fbpx

Gigi Gingsul Tumbuh: Haruskah Dicabut?

Bagikan :

Gigi gingsul adalah kondisi di mana salah satu gigi atau beberapa gigi di mulut tidak berbaris dengan rapi sejajar dengan gigi lainnya. Kondisi ini bisa membuat beberapa orang merasa kurang percaya diri atau merasa terganggu dengan penampilan gigi mereka. Lalu, haruskah gigi gingsul dicabut? Sebelum menjawab pertanyaan ini, yuk simak bahasan berikut untuk memahami lebih lagi terkait gigi gingsul.

Penyebab Gigi Gingsul

Gigi gingsul biasanya disebabkan oleh perbedaan ukuran antara lengkung rahang dan gigi, sehingga gigi tidak memiliki cukup ruang untuk berbaris dengan rapi. Perbedaan ukuran ini juga umum disebabkan karena faktor genetik. Selain itu, kebiasaan buruk seperti sering menghisap jempol atau menggigit pensil secara berlebihan dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi menjadi tidak rapi.

 

Dampak Gigi Gingsul

Gigi gingsul tidak hanya mempengaruhi tampilan senyum seseorang tetapi juga dapat berdampak pada kesehatan gigi dan mulut. Susunan gigi yang tidak rapi dapat menyebabkan kesulitan dalam membersihkan sela-sela gigi, sehingga makanan lebih mudah menempel dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit gusi dan gigi berlubang atau karies. Selain itu, tekanan kunyah yang tidak merata pada gigi dapat menyebabkan masalah pada gigitan dan menyebabkan gangguan fungsi mulut.

Perawatan Gigi Gingsul

Dokter gigi akan memberikan pilihan perawatan untuk gigi gingsul tergantung pada tingkat keparahannya. Jika dokter gigi menilai gigi gingsul tidak menyebabkan masalah kesehatan atau gangguan fungsi kunyah, biasanya perawatan hanya berfokus untuk koreksi penampilan pasien. Namun, jika gigi gingsul dianggap mengganggu kesehatan atau fungsi mulut, ada beberapa opsi perawatan yang dapat dipertimbangkan :

Pencabutan Gigi

Dalam beberapa kasus, dokter gigi akan merekomendasikan untuk mencabut gigi gingsul agar dapat memberi ruang bagi gigi lainnya untuk tersusun dengan rapi. Prosedur pencabutan gigi biasanya dilanjutkan dengan perawatan ortodontik untuk mengatur susunan gigi yang tersisa agar berada dalam posisi yang lebih baik.

Pelayanan Ortodontik

Perawatan ortodontik seperti pemakaian kawat gigi adalah salah satu cara yang paling umum untuk mengatasi gigi gingsul. Perawatan ini bertujuan untuk menggerakkan gigi ke posisi yang lebih ideal sehingga susunan gigi menjadi rapi dan gigi gingsul dapat diperbaiki.

Informasi selengkapnya mengenai perawatan orthodonti atau behel gigi

Konsultasi dengan Dokter Gigi

Keputusan apakah gigi gingsul harus dicabut atau dilakukan perawatan ortodontik harus berdasarkan evaluasi dari dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mengevaluasi situasi gigi dan mulut secara individu. Setiap kasus gigi gingsul memiliki karakteristik yang berbeda, dan rekomendasi perawatan akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Kesimpulannya, gigi gingsul dapat memiliki dampak yang berbeda-beda pada penampilan dan kesehatan gigi setiap individu. Jika gigi gingsul menyebabkan masalah kesehatan atau mengganggu fungsi mulut, perawatan gigi seperti mencabut gigi atau perawatan ortodontik mungkin perlu dipertimbangkan.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Apabila masih ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat dari lokasi Anda.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP