fbpx

Apa Itu Gigi Palsu Permanen? Jenis & Proses Pemasangannya!

Bagikan :

gigi palsu permanen

Kehilangan gigi bisa menjadi masalah yang mengganggu dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Namun, dengan perkembangan teknologi di bidang kedokteran gigi, ada solusi yang nyaman dan tahan lama untuk menggantikan gigi yang hilang, yaitu gigi palsu permanen. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang gigi palsu permanen, termasuk jenis-jenisnya, prosedur pemasangan, dan manfaat yang dapat Anda nikmati. Mari kita mulai!

Apa itu Gigi Palsu Permanen?

Gigi palsu permanen, juga dikenal sebagai gigi tiruan yang ditopang oleh implan, adalah solusi menggantikan gigi yang hilang dengan menggunakan implan gigi yang tertanam secara permanen ke dalam rahang. Implan gigi berfungsi sebagai akar buatan yang menggantikan akar gigi asli dan memungkinkan pemasangan gigi palsu yang stabil dan fungsional.

Proses Pemasangan Gigi Palsu Permanen

Proses pemasangan gigi palsu permanen melibatkan beberapa langkah, antara lain:

1. Evaluasi dan Perencanaan

Dokter gigi akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kesehatan gigi dan rahang Anda, serta merencanakan perawatan yang sesuai. Ini termasuk pengambilan sinar-X dan pemindaian 3D untuk mengetahui kondisi rahang Anda.

2. Pemasangan Implan Gigi

Pada kunjungan pertama, dokter gigi akan melakukan pemasangan implan gigi ke dalam tulang rahang. Prosedur ini biasanya dilakukan di bawah anestesi lokal. Dokter gigi akan membuat sayatan kecil di gusi untuk mengakses tulang rahang, kemudian melakukan proses bedah minor dan memasukkan implan gigi ke dalamnya. Setelah itu, gusi akan dijahit kembali. Proses ini bisa dilakukan untuk satu atau beberapa implan, tergantung pada kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda akan membutuhkan waktu penyembuhan yang memadai untuk implan menyatu dengan tulang rahang.

3. Pemasangan Abutmen

Pemasangan abutmen adalah salah satu tahap penting dalam proses restorasi gigi dengan menggunakan implan gigi. Abutmen adalah struktur penyangga yang terpasang di atas implan gigi dan berfungsi sebagai penghubung antara implan dan mahkota gigi palsu.

4. Pembuatan dan Pemasangan Gigi Palsu

Setelah proses penyembuhan dan pemasangan abutmen, dokter gigi akan membuat gigi palsu yang cocok dengan bentuk dan warna gigi Anda. Gigi palsu kemudian akan dipasang pada abutmen untuk memberikan hasil yang estetis dan fungsional.

Jenis-jenis Gigi Palsu Permanen

Ada beberapa jenis gigi palsu permanen yang dapat dipertimbangkan, termasuk:

1. Gigi Palsu Permanen Satu Implan

Gigi palsu permanen yang diperbaiki pada satu implan disebut juga sebagai gigi tiruan implant-supported. Ini adalah prosedur restorasi gigi yang melibatkan penempatan satu implan gigi ke dalam tulang rahang dan pemasangan gigi palsu permanen di atasnya.

Proses ini dimulai dengan pemasangan implan gigi yang biasanya terbuat dari bahan seperti titanium ke dalam tulang rahang. Implan ini berfungsi sebagai akar buatan yang akan menyatu dengan tulang rahang selama proses penyembuhan yang disebut osseointegrasi. Setelah implan terintegrasi dengan baik, gigi palsu permanen, yang juga dikenal sebagai mahkota, akan dipasang di atas implan dengan bantuan struktur penyangga atau abutmen.

Keuntungan dari gigi palsu permanen satu implan adalah stabilitas dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan alternatif gigi palsu yang dilepas-pasang, seperti gigi palsu lepasan atau jembatan gigi. Gigi palsu permanen satu implan juga memberikan penampilan yang lebih alami dan meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengunyah dan berbicara.

2. Jembatan Gigi Tetap

Jembatan gigi tetap, juga dikenal sebagai jembatan gigi cekat atau jembatan gigi permanen, adalah salah satu opsi restorasi gigi yang digunakan untuk menggantikan satu atau beberapa gigi yang hilang. Jembatan gigi tetap terdiri dari gigi palsu yang terbuat dari bahan seperti porselen atau logam, yang terikat pada gigi-gigi tetangga yang masih ada di kedua sisi celah gigi yang kosong.

Proses pembuatan jembatan gigi tetap melibatkan beberapa tahap. Pertama, gigi-gigi tetangga yang ada di kedua sisi celah gigi kosong harus diukir atau dipotong sedikit untuk menciptakan ruang untuk penempatan mahkota jembatan gigi. Kemudian, diambil jejak atau cetakan dari gigi-gigi yang diukir dan area gigi yang hilang untuk membuat jembatan gigi yang pas. Cetakan ini kemudian dikirim ke laboratorium gigi, di mana jembatan gigi tetap dibuat secara khusus sesuai dengan cetakan gigi Anda.

