fbpx

Flossing: Tata Cara yang Benar dan Manfaatnya untuk Gigi

Bagikan :

cara flossing gigi

Setiap hari, kita membersihkan gigi menggunakan sikat gigi. Anjuran menyikat gigi di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur tentu sudah tidak asing terdengar. Namun, terkadang bulu sikat gigi tidak dapat menjangkau dan membersihkan sela-sela gigi secara optimal, sehingga diperlukan kebiasaan tambahan untuk menjaga gigi kesehatan gigi yaitu flossing.

Apa itu Flossing?

Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss. Dengan melakukan flossing secara rutin, Anda mengurangi risiko gigi berlubang di permukaan samping, radang gusi, dan bau mulut.

Flossing dilakukan secara rutin 1 kali setiap hari. Tidak masalah apabila flossing dilakukan sebelum atau sesudah menyikat gigi, selama dilakukan secara rutin dan mengenai seluruh gigi. Terdapat 2 jenis benang gigi yang dapat digunakan, yaitu benang gigi dengan gagang dan tanpa gagang, yang dapat dipilih sesuai kenyamanan masing-masing agar menjadi kebiasaan sehari-hari.

benang gigi dengan gagang
benang gigi dengan gagang
benang gigi tanpa gagag
benang gigi tanpa gagang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Flossing yang Benar

Berikut adalah tahapan flossing dari American Dental Association:

1. Siapkan benang gigi dan cermin. Lakukan flossing di depan cermin agar lebih mudah.

2. Ambil benang gigi sepanjang 30-45 cm. Cara lebih mudah adalah diukur dengan pegang benang menggunakan ujung jari tangan, lalu tarik benang ke arah siku.

cara flossing yang benar
Ukur benang sepanjang siku

3. Lilitkan sebagian besar benang pada jari tengah tangan dominan, lalu gulung sisa benang pada jari tengah tangan lainnya.

cara flossing yang benar, melilitkan benang di tangan dominan

4. Pegang benang dengan kuat menggunakan ibu jari dan telunjuk.

cara flossing yang benar

5. Sisipkan benang ke sela-sela gigi dengan gerakan maju-mundur lembut hingga mencapai dasar gusi.

cara flossing yang benar

6. Tekuk benang hingga membentuk huruf C terhadap gigi yang ingin dibersihkan.

cara flossing yang benar

7. Tekan benang ke gigi yang dibersihkan, kemudian lakukan gerakan naik-turun sebanyak 8-10 kali untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan dan plak

cara flossing yang benar

8. Keluarkan benang dari sela-sela gigi, lalu gulung benang agar gigi berikutnya dibersihkan dengan benang yang bersih.

 9. Ulangi tahapan tersebut ke semua gigi, atas dan bawah. Disarankan untuk melakukannya secara berurutan agar tidak ada gigi yang terlewat.

Jika kamu menggunakan benang gigi dengan gagang, cara membersihkannya tetap sama. Sisipkan benang gigi dengan gerakan maju mundur hingga ke dasar gusi, lalu lakukan gerakan naik-turun sambil menekan benang ke gigi yang dibersihkan.

Yuk, jadikan flossing kebiasaan sehari-hari untuk menjaga gigi tetap sehat! Selain flossing, kamu juga disarankan untuk melakukan cek gigi rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Kamu bisa melakukannya dengan mudah di klinik MHDC dan Medikids terdekat di kotamu. Di MHDC Group kamu bisa melakukan perawatan gigi dengan memanfaatkan benefit asuransi kamu juga, lho!

Ditulis oleh: drg. Khuzaima

Instagram MHDC GROUP