fbpx

Kondisi Gigi seperti Apa yang Bisa dilakukan Perawatan Saluran Akar

Bagikan :

Apakah kalian tahu mengenai kondisi gigi seperti apa yang bisa dilakukan perawatan saluran akar? Buat yang belum tahu mari disimak Artikel berikut ini!

Perawatan saluran akar adalah tindakan kedokteran gigi yang bertujuan untuk menyelamatkan gigi yang sakit karena masalah pada pulpa gigi. Pulpa adalah jaringan di dalam akar gigi yang mengandung saraf, pembuluh darah, dan jaringan ikat. Ketika pulpa mengalami infeksi, peradangan, atau rusak, perawatan saluran akar menjadi pilihan perawatan untuk mencegah infeksi lebih lanjut dan menghindari tindakan yang lebih invasif seperti pencabutan gigi.

Tujuan utama perawatan saluran akar adalah menyelamatkan dan mengobati gigi yang sakit dengan menghilangkan infeksi, membersihkan saluran akar, dan mengisi ruang yang tersisa dengan bahan pengisi khusus. Prosedur ini dilakukan dengan anestesi lokal, sehingga pasien merasa nyaman selama perawatan. Artikel ini akan membahas kondisi gigi seperti apa yang memerlukan perawatan saluran akar, serta bagaimana prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki kesehatan gigi

1. Gigi Berlubang yang Parah 

Karies gigi atau gigi berlubang yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi berkelanjutan hingga mencapai akar dan pulpa gigi. Ketika bakteri masuk dan merusak pulpa, hal ini dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan nyeri hebat. Dalam kasus ini, perawatan saluran akar diperlukan untuk membersihkan pulpa yang terinfeksi, mengisi ruang akar gigi, dan mempertahankan gigi.

 

2. Infeksi Gigi

Infeksi pada gigi yang tidak diatasi dengan segera dapat menyebar ke pulpa gigi dan menyebabkan radang. Proses peradangan ini bisa menyebabkan pembentukan bengkak atau abses di bagian akar gigi. Perawatan saluran akar bertujuan untuk menghilangkan infeksi dan mengembalikan kesehatan gigi.

3. Trauma atau Cedera Gigi 

Cedera gigi yang parah seperti gigi patah atau goyang akibat kecelakaan, juga dapat menyebabkan kerusakan pada pulpa gigi. Jika bagian pulpa gigi menjadi terbuka atau terpapar serta mengalami kerusakan, perawatan saluran akar mungkin diperlukan untuk mempertahankan gigi.

4. Gigi Mati atau Nekrosis

Gigi mati atau nekrosis bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk akibat gigi berlubang atau karies yang tidak diobati, trauma, atau infeksi yang berkepanjangan. Ketika pulpa gigi sudah mati, hal ini berarti tidak ada lagi sumber nutrisi dari pembuluh darah yang tersedia bagi jaringan pulpa. Sehingga, dibutuhkan perawatan saluran akar untuk menghilangkan jaringan pulpa yang mati dan mengisi kembali ruang akar gigi untuk mempertahankan gigi.

Prosedur Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar adalah prosedur yang cukup kompleks dan biasanya memerlukan beberapa kunjungan kali ke dokter gigi. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam prosedur perawatan saluran akar :

1. Pemeriksaan dan Diagnosa

Dokter gigi akan memeriksa gigi secara menyeluruh dan mungkin melakukan rontgen gigi untuk mengetahui tingkat kerusakan pada pulpa gigi dan akar.

2. Penghilangan Pulpa Terinfeksi

Saat melakukan perawatan saluran akar, dokter gigi akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit. Kemudian, mereka akan membuat lubang kecil pada gigi untuk mengakses pulpa yang terinfeksi atau mati.

3. Pembersihan dan Pelebaran Akar

Pulpa yang terinfeksi akan dihilangkan dengan alat khusus yang disebut dengan file. Akar gigi juga akan diperluas untuk memudahkan akses pengisian ruang akar dengan bahan pengisi.

4. Pengisian Ruang Akar

Setelah pulpa dan jaringan terinfeksi dibersihkan dan akar diperluas, ruang akar akan diisi dengan bahan pengisi khusus yang disebut gutta-percha. Bahan ini akan membantu mencegah bakteri masuk dan mengurangi risiko infeksi lebih lanjut.

5. Restorasi / Penggantian Gigi

Setelah prosedur perawatan saluran akar selesai, gigi yang dirawat akan memerlukan restorasi atau penggantian seperti mahkota gigi (crown) untuk memulihkan fungsi kunyah gigi.  

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai kondisi gigi yang dapat dilakukan perawatan saluran akar. Apabila masih ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel ditulis oleh: Agrita Dridya

Ditinjau oleh: drg. Laila Novprianti

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP