fbpx

Invisalign Adalah : Cara Kerja, Proses dan Perawatannya!

Bagikan :

invisalign adalah

Teknologi medis terus berkembang, termasuk dalam bidang perawatan gigi dan ortodonti. Salah satu inovasi yang semakin populer adalah Invisalign. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu Invisalign, bagaimana cara kerjanya, perbedaannya dengan kawat gigi konvensional, keuntungan penggunaannya, dan siapa yang cocok untuk memilih metode ini.

Apa Itu Invisalign?

Invisalign adalah sistem perawatan ortodonti yang revolusioner untuk merapikan gigi tanpa menggunakan kawat gigi konvensional. Invisalign menggunakan sejumlah aligner transparan yang terbuat dari bahan plastik lembut dan nyaman untuk dipakai. Aligner ini dirancang khusus untuk menggeser gigi secara perlahan ke posisi yang diinginkan.

 

Cara Kerja Invisalign

Pada awal perawatan, dokter gigi akan membuat cetakan gigi dan merencanakan pergeseran gigi yang dibutuhkan. Berdasarkan perencanaan ini, aligner Invisalign akan dibuat secara khusus untuk setiap pasien. Setiap aligner akan digunakan selama sekitar 1-2 minggu sebelum digantikan dengan aligner yang baru. Secara bertahap, gigi akan terus bergerak ke posisi yang diinginkan.

 

Perbedaan antara Invisalign dan Kawat Gigi Konvensional

Perbedaan utama antara Invisalign dan kawat gigi konvensional adalah metodenya yang lebih diskret dan nyaman. Invisalign transparan dan hampir tidak terlihat ketika digunakan, sedangkan kawat gigi konvensional terbuat dari logam mencolok. Selain itu, Invisalign dapat dilepas sementara saat makan dan menjaga kebersihan mulut, sedangkan kawat gigi konvensional permanen.

 

Keuntungan Menggunakan Invisalign

1. Estetika

Invisalign tidak terlihat seperti kawat gigi konvensional, sehingga lebih estetis dan tidak mempengaruhi penampilan.

2. Nyaman

Aligner Invisalign terbuat dari plastik lembut yang tidak menggeser atau melukai bagian dalam mulut.

3. Kebersihan

Karena bisa dilepas, Invisalign memudahkan perawatan kebersihan mulut dan gigi.

4. Pengalaman Makan yang Lebih Baik

Aligner dapat dilepas saat makan, memungkinkan Anda menikmati makanan tanpa hambatan.

5. Tidak Memengaruhi Aktivitas Olahraga

Anda bisa menghapus aligner saat berolahraga untuk kenyamanan lebih.

 

Siapa yang Cocok untuk Menggunakan Invisalign?

Invisalign cocok untuk sebagian besar orang dengan masalah gigi yang perlu dirapikan, seperti gigi berjejal, gigi berongga, atau masalah gigitan. Namun, kasus yang lebih kompleks mungkin memerlukan perawatan ortodonti yang lebih canggih.

 

Proses Penggunaan Invisalign

Setelah konsultasi awal dengan dokter gigi, langkah-langkah berikutnya termasuk pemeriksaan gigi, pembuatan cetakan, perencanaan perawatan, dan pembuatan aligner khusus. Pasien akan memakai aligner selama sekitar 20-22 jam sehari dan mengganti aligner setiap beberapa minggu.

 

Perawatan dan Pemeliharaan Invisalign

Perawatan aligner Invisalign relatif mudah. Cukup bersihkan aligner dengan sikat lembut dan air dingin, hindari menggunakan air panas agar tidak merusak plastiknya. Juga, jaga agar mulut tetap bersih sebelum memasang kembali aligner setelah makan.

 

Pertimbangan Harga Invisalign

Biaya perawatan Invisalign bisa lebih mahal daripada kawat gigi konvensional. Namun, banyak faktor yang mempengaruhi biaya, seperti kompleksitas perawatan, lamanya perawatan, dan lokasi klinik. Meskipun demikian, banyak orang menganggap biaya tersebut sebanding dengan kenyamanan dan estetika yang ditawarkan oleh Invisalign.

 

Kesimpulan

Invisalign adalah terobosan dalam perawatan ortodonti modern yang menawarkan keuntungan estetika, kenyamanan, dan fleksibilitas. Dengan teknologi ini, merapikan gigi menjadi lebih mudah tanpa perlu mengenakan kawat gigi konvensional yang mencolok. Bagi mereka yang mencari alternatif yang lebih nyaman dan estetis, Invisalign bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk menentukan apakah Invisalign sesuai dengan kebutuhan ortodonti Anda.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP