fbpx

Kekurangan Fluoride Itu Buruk, Namun Apakah Kelebihan Baik?

Bagikan :

Kekurangan Fluoride harus diperhatikan dengan bijaksana sesuai panduan kesehatan gigi dan air minum yang aman. Fluoride merupakan zat yang sangat dibutuhkan gigi agar tetap kuat menghadapi bakteri penyebab gigi berlubang. Namun, penggunaan yang dianjurkan adalah secukupnya saja moms, tidak perlu berlebihan.

Kelebihan fluoride dapat menyebabkan Fluorosis, yang biasa terlihat sebagai bercak atau gambaran putih seperti kapur pada gigi. Kira-kira apasih penyebab tersering kelebihan konsumsi fluoride pada anak?

  1. Penggunaan fluoride melebihi batas yang dianjurkan, seperti anak yang menggunakan pasta gigi orang dewasa untuk menyikat gigi. Perlu diketahui bahwa kandungan fluoride pada pasta gigi dewasa dan anak berbeda. 
  2. Memberikan si adek suplemen fluoride melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter gigi
  3. Mengonsumsi suplemen fluoride diluar saran dokter, ketika kebutuhan fluoride sebenarnya sudah tercukupi melalui air minum dan pasta gigi.
  4. Memberikan si adek pasta gigi dalam jumlah yang banyak, saat sebagian besar dari pasta gigi tersebut malam tertelan oleh si adek.

Maka dari itu, anak dibawah usia 6 tahun harus disupervisi orang dewasa saat menyikat gigi, karena lebih besar resiko tertelan sisa pasta gigi pada anak di usia tersebut.

Suplemen fluoride tambahan sebaiknya dikonsumsi atas anjuran dokter gigi sesuai kondisi gigi dan mulut si adek. Jika memang si adek membutuhkan fluoride tambahan, maka dokter akan memberikan dosis dan saran terbaik agar si adek tetap sehat dan kuat!

Konsultasikan dengan dokter gigi atau profesional kesehatan untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan spesifik.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP