fbpx

Apakah Gigi Ompong Bisa Pakai Behel?

Bagikan :

Apakah gigi ompong bisa pakai behel? jawabannya yaitu gigi ompong atau gigi yang tidak memiliki pasangan di sebelahnya, dapat diatasi dengan berbagai metode ortodontik, termasuk pemasangan behel atau kawat gigi.

Pemasangan kawat gigi atau behel memang lebih banyak dikenal sebagai perawatan untuk merapikan gigi yang berantakan. Namun, ternyata kawat gigi bisa menjadi salah satu perawatan untuk gigi yang ompong, lho! Tapi bagaimana caranya ya?

Gigi ompong dikenal juga sebagai gigi jarang atau adanya celah diantara gigi. Keadaan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti pencabutan gigi yang berlubang besar, pertumbuhan gigi yang tidak merata, kebiasaan buruk menghisap jempol, atau faktor keturunan. 

“Memangnya benar gigi ompong bisa dirapatkan dengan kawat gigi? Tidak harus memakai gigi palsu?”

Jawabannya adalah YA! Gigi yang ompong dapat dirapatkan kembali dengan pemakaian kawat gigi.

Gigi ompong yang berdekatan sering bergeser ke ruang kosong sehingga dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti susunan yang tidak rata. Behel bekerja dengan mendorong gigi ke posisi yang diinginkan, sehingga dapat menutup celah antara gigi yang disebabkan karena gigi ompong.

Selain behel atau kawat gigi tradisional, ada juga opsi perawatan ortodontik lainnya seperti Invisalign, yang menggunakan aligner transparan untuk merapikan gigi tanpa menggunakan kawat gigi.

Perawatan untuk gigi ompong sebenarnya tergantung dengan tingkat keparahan gigi tersebut. Ada juga beberapa perawatan umum yang dapat digunakan, diantaranya seperti penggunaan retainer, restorasi gigi, veneer, dan lain-lain.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau ortodontis untuk menentukan perawatan yang paling sesuai dengan kondisi pasien. Jadi kesimpulannya, gigi yang ompong bisa lho dirapatkan dengan kawat gigi! 

Apabila masih ada yang kurang jelas silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi anak anda di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat yaa. Terima kasih semoga bermanfaat.

Ditinjau oleh: drg. Laila Novprianti

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP