fbpx

Tambalan Estetis Resin Komposit

Bagikan :

Seiring dengan berkembangnya teknologi, dunia kedokteran gigi juga berkembang sangat pesat. Dahulu bahan tambal gigi yang tersedia hanyalah satu jenis yaitu amalgam, bahan tambal dari logam.

Namun, saat ini telah tersedia jenis tambalan yang memiliki begitu banyak kelebihan sehingga tambalan amalgam saat ini sudah ditinggalkan. Bahan tambal baru ini disebut juga dengan Resin Komposit.

Berbeda dengan amalgam yang memiliki warna keabuan, resin komposit memiliki warna yang menyerupai gigi asli dengan berbagai macam derajat warna, sehingga dapat disesuaikan dengan warna gigi yang ingin ditambal.

Selain kelebihan estetisnya, bahan tambal ini dapat menahan beban pengunyahan yang besar sehingga tergolong material yang kuat untuk menambal gigi. Kedua sifat utama inilah yang membuat resin komposit saat ini merupakan salah satu material yang sering digunakan oleh dokter gigi.

Cara penggunaan bahan tambal ini umumnya sama dengan jenis tambalannya lainnya. Hanya saja, untuk mengeraskan bahan ini dibutuhkan sinar khusus. Tahapannya dimulai dengan membersihkan jaringan gigi yang sudah rusak akibat bakteri, kemudian gigi akan diberikan “bonding agent” agar gigi dan resin komposit dapat berikatan.

Kemudian bahan resin komposit tersebut akan diletakkan pada lubang gigi dan bahan yang tadinya lembek akan dikeraskan menggunakan sinar biru khusus. Setelah bahan tambal mengeras, maka dokter gigi akan mempolesnya sehingga tambalan akan tampak cemerlang. Karena prosesnya yang membutuhkan teknik yang kompleks, bahan tambal ini memang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis tambalan lainnya. 

Dengan pemeliharaan yang baik, bahan resin komposit saat ini sudah cukup kuat untuk bertahan lama tanpa harus terus diawasi. Namun, sahabat harus tetap mengontrol kondisi tambalan tiap 6 bulan sekali, sehingga jika terjadi kerusakan pada tambalan bisa segera diperbaiki.

Sahabat juga sebaiknya menghindari menggigit makanan yang keras, atau es batu, untuk mencegah tambalan retak atau pecah.

DAPATKAN PROMO GIGI SEKARANG JUGA!

Ditulis Oleh : Drg. Thalita Audi

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP