fbpx

Pilih Gigi Palsu Valplast atau Akrilik? Temukan Jawabannya di Sini!

Bagikan :

Pilih Gigi Palsu Valplast atau Akrilik? Temukan Jawabannya di Sini!

Terdapat banyak pilihan gigi palsu yang dapat Parents gunakan untuk sehari-hari. Mulai dari pilihan gigi palsu permanen maupun gigi palsu lepasan. Di antaranya adalah gigi palsu valplast dan gigi palsu akrilik. Kedua pilihan gigi palsu ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Parents masih bingung memilih gigi palsu yang cocok? Yuk temukan jawabannya di bawah ini!

Berbagai Pilihan Jenis Gigi Palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan merupakan gigi yang dibuat oleh dokter gigi untuk menggantikan gigi yang sudah hilang. Sehingga Parents yang memiliki masalah kehilangan gigi, dapat tetap mendapatkan fungsi seutuhnya dari gigi. Contohnya adalah untuk membantu proses mengunyah makanan ataupun saat berbicara dengan nyaman.

Terdapat berbagai pilihan jenis gigi palsu yang bisa Parents pilih, lho! Mulai dari gigi palsu permanen atau fixed prosthodontics, biasa ditemui pada kasus kondisi gigi yang sudah terlepas seluruhnya. Ada pula gigi palsu lepasan atau removable prosthodontics yang dapat dilepas pasang dengan mudah. Berikut merupakan perbandingan kedua pilihan gigi palsu agar Parents dapat memilih gigi palsu yang sesuai.

Gigi Palsu Permanen

Gigi Palsu Permanen
Contoh gigi palsu permanen

Jenis gigi palsu ini dibuat untuk menggantikan struktur gigi yang hilang, sesuai dengan namanya maka gigi palsu ini tidak dapat dilepas pasang dari rongga mulut. Biasanya kasus pemasangan gigi palsu permanen terjadi ketika seluruh gigi sudah terlepas namun tetap membutuhkan fungsi dari gigi tersebut. 

Biasanya pasien yang menggunakan gigi palsu permanen akan lebih nyaman ketika tengah beraktivitas. Tentunya gigi palsu ini tidak mudah goyang dan tidak ribet saat akan digunakan karena tidak perlu dilepas pasang. Di Indonesia, tersedia beberapa jenis gigi palsu permanen yang bisa Parents coba seperti halnya bridge, maupun crown.

Jika Parents tertarik untuk pasang gigi palsu permanen, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama cara merawat gigi palsu permanen agar tidak mudah rusak. Mulai dari rutin melakukan flossing gigi, mengurangi makan makanan yang bertekstur keras, dan tentunya rutin melakukan pemeriksaan gigi. Harga gigi palsu permanen mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000 per giginya. Dilihat dari kompleksitas maupun bahan yang digunakan.

Gigi Palsu Lepasan

Gigi Palsu Lepasan
Contoh gigi palsu lepasan

Berbanding terbalik dengan gigi palsu permanen, gigi palsu lepasan dapat dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan Parents. Tak ayal hal ini menjadikan gigi palsu lepasan menjadi opsi favorit masyarakat. Gigi palsu lepasan sendiri lebih sering dijumpai pada kasus hilangnya sebagian gigi.

Perawatan gigi palsu lepasan ini terbilang mudah. Parents bisa melepaskannya sebelum tidur lalu merendam gigi palsu dan menggosoknya di pagi hari sebelum digunakan kembali. Rutin membersihkan gigi palsu lepasan pun sangat dianjurkan agar tidak tercium bau kurang sedap. Lebih dari itu untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal agar tidak menjadi bakteri dan menyebabkan infeksi.

Dari segi harga, gigi palsu lepasan tergolong lebih ekonomis jika dibandingkan dengan gigi palsu permanen. Harganya berkisar dari Rp500.000 sampai Rp3.000.000 setiap set pemasangannya. Tergantung kepada berapa banyak jumlah gigi yang memerlukan gigi palsu dan bahan pembuatannya.

Gigi palsu lepasan sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih lho, Parents. Jenis paling populer adalah gigi palsu valplast dan akrilik. Kenali perbedaannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih gigi palsu ya, Parents!

Gigi Palsu Valplast VS Akrilik, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan paling mencolok dari kedua gigi palsu ini adalah bahan pembuatannya. Gigi palsu valplast terbuat dari bahan nilon plastik yang terasa lentur ketika digunakan. Sementara gigi palsu akrilik terbuat dari bahan akrilik yang lebih keras. 

Jika dilihat dari segi kenyamanan, gigi palsu valplast menjadi juaranya. Karena didesain lebih tipis dibandingkan gigi palsu akrilik, selain itu gigi palsu valplast tidak menggunakan kawat yang terasa mengganggu saat sedang tersenyum. Namun harga sepadan dengan kualitas yang ditawarkan nih, Parents. 

Lantas, gigi palsu jenis apa yang harus dipilih oleh Parents? Semua kembali kepada berapa banyak budget yang akan dikeluarkan. Tak hanya itu, Parents pasti perlu untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter gigi agar tidak salah memilih gigi palsu. Apabila Parents bingung menentukan gigi palsu terbaik, percayakan pada MHDC Group untuk permasalahan gigi. Silakan klik tautan ini untuk reservasi gigi palsu lepasan favorit Parents, ya!

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP