fbpx

Kapan Gigi Bayi Tumbuh? Tanda dan Tahapan Gigi Tumbuh

Bagikan :

Apakah kalian tahu, kapan gigi bayi tumbuh? Pertumbuhan gigi adalah salah satu tahap perkembangan pada bayi yang dapat diamati oleh orangtua.

Kehadiran gigi pertama ini adalah momen yang sangat penting dalam perkembangan anak, karena gigi anak memiliki peran penting dalam fungsi pengunyahan, berbicara, serta pertumbuhan lengkung rahang anak. Dengan demikian, penting untuk mengetahui kapan dan bagaimana gigi anak mulai tumbuh agar dapat membantu orangtua dalam merawat kesehatan mulut anak dengan baik sejak dini.

Proses Tumbuhnya Gigi Bayi

Gigi geligi anak yang pertama tumbuh biasanya disebut sebagai gigi susu atau gigi bayi. Proses pembentukan gigi bayi dimulai bahkan sebelum bayi lahir. Menurut American Dental Association (ADA), perkembangan gigi anak dimulai ketika janin berusia sekitar 6 minggu dalam kandungan ibu. Pada usia ini, gumpalan sel-sel pembentuk gigi mulai terbentuk di dalam gusi janin. Kemudian, seiring berjalannya waktu, gigi-gigi ini akan terus berkembang hingga akhirnya muncul dan tumbuh di gusi bayi.

Proses pertumbuhan gigi anak

Pertumbuhan gigi bayi pertama biasanya dimulai sekitar usia 6 bulan, dan gigi pertama yang muncul umumnya adalah gigi seri bawah, diikuti dengan gigi seri atas. Namun waktu tumbuhnya gigi ini dapat bervariasi pada setiap anak. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kapan gigi bayi mulai tumbuh, termasuk diantaranya faktor genetik dan faktor lingkungan.

Urutan Pertumbuhan Gigi Bayi

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), berikut adalah urutan umum pertumbuhan gigi bayi:

  • Gigi seri bawah tengah (sekitar usia 6-10 bulan)
  • Gigi seri atas tengah (sekitar usia 8-12 bulan)
  • Gigi seri samping (sekitar usia 9-13 bulan)
  • Gigi taring (sekitar usia 16-22 bulan)
  • Gigi geraham (sekitar usia 13-19 bulan)

urutan pertumbuhan gigi anak

Pertumbuhan gigi biasanya selesai dan lengkap ketika anak berusia sekitar 2 atau 3 tahun, ketika gigi geraham terakhirnya tumbuh. Setelah itu, gigi anak akan tetap ada dalam mulutnya hingga sekitar usia 6 atau 7 tahun, lalu dilanjutkan dengan pertumbuhan gigi permanen yang menggantikan gigi susu.

Tanda-Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Terkadang, pertumbuhan gigi bayi dapat disertai dengan beberapa tanda dan gejala seperti gusi yang bengkak, rasa tidak nyaman, dan bahkan demam ringan. Tanda-tanda pertumbuhan gigi anak dapat meliputi :

  • Gusi yang merah dan bengkak
  • Rasa gatal atau tidak nyaman di mulut
  • Air liur yang berlebihan
  • Anak menjadi rewel dan tidur terganggu

Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, Moms dapat menjadi lebih peka dan dapat membantu meredakan ketidaknyamanan anak, diantaranya dengan memberikan sesuatu yang dapat digigit oleh anak atau teether.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai kapan gigi anak mulai tumbuh serta proses dan tanda-tanda tumbuhnya gigi anak. Apabila masih ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Pertama kali ajak anak ke dokter gigi?

dokter gigi anak terdekat

Ambil paket My First Dental Visit untuk memberikan pengalaman ke dokter gigi yang menyenangkan untuk anak!

Informasi selengkapnya tentang paket My First Dental Visit

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP