fbpx

Pijat Tangan Bisa Mengatasi Sakit Gigi?

Bagikan :

“Wah kak! Aku liat di Yo*t*be katanya kalo kita pijat tangan kita sebelah sini bisa mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak loh! Kan kakak lagi sakit gigi nih.. yok kita coba! Daripada capek-capek ke dokter gigi kak!” 

Nah, saat ini banyak sekali informasi yang beredar di dunia maya mengenai cara-cara mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang tanpa harus ke dokter gigi. Salah satunya adalah pijat tangan. Nah sekarang kita bahas dahulu bagaimana sih asal usul sakit gigi akibat gigi berlubang itu? 

Gigi terbagi menjadi 3 bagian, bagian yang paling keras adalah email gigi, bagian tengah adalah dentin, dan bagian dalam adalah ruang yang berisi saraf gigi atau pulpa. Ketika gigi berlubang dan sudah mencapai pulpa, maka bakteri dapat masuk ke dalamnya. Bakteri tersebut menyerang sel-sel di ruang saraf gigi sehingga timbulah peradangan dan rasa sakit.

Saraf gigi yang terdampak tersebut merupakan cabang dari saraf trigeminal, yaitu saraf di kepala yang berhubungan langsung ke otak. Lantas, Ketika kita melakukan pemijatan di tangan, berarti yang dipijat adalah saraf yang berada di tangan.

Kemungkinan pemijatan tersebut bisa mengalihkan perhatian dari nyeri gigi yang saat itu dirasakan, namun bukan untuk mengatasi atau menyembuhkan sakit gigi tersebut, karena saraf yang dituju jauh sekali berbeda. Ketika tangan berhenti di pijat, otomatis sakit gigi akan dapat terasa kembali.

Maka dari itu, apa yang harus anda lakukan jika sakit gigi?

Mudah saja, kan bakteri penyebab sakit giginya ada di dalam gigi, berarti cara satu satunya agar gigi tersebut sembuh dan tidak sakit lagi adalah membersihkan gigi tersebut dengan perawatan saluran akar oleh dokter gigi!

Lubang giginya dibersihkan, kemudian ruang saraf giginya juga dibersihkan, diberikan obat, dan diisi serta ditambal agar gigi dapat digunakan untuk mengunyah kembali dan tidak sakit. Hal tersebut tentunya hanya dapat dilakukan oleh doktergigi.

Ditulis Oleh : drg. Thalita Audi

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP