunakan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan kanker. Sistem kekebalan tubuh Anda yang melawan penyakit mungkin tidak menyerang kanker Anda karena sel-sel kanker menghasilkan protein yang membutakan sel-sel sistem kekebalan. Imunoterapi berfungsi dalam mengganggu proses itu.

Perawatan imunoterapi umumnya disediakan untuk orang dengan kanker mulut stadium lanjut yang tidak merespons perawatan standar.

Komplikasi
Pencegahan

Tidak ada cara yang terbukti untuk mencegah kanker mulut. Namun, Anda dapat mengurangi risiko kanker mulut dengan cara:

  • Berhenti menggunakan produk tembakau atau jangan mulai sama sekali. Jika Anda menggunakan produk tembakau, hentikan. Jika Anda tidak menggunakan tembakau, jangan mulai. Menggunakan produk tembakau, baik yang dihisap atau dikunyah, membuat sel-sel di mulut Anda terpapar bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker.
  • Minum alkohol hanya dalam jumlah sedang. Penggunaan alkohol yang berlebihan secara kronis dapat mengiritasi sel-sel di mulut Anda, membuatnya rentan terhadap kanker mulut. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, lakukan dalam jumlah sedang. Untuk ukuran orang dewasa, adalah maksimal satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan pria yang lebih tua dari 65 tahun, dan maksimal dua gelas sehari untuk pria berusia 65 tahun ke bawah.
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan ke bibir Anda. Lindungi kulit di bibir Anda dari sinar matahari dengan tetap berada di tempat teduh bila memungkinkan. Kenakan topi bertepi lebar yang secara efektif dapat menutupi seluruh wajah Anda termasuk mulut Anda dari cahaya matahari secara langsung. Oleskan produk bibir tabir surya sebagai bagian dari rutinitas perlindungan matahari Anda.
  • Temui dokter gigi Anda secara teratur. Sebagai bagian dari pemeriksaan gigi rutin, mintalah dokter gigi Anda untuk memeriksa seluruh mulut Anda untuk mencari area abnormal yang mungkin mengindikasikan kanker mulut atau perubahan prakanker.

Instagram MHDC GROUP