Gigi Anak Renggang, Harus Apa?

Bagikan :

Gigi Anak Renggang

Gigi anak renggang, masalah atau memang hal yang wajar?

Cukup sering dapat pertanyaan “Dok, anakku berusia 8 tahun dan semakin lama jadi ada jarak ditengah gigi depannya.. gigi anak renggang  jadi jelek gitu dok.. harus diapain ya dok?”

Begini moms.. Jarak atau diastema antara gigi seri atas pada anak di rentang usia 7-12 tahun merupakan hal yang normal. Kondisi ini disebut juga dengan “Ugly Duckling Stage”, yaitu salah satu tahap transisi untuk mencapai susunan gigi yang normal.

gigi anak tumbuh renggang

Kondisi ini disebabkan oleh proses tumbuhnya gigi permanen taring atas. Ketika gigi taring atas sudah keluar sempurna, maka jarak yang awalnya ada akan tertutup karena gigi seri disebelahnya akan bergeser menjadi rapat.

 

Kenapa gigi anak tumbuh renggang?

Kenapa gigi anak renggang

Awalnya, gigi taring permanen yang ada di dalam gusi perlahan tumbuh dan turun. Kemudian, semakin gigi tersebut tumbuh, dia akan menekan akar gigi seri disebelahnya. Akibatnya, mahkota gigi seri menjadi mekar (saling menjauhi) dan menghasilkan jarak di antara giginya. Namun seiring semakin tumbuh dan keluarnya gigi taring, gigi seri tersebut akan merapat kembali dan jaraknya akan menghilang.

 

Apa yang harus dilakukan?

Kondisi gigi anak renggang ini dapat diperiksa melalui pemeriksaan klinis dan penunjang berupa foto panoramic oleh dokter gigi. Jika gigi taring atas kanan dan kiri sudah tumbuh sempurna namun jarak antar gigi seri tersebut masih ada, maka akan dipertimbangkan untuk pemeriksaan lanjutan dan pemasangan alat ortodonti untuk mengoreksi susunan gigi anak. Baca lebih lengkap tentang perawatan ortodonti anak.

Jadi, jika Moms membutuhkan informasi lebih lanjut, Silahkan kunjungi  Medikids cabang terdekat anda ya Moms! 

Daftarkan e-mail Anda untuk berlangganan newsletter dan mendapatkan informasi terbaru dari MHDC GROUP

© Copyright 2022 MHDC GROUP

Instagram MHDC GROUP