fbpx

Makanan Yang Membuat Gigi Anak Sehat

Bagikan :

Jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh anak memiliki hubungan langsung dengan kesehatan gigi mereka dalam jangka waktu yang panjang. Tercukupinya nutrisi yang tepat merupakan cara yang efektif untuk mencegah kerusakan gigi anak karena asupan makanan sehat terbukti dapat meningkatkan remineralisasi email dan menurunkan tingkat karies gigi.

Pengetahuan tentang nutrisi merupakan salah satu strategi intervensi untuk meningkatkan kesehatan gigi anak. Maka dari itu, khususnya untuk orang tua, penting untuk memahami beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat dan membuat gigi anak sehat serta mengurangi risiko kerusakan gigi anak.

Berikut 5 jenis makanan yang dapat membuat gigi anak sehat:

1. Keju

Ketika anak mengkonsumsi susu atau keju—yang kaya akan kalsium, vitamin D, dan fosfat—itu dapat meningkatkan tingkat pH di dalam mulut, menurunkan kadar asam, dan mengurangi risiko kerusakan gigi.

Keju merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan anak untuk memperkuat gigi dan tulang dengan cara meningkatkan aliran saliva dan cairan penyangga, menghambat pertumbuhan bakteri plak berlebih, dan meningkatkan remineralisasi pada tahap pra-kavitasi awal.

2. Sayuran Segar

Sayuran renyah dan segar seperti wortel mentah, seledri, mentimun, kembang kol, dan kacang polong merupakan “makanan kunyah” yang secara mekanis dapat membersihkan gigi dan gusi anak. Makanan tersebut secara alami mengikis plak yang menumpuk di antara waktu makan atau yang terlewatkan oleh anak-anak saat menyikat gigi. Selain itu, sayuran seperti wortel memiliki beta-karoten sebagai prekursor vitamin A yang dapat memperkuat gigi.

3. Buah-Buahan Sumber Vitamin C

Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, apel, stroberi, kiwi, dan pepaya membantu membunuh bakteri di mulut dan meningkatkan suplai kolagen. Kolagen tidak hanya baik bagi kesehatan kulit, tetapi juga mampu melindungi gusi dari kerusakan.Kandungan asam aktif dalam buah juga mampu mengangkat plak dan memperkuat gigi anak.

4. Telur

Memiliki spektrum vitamin dan mineral yang luas yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Telur, terutama kuning telur, mengandung vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat dalam makanan lain untuk membangun dan melindungi email gigi. Selain itu, telur juga mengandung vitamin K2 sebagai komponen penting untuk memperkuat gigi.

5. Protein

Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, dan ikan merupakan sumber protein yang baik yang dapat membantu memperkuat email gigi. Kacang-kacangan dan selai kacang rendah gula juga dapat menyediakan protein dan merupakan sumber energi cepat untuk anak-anak. Beberapa jenis kacang yang direkomendasikan adalah kacang mede dan almond.  Keduanya mengandung lemak alami yang membuat gigi terlindungi dari paparan bakteri. Kandungan minyak dan kalsium mampu memperkuat email sehingga gigi tidak mudah rapuh.

Itulah sejumlah makanan yang perlu diperhatikan bagi para orang tua sebagai nutrisi sehat bagi gigi anak. Penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi anak sejak dini sehingga memiliki senyum yang ceria! Apabila masih ada yang kurang jelas silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi anak anda di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat yaa. Terima kasih semoga bermanfaat. 

Ditinjau oleh: drg. Laila Novprianti

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP