fbpx

Follow Us :

Apa Itu Orthodontist? Pengertian, Peran & Perawatannya!

Bagikan :

orthodontist adalah

Ketika kita berbicara tentang kesehatan gigi, mungkin salah satu aspek yang paling menonjol adalah keindahan senyuman. Namun, tidak semua orang dilahirkan dengan gigi yang sejajar dan teratur. Inilah saat peran seorang orthodontist menjadi penting. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang orthodontist, peran mereka dalam merawat kelainan gigi, dan berbagai perawatan ortodontik yang mereka tawarkan. Mari kita mulai mengeksplorasi dunia orthodontics!

Apa Itu Orthodontist?

Orthodontist adalah seorang dokter gigi yang telah mengambil spesialisasi dalam bidang ortodonti. Mereka adalah ahli dalam mendiagnosis, mencegah, dan mengobati kelainan gigi dan rahang yang mempengaruhi fungsi dan estetika gigi. Orthodontist berfokus pada perbaikan posisi gigi dan rahang untuk menciptakan senyuman yang sehat dan menarik.

 

Peran Orthodontist

Peran utama seorang orthodontist meliputi:

 

1. Diagnosa dan Perencanaan

Orthodontist akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mendiagnosis masalah gigi dan rahang yang ada. Dengan bantuan pemeriksaan klinis, pemindaian rontgen, dan pencetakan gigi, mereka dapat merencanakan perawatan yang sesuai.

 

2. Perawatan Ortodontik

Orthodontist menawarkan berbagai jenis perawatan ortodontik seperti pemakaian kawat gigi, perangkat penegak gigi transparan, dan perawatan ortodontik lainnya untuk memperbaiki posisi gigi dan rahang yang tidak sejajar.

 

3. Pemantauan dan Penyesuaian

Selama perawatan ortodontik, orthodontist akan memantau perkembangan pasien secara teratur dan melakukan penyesuaian pada perawatan untuk memastikan hasil yang optimal.

Perawatan Ortodontik yang Ditawarkan oleh Orthodontist

Orthodontist menawarkan berbagai jenis perawatan ortodontik, termasuk:

1. Kawat Gigi Konvensional

Ini melibatkan pemasangan kawat dan bracket pada gigi yang digunakan untuk mengubah posisi gigi seiring waktu. Kawat ini dapat disesuaikan secara teratur oleh orthodontist untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pasang behel lebih mudah di Klinik gigi behel MHDC.

 

2. Clear Aligner

Alternatif populer untuk kawat gigi konvensional, perangkat penegak gigi transparan seperti clear aligner menggunakan alat transparan yang dapat dilepas-pasang untuk menggerakkan gigi ke posisi yang diinginkan.

 

3. Kawat Gigi Damon

Berbeda dengan behel konvensional, Behel damon adalah jenis behel self-ligating dengan sistem teknologi terdepan saat ini. Bekerja mengatasi permasalahan gigi dengan lebih cepat, lebih nyaman, dan hasil yang memuaskan.

 

4. Perawatan Ortodontik Pada Usia Dini

Orthodontist juga dapat merawat kelainan gigi pada anak-anak dengan perawatan ortodontik yang tepat untuk membentuk perkembangan gigi dan rahang yang sehat. Konsultasi seputar kesehatan gigi anak dengan dokter gigi anak MediKids.

 

Manfaat Perawatan Orthodontik dengan Orthodontist

Perawatan ortodontik dengan orthodontist memiliki manfaat yang signifikan, termasuk:

 

1. Perbaikan Fungsi Gigi

Perawatan ortodontik membantu memperbaiki fungsi gigi, termasuk menggigit, mengunyah, dan berbicara yang lebih efisien.

 

2. Peningkatan Estetika

Orthodontist membantu meningkatkan penampilan estetika gigi dan senyuman Anda dengan memperbaiki posisi gigi yang tidak sejajar.

 

3. Kesehatan Gigi dan Rahang yang Lebih Baik

Dengan gigi dan rahang yang sejajar, perawatan ortodontik membantu mencegah masalah gigi yang serius di masa depan, seperti gigi yang rapuh, gangguan sendi rahang, dan masalah gusi.

 

Kapan Harus Mengunjungi Orthodontist?

Ada beberapa tanda dan kondisi yang menunjukkan pentingnya mengunjungi orthodontist, termasuk:

 

– Gigi yang tidak sejajar atau terlalu rapat.

– Overbite atau underbite yang signifikan.

– Masalah bicara yang terkait dengan posisi gigi dan rahang.

– Ketidaknyamanan saat menggigit atau mengunyah.

– Kebutuhan perbaikan estetika gigi dan senyuman.

 

Orthodontist adalah spesialis gigi yang berperan penting dalam merawat kelainan gigi dan rahang. Dengan berbagai perawatan ortodontik yang mereka tawarkan, mereka membantu mengubah senyuman Anda menjadi sehat, sejajar, dan menarik. Pastikan kamu melakukan perawatan behel dengan orthodontist berpengalaman agar hasil perawatan behel dapat optimal.

Info selengkapnya mengenai promo

Dengan mengunjungi orthodontist, Anda dapat memperbaiki posisi gigi dan rahang serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan orthodontist untuk mengetahui opsi perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Artikel ini ditinjau oleh: drg. Laila Novprianti

Artikel Lainnya
Promo Lainnya
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP