Sebelum Pasang Gigi Palsu, Ini yang Harus Kamu Tahu

Bagikan :

Pasang gigi palsu

Gigi tiruan atau gigi palsu (denture) merupakan salah satu solusi paling efektif untuk menggantikan gigi asli yang telah hilang. Selain meningkatkan kepercayaan diri dan estetika, gigi palsu juga berfungsi untuk mengembalikan kemampuan mengunyah dan berbicara secara normal. Gigi palsu dibagi menjadi dua jenis, yaitu gigi palsu lepasan (removable denture) dan gigi palsu permanen (fixed denture). Gigi palsu lepasan terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu gigi palsu sebagian lepasan dan gigi palsu lengkap. Sebelum pasang gigi palsu, pastikan kamu sudah membaca artikel ini sampai selesai.

Mau Pasang Gigi Palsu? Ini yang Harus Kamu Tahu

jenis gigi palsu

Menggunakan gigi palsu merupakan salah satu keputusan yang besar. Kebanyakan orang khawatir akan proses pemasangan serta kehidupan mereka setelah memakai gigi palsu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memasang gigi palsu. Beberapa hal diantaranya yaitu:

Gigi palsu harus rajin dibersihkan setiap hari

Pastikan gigi