fbpx
Overview

Kandung kemih yang terlalu aktif, juga disebut Over Active Bladder (OAB), menyebabkan keinginan buang air kecil yang sering dan tiba-tiba yang sulit dikendalikan. Anda akan merasa perlu buang air kecil berkali-kali di siang dan malam hari. Anda juga akan mengalami kehilangan urin yang tidak disengaja (inkontinensia urgensi).

Jika Anda menderita OAB, Anda mungkin merasa malu, mengasingkan diri, atau membatasi pekerjaan dan kehidupan sosial Anda. Kabar baiknya adalah evaluasi singkat dapat menentukan apakah ada penyebab spesifik dari gejala OAB.

Anda dapat mengelola gejala OAB dengan strategi perilaku sederhana, seperti perubahan pola makan, buang air kecil yang dijadwalkan, dan teknik menahan buang air kecil menggunakan otot dasar panggul. Jika upaya awal ini tidak cukup membantu penyakit ini, perawatan tambahan harus dilakukan.

Penyebab dan Gejala

Cara kerja kandung kemih yang sehat

Ginjal menghasilkan urin, yang mengalir ke kandung kemih. Saat Anda buang air kecil, urin mengalir dari kandung kemih Anda melalui tabung yang disebut uretra. Otot di uretra yang disebut sfingter akan terbuka untuk mengeluarkan urin dari tubuh.

Pada wanita, lubang uretra terletak tepat di atas lubang vagina. Sementara pada pria, lubang uretra berada di ujung penis.

Saat kandung kemih Anda terisi, sinyal saraf yang dikirim ke otak memicu keinginan untuk buang air kecil. Saat Anda buang air kecil, sinyal saraf ini mengoordinasikan relaksasi otot-otot dasar panggul dan otot-otot uretra (otot sfingter urin). Otot-otot kandung kemih mengencang (berkontraksi), mendorong urin keluar.

Kontraksi kandung kemih yang tidak disengaja

OAB terjadi ketika otot-otot kandung kemih mulai berkontraksi dengan sendirinya bahkan ketika volume urin di kandung kemih Anda rendah. Ini disebut kontraksi tidak disengaja, dan mereka menyebabkan keinginan mendesak untuk buang air kecil.

Beberapa kondisi dapat menyebabkan tanda dan gejala OAB, termasuk:

  • Gangguan neurologis, seperti stroke dan multiple sclerosis
  • Diabetes
  • Infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan OAB
  • Perubahan hormon selama menopause pada wanita
  • Kondisi yang mempengaruhi kandung kemih, seperti tumor atau batu kandung kemih
  • Faktor-faktor yang menghalangi urin meninggalkan kandung kemih, seperti pembesaran prostat, sembelit, atau operasi sebelumnya untuk mengobati inkontinensia

Gejala kandung kemih yang terlalu aktif juga dapat dikaitkan dengan:

  • Obat-obatan yang menyebabkan tubuh Anda memproduksi banyak urin atau mengharuskan Anda meminum obat-obatan tersebut dengan banyak cairan.
  • Minum terlalu banyak kafein atau alkohol
  • Penurunan fungsi kognitif karena penuaan, yang mungkin membuat kandung kemih Anda lebih sulit untuk memahami sinyal yang diterima dari otak Anda
  • Kesulitan berjalan, yang dapat menyebabkan Anda tidak dapat ke kamar mandi dengan cepat
  • Pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap, yang dapat menyebabkan gejala OAB, karena Anda hanya memiliki sedikit ruang penyimpanan urin

Penyebab spesifik OAB sampai saat ini masih belum diketahui.

Gejala

Jika Anda menderita OAB, Anda akan mengalami gejala, seperti berikut:

  • Merasakan dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil yang sulit dikendalikan
  • Mengalami kehilangan urin yang tidak disengaja segera setelah kebutuhan mendesak untuk buang air kecil (inkontinensia urgensi)
  • Sering buang air kecil, biasanya delapan kali atau lebih dalam 24 jam
  • Bangun lebih dari dua kali di malam hari untuk buang air kecil (nokturia)

Bahkan jika Anda bisa pergi ke toilet tepat waktu ketika Anda merasakan keinginan untuk buang air kecil, sering buang air kecil yang tidak terduga dan buang air kecil di malam hari dapat mengganggu hidup Anda.

Kapan harus ke dokter?

Meskipun tidak jarang diderita oleh orang tua, OAB bukanlah bagian khas dari penuaan. Mungkin tidak mudah untuk mendiskusikan gejala Anda, tetapi jika itu membuat Anda tertekan atau mengganggu hidup Anda, segera konsultasikan dengan dokter. Perawatan yang tersedia bisa membantu Anda.

Perawatan

Kombinasi strategi perawatan mungkin merupakan pendekatan terbaik untuk meredakan gejala OAB.

Terapi perilaku

Perubahan perilaku adalah pilihan pertama dalam mengatasi OAB. Terapi ini seringkali bersifat efektif, dan tidak memberikan efek samping. Terapi perilaku termasuk:

  • Latihan otot dasar panggul.

Latihan kegel memperkuat otot dasar panggul dan otot sfingter urin. Otot-otot yang diperkuat ini dapat membantu Anda menghentikan kontraksi kandung kemih yang tidak disengaja.

Dokter atau ahli terapi fisik dapat membantu Anda mempelajari cara melakukan latihan Kegel dengan benar. Sama seperti latihan rutin lainnya, seberapa baik latihan Kegel bekerja untuk Anda tergantung pada apakah Anda melakukannya secara teratur.

  • Biofeedback.

Selama terapi biofeedback, Anda terhubung ke sensor listrik yang membantu Anda mengukur dan menerima informasi tentang tubuh Anda. Sensor biofeedback mengajari Anda cara membuat perubahan halus di tubuh Anda, seperti memperkuat otot panggul sehingga ketika Anda memiliki perasaan ingin buang air kecil, Anda lebih mampu mengontrolnya.

  • Berat badan yang sehat.

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat meringankan gejala. Penurunan berat badan dapat membantu jika Anda juga mengalami stres inkontinensia urin.

  • Waktu buang air kecil yang terjadwal.

Menetapkan jadwal untuk buang air kecil — misalnya, setiap dua hingga empat jam — membuat Anda buang air kecil pada waktu yang sama setiap hari daripada menunggu sampai Anda merasakan keinginan untuk buang air kecil.

  • Kateterisasi secara berkala.

Jika Anda tidak dapat mengosongkan kandung kemih dengan baik, menggunakan kateter secara berkala untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya dapat membantu kandung kemih Anda melakukan apa yang tidak dapat dilakukan dengan sendirinya. Tanyakan kepada dokter apakah terapi ini tepat untuk Anda.

  • Bantalan penyerap.

Mengenakan bantalan penyerap atau pakaian dalam dapat melindungi pakaian Anda dan membantu Anda menghindari insiden memalukan, yang berarti Anda tidak perlu membatasi aktivitas. Pakaian penyerap tersedia dalam berbagai ukuran dan tingkat daya serap.

  • Pelatihan kandung kemih.

Pelatihan kandung kemih melibatkan pelatihan diri Anda untuk menunda buang air kecil ketika Anda ingin. Anda mulai dengan penundaan kecil, seperti 30 menit, dan secara bertahap meningkat hingga Anda dapat melakukan buang air kecil setiap tiga hingga empat jam. Pelatihan kandung kemih hanya mungkin jika Anda berhasil mengencangkan (mengerutkan) otot-otot dasar panggul Anda.

Obat-obatan

Setelah menopause, terapi estrogen vagina dapat membantu memperkuat otot dan jaringan di uretra dan area vagina. Estrogen vagina datang dalam bentuk krim, supositoria, tablet, atau cincin, dan secara signifikan dapat memperbaiki gejala OAB.

Obat-obatan yang mengendurkan kandung kemih dapat membantu meredakan gejala OAB dan mengurangi episode inkontinensia urgensi. Obat-obatan ini antara lain:

  • Tolterodin (Detrol)
  • Oxybutynin, yang dapat diminum sebagai pil (Ditropan XL) atau digunakan sebagai penutup kulit (Oxytrol) atau gel (Gelnique)
  • Trospium
  • Solifenacin (Vesicare)
  • Fesoterodin (Toviaz)
  • Mirabegron (Myrbetriq)

Efek samping yang umum dari sebagian besar obat ini termasuk mata kering dan mulut kering, tetapi minum air untuk menghilangkan dahaga dapat memperburuk gejala OAB. Sembelit – efek samping potensial lainnya – dapat memperburuk gejala OAB Anda.

Dokter mungkin menyarankan agar Anda menyesap sedikit air atau mengisap sepotong permen bebas gula atau mengunyah permen karet bebas gula untuk meredakan mulut kering, dan menggunakan obat tetes mata untuk menjaga mata Anda tetap lembab. Obat-obatan yang dijual bebas, seperti produk Biotene, dapat membantu mengatasi mulut kering dalam jangka panjang. Untuk menghindari sembelit, dokter mungkin merekomendasikan diet kaya serat atau penggunaan pelunak tinja.

Injeksi kandung kemih

OnabotulinumtoxinA, juga disebut Botox, adalah protein dari bakteri penyebab penyakit botulisme. Digunakan dalam dosis kecil yang langsung disuntikkan ke jaringan kandung kemih, protein ini berfungsi untuk melemaskan otot.

Studi menunjukkan bahwa obat tersebut mungkin berguna untuk inkontinensia mendesak yang parah. Efek sementara umumnya berlangsung enam bulan atau lebih, tetapi suntikan berulang diperlukan.

Efek samping dari suntikan ini termasuk infeksi saluran kemih dan retensi urin. Jika Anda mempertimbangkan perawatan Botox, Anda harus bersedia dan mampu memasang kateter sendiri jika terjadi retensi urin.

Stimulasi saraf

Mengatur impuls saraf ke kandung kemih Anda dapat memperbaiki gejala OAB.

Salah satu prosedur akan menggunakan kawat tipis yang ditempatkan dekat dengan saraf sakral - yang membawa sinyal ke kandung kemih Anda - di mana kawat tersebut akan melewati daerah di dekat tulang ekor Anda.

Prosedur invasif minimal ini sering dilakukan dengan uji coba kawat sementara yang ditanamkan di bawah kulit di punggung bagian bawah Anda. Kadang-kadang dapat dilakukan sebagai prosedur lanjutan di mana elektroda permanen ditanamkan dan percobaan yang lebih lama dilakukan. Dokter kemudian menggunakan perangkat genggam yang terhubung ke kabel untuk mengirimkan impuls listrik ke kandung kemih Anda, mirip dengan apa yang dilakukan alat pacu jantung untuk jantung. Jika itu membantu menyembuhkan gejala OAB, generator gelombang listrik bertenaga baterai akan ditanamkan untuk membantu mengatur ritme saraf secara permanen.

Percutaneous Tibial Nerve Stimulation (PTNS)

Prosedur ini menggunakan jarum tipis yang ditempatkan melalui kulit di dekat pergelangan kaki untuk mengirim rangsangan listrik dari saraf di kaki Anda (saraf tibialis) ke tulang belakang, dimana saraf tersebut terhubung dengan saraf yang mengontrol kandung kemih.

Terapi PTNS diberikan seminggu sekali selama 12 minggu untuk membantu mengobati gejala OAB. Anda mungkin memerlukan perawatan pemeliharaan setiap tiga hingga empat minggu untuk memantau apakah terapi ini efektif atau tidak.

Operasi

Pembedahan untuk mengobati OAB dicadangkan untuk orang dengan gejala parah yang tidak bisa diobati oleh perawatan lain. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan kandung kemih untuk menyimpan urin dan mengurangi tekanan di kandung kemih. Namun, prosedur ini tidak akan membantu meredakan nyeri kandung kemih. Prosedur ini meliputi:

  • Pembedahan untuk meningkatkan kapasitas kandung kemih. Prosedur ini menggunakan potongan usus Anda untuk menggantikan sebagian kandung kemih Anda. Pembedahan ini hanya digunakan dalam kasus inkontinensia urgensi parah yang tidak merespon tindakan pengobatan lain yang lebih konservatif. Jika menjalani operasi ini, Anda mungkin perlu menggunakan kateter berulang kali selama sisa hidup Anda untuk mengosongkan kandung kemih.
  • Penghapusan kandung kemih. Prosedur ini digunakan sebagai upaya terakhir dan melibatkan pengangkatan kandung kemih dan pembedahan membangun kandung kemih pengganti (neobladder) atau lubang di tubuh (stoma) untuk menempelkan kantong pada kulit untuk menampung urin.
Komplikasi

Semua jenis inkontinensia dapat memengaruhi kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Jika gejala OAB menyebabkan gangguan pada hidup Anda, hal tersebut dapat memiliki komplikasi seperti:

  • Tekanan emosional atau depresi
  • Kecemasan
  • Gangguan tidur dan siklus tidur yang terganggu
  • Masalah dengan seksualitas

Dalam beberapa kasus, pengobatan kondisi di atas dapat membantu mengatasi gejala OAB Anda.

Selain komplikasi yang sudah dituliskan sebelumnya, wanita yang memiliki OAB mungkin juga memiliki kelainan yang disebut inkontinensia campuran, ketika terjadi inkontinensia stres dan inkontinensia urgensi. Inkontinensia stres adalah hilangnya urin yang tidak disengaja yang dipicu oleh gerakan fisik atau aktivitas yang memberikan tekanan pada kandung kemih Anda, seperti batuk, bersin, tertawa, atau berolahraga. Pengobatan inkontinensia stres tidak mungkin membantu gejala OAB. Demikian pula, pengobatan OAB tidak mungkin memperbaiki gejala inkontinensia stres.

Beberapa orang mungkin memiliki kombinasi umum dari masalah penyimpanan kandung kemih dan masalah pengosongan kandung kemih. Seorang dokter spesialis mungkin dapat membantu Anda mengatasi kombinasi masalah kandung kemih ini.

Pencegahan

Pilihan gaya hidup sehat ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit OAB, antara lain:

  • Mempertahankan berat badan yang sehat.
  • Lakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur setiap hari.
  • Batasi kafein dan alkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Kelola kondisi kronis, seperti diabetes, yang dapat menyebabkan OAB.
  • Lakukan latihan untuk membuat otot dasar panggul lebih kuat. Latihan ini disebut latihan Kegel.

Instagram MHDC GROUP