Setelah jembatan gigi tetap selesai dibuat, gigi palsu yang terpasang pada jembatan akan ditempatkan dan disementara diuji untuk memastikan kenyamanan dan penampilan yang baik. Jika semuanya sesuai, jembatan gigi tetap akan diikat secara permanen pada gigi-gigi tetangga dengan menggunakan bahan semen gigi yang kuat.

Keuntungan jembatan gigi tetap adalah bahwa gigi palsu terpasang secara permanen dan tidak perlu dilepas-pasang oleh pasien. Ini memberikan kenyamanan dan stabilitas yang lebih baik daripada gigi palsu yang dilepas-pasang. Selain itu, jembatan gigi tetap juga dapat mengembalikan fungsi gigi Anda, seperti kemampuan mengunyah dan berbicara dengan baik, serta memberikan penampilan yang alami.

Namun, perlu diingat bahwa untuk memasang jembatan gigi tetap, gigi-gigi tetangga yang masih ada harus diukir atau dipotong, yang dapat merusak struktur gigi yang sehat. Juga, kebersihan dan perawatan yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keberhasilan jembatan gigi tetap.

3. Gigi Palsu Permanen Penuh

Gigi palsu permanen penuh, juga dikenal sebagai gigi tiruan penuh atau gigi palsu lengkap, adalah prostesis gigi yang digunakan untuk menggantikan semua gigi yang hilang pada satu atau kedua rahang. Ini adalah solusi untuk orang yang telah kehilangan semua gigi mereka dan membutuhkan restorasi gigi yang lengkap.

Proses pembuatan gigi palsu permanen penuh melibatkan beberapa tahap. Pertama, dokter gigi akan melakukan pengambilan jejak atau cetakan dari rahang Anda untuk membuat cetakan gigi yang presisi. Cetakan ini digunakan sebagai dasar untuk menciptakan gigi palsu yang pas dan nyaman.

Selanjutnya, gigi palsu permanen penuh akan dibuat di laboratorium gigi berdasarkan cetakan gigi Anda. Gigi palsu ini biasanya terbuat dari bahan akrilik yang kuat dan tahan lama. Mereka akan dirancang dan disesuaikan dengan warna, ukuran, dan bentuk gigi yang cocok untuk memperoleh penampilan yang alami.

Setelah gigi palsu permanen penuh selesai dibuat, mereka akan dipasang di mulut Anda. Dokter gigi akan memeriksa dan menyesuaikan gigi palsu untuk memastikan kenyamanan, penampilan yang baik, dan oklusi yang tepat (pertemuan gigi atas dan bawah saat mengunyah).

Keuntungan dari gigi palsu permanen penuh adalah bahwa mereka memberikan estetika yang lebih baik, membantu memulihkan fungsi gigi, seperti kemampuan mengunyah dan berbicara, dan mendukung struktur wajah untuk menghindari tampilan yang cekung karena kehilangan gigi. Gigi palsu permanen penuh juga tidak perlu dilepas-pasang oleh pasien dan memberikan kepercayaan diri yang lebih tinggi.

 

Manfaat Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen menawarkan sejumlah manfaat yang signifikan, antara lain:

1. Keberlanjutan Fungsional

Dibandingkan dengan gigi palsu yang dilepas-pasang, gigi palsu permanen memberikan stabilitas dan keberlanjutan fungsional yang lebih baik saat makan dan berbicara.

2. Kemudahan Perawatan

Gigi palsu permanen tidak memerlukan perawatan khusus seperti gigi palsu konvensional. Anda dapat menjaga kebersihan gigi palsu permanen dengan rutin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan berkumur seperti gigi asli.

3. Penampilan yang Alami

Gigi palsu permanen dirancang untuk cocok dengan bentuk dan warna gigi asli Anda, memberikan penampilan yang alami dan meningkatkan kepercayaan diri.

 

Perawatan Gigi Palsu Permanen

Untuk menjaga keberhasilan gigi palsu permanen, perawatan yang tepat diperlukan, antara lain:

1. Menjaga Kebersihan

Sikat gigi palsu permanen dua kali sehari dengan sikat gigi lembut dan pasta gigi non-abrasif. Bersihkan juga area di sekitar implan dengan benang gigi atau peralatan pembersih interdental yang direkomendasikan.

2. Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Jadwalkan pemeriksaan rutin ke dokter gigi implan untuk memantau kondisi gigi palsu permanen Anda dan melakukan perawatan yang diperlukan.

Gigi palsu permanen adalah solusi modern yang nyaman dan tahan lama untuk menggantikan gigi yang hilang. Dalam prosedur ini, implan gigi tertanam secara permanen ke dalam rahang, memungkinkan pemasangan gigi palsu yang stabil dan fungsional. 

Dengan perawatan yang tepat, gigi palsu permanen dapat memberikan penampilan yang alami dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang gigi palsu permanen dan apakah ini adalah pilihan yang cocok untuk Anda.

 

Pasang Gigi Palsu Permanen Jadi lebih Hemat

Info selengkapnya mengenai promo

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP