fbpx

Follow Us :

Cara Merawat Kesehatan Gusi

Bagikan :

Dalam hal menjaga kesehatan mulut, seringkali kita hanya memperhatikan kondisi gigi dan rapinya susunan gigi untuk mendapatkan senyum yang cerah. Namun, kesehatan gusi tidak boleh dilupakan! Karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit seperti sakit gigi, kebanyakan orang tidak tahu bahwa ada yang salah dengan gusi mereka. 

Penyakit gusi dimulai ketika plak dan sisa makanan menumpuk di bawah dan di sepanjang garis gusi. Ketika plak dibiarkan menempel dan menumpuk, maka dapat menyebabkan infeksi yang melukai gusi dan tulang yang kemudian bermanifestasi menjadi gingivitis (radang gusi), yaitu tahap awal penyakit gusi.

Menurut American Dental Association (ADA), tanda-tanda penyakit gusi meliputi:

  • Bau mulut
  • Rasa yang tidak enak dalam mulut
  • Gusi mudah berdarah
  • Gusi bengkak, kemerahan, atau lunak
  • Gigi goyang
  • Kehilangan gigi permanen

Bagaimana Cara Merawat Kesehatan Gusi?

Merawat kesehatan gusi sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Jika merawat gusi dan gigi dengan rutin, kesehatan mulut akan terjaga dengan baik. 

Berikut beberapa cara mudah merawat kesehatan gusi:

1. Rutin menggosok gigi

Sikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sikat gigi dengan lembut dan merata, termasuk gusi. Hindari menyikat terlalu keras, karena dapat merusak jaringan gusi.

2. Menggunakan benang gigi/dental floss

Gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari untuk membersihkan sela-sela gigi dan gusi. Benang gigi membantu menghilangkan sisa makanan dan plak yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

3. Gunakan obat kumur antiseptik

Menggunakan obat kumur antiseptik sesuai anjuran dokter gigi dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada gusi.

4. Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Rutin periksa ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan gigi profesional. Dokter gigi dapat mendeteksi masalah gusi sedini mungkin dan memberikan perawatan yang tepat.

5. Hindari merokok 

Merokok dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan meningkatkan risiko penyakit gusi, pertimbangkan untuk berhenti atau mengurangi kebiasaan tersebut.

6. Hindari makanan manis dan berkarbohidrat tinggi 

Makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak, yang dapat menyebabkan penyakit gusi. Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat, seperti buah-buahan dan sayuran.

7. Hindari stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan gusi. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga untuk mengurangi stres.

8. Jaga pola makan yang seimbang

Pola makan yang seimbang dan bergizi penting untuk menjaga kesehatan gusi. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan D, serta kalsium, karena nutrisi ini penting untuk kesehatan gusi.

Itulah beberapa cara untuk tetap menjaga kesehatan gusi yang tidak kalah penting dengan kesehatan gigi. Segera periksalah ke dokter gigi jika mengalami gejala gusi seperti di atas ya! Jika tidak diobati, masalah gusi dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang lebih serius seperti periodontitis lho!

Apabila masih ada yang kurang jelas silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi anak anda di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat yaa. Terima kasih semoga bermanfaat. 

Ditinjau oleh: drg. Laila Novprianti

Artikel Lainnya
Promo Lainnya
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP