fbpx

Fungsi Pemasangan Space Maintainer saat Anak Kehilangan Gigi

Bagikan :

Apa kalian tahu tentang fungsi pemasangan space maintainer? Periode gigi susu merupakan masa yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan gigi dan mulut anak. Gigi susu memiliki peran penting sebagai penunjuk arah bagi gigi permanen untuk tumbuh dalam posisi yang tepat. Dengan demikian, kebersihan dan kesehatan gigi susu anak harus selalu dijaga.

Kebersihan gigi dan mulut yang tidak baik dapat menimbulkan berbagai masalah pada gigi, seperti gigi berlubang, gusi bengkak, hingga kehilangan gigi. Gigi susu yang tanggal sebelum waktunya dapat menyebabkan pergerakan atau pergeseran pada gigi-geligi yang lainnya di rongga mulut anak.

Jika dibiarkan, hal ini dapat mengakibatkan  hilangnya ruang untuk gigi permanen anak tumbuh. Kurangnya ruang untuk gigi permanen tumbuh dapat menyebabkan susunan gigi anak menjadi tidak rapi, memicu kelainan gigitan, hingga mengganggu fungsi pengunyahan dan fungsi bicara.

Untuk menjaga ruang yang kosong akibat kehilangan gigi susu, biasanya Dokter Gigi akan memasangkan alat yang disebut Space Maintainer (SM). Space maintainer adalah alat ortodontik preventif dan interseptif yang digunakan selama periode gigi susu ketika terjadi kehilangan dini gigi susu untuk menghindari pergerakan gigi yang tidak diinginkan dan kehilangan ruang pada lengkung rahang.

Pada umumnya space maintainer terbagi menjadi 2 jenis yaitu space maintainer cekat dan space maintainer yang dapat dilepas pasang. Terdapat berbagai macam space maintainer, yang umum digunakan diantaranya seperti Band and Loop, Distal Shoes, Lingual atau Transpalatal Arch.

Fungsi dari Pemasangan Space Maintainer Pada Anak :

  1. Mempertahankan ruang serta sebagai guide tempat gigi permanen akan tumbuh.
  2. Mencegah pergeseran gigi-geligi ke ruang yang kosong akibat kehilangan atau pencabutan dini gigi susu.
  3. Menjaga panjang lengkung gigi dari penyempitan akibat kehilangan atau pencabutan dini gigi susu.
  4. Mencegah ekstrusi atau turunnya gigi antagonis pada rahang yang berlawanan dari gigi yang tanggal atau dicabut dini.
  5. Memperbaiki fungsi pengunyahan akibat kehilangan pencabutan dini gigi susu.
  6. Memperbaiki susunan gigi dan fungsi estetik serta fungsi bicara setelah pencabutan dini.

Kurangnya ruang untuk pertumbuhan gigi permanen akibat bergesernya gigi-geligi.

Meskipun memiliki berbagai fungsi, namun Space Maintainer pada gigi anak juga memiliki indikasi dan kontraindikasi tertentu dalam penggunaannya. Space Maintainer dapat diindikasikan ketika terjadi kehilangan dini pada gigi susu, dimana gigi permanen penggantinya masih belum siap erupsi menggantikan posisi gigi tersebut. Dokter gigi akan mengevaluasi benih gigi permanen melalui pengambilan gambaran radiografi. Apabila posisi benih gigi permanen masih cukup jauh di bawah tulang, maka kemungkinan gigi pengganti tersebut masih membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh, sehingga ruang yang kosong harus dijaga dengan Space Maintainer.

Gambaran radiografi gigi susu dan benih gigi permanen.

Namun, apabila benih gigi sudah terlihat atau mendekati tulang, biasanya Space Maintainer tidak lagi diperlukan. Selain itu, jika anak memiliki kebiasaan yang buruk seperti menempatkan lidah di tempat yang kosong atau menghisap-hisap bibir maka pemasangan Space Maintainer ini juga dapat diindikasikan karena dapat membantu menghilangkan kebiasaan buruk anak tersebut. Pemasangan space maintainer hanya dapat diberikan pada anak dengan kebersihan mulut yang baik. Apabila kebersihan mulut kurang baik dan tidak dijaga, pemasangan space maintainer dikhawatirkan malah dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Itulah beberapa fungsi serta indikasi dari pemasangan space maintainer untuk merawat susunan gigi anak agar tetap sehat dan rapi. Apabila masih ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi anda di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel ditulis oleh: Agrita Dridya

Ditinjau oleh: drg. Laila Novprianti

 

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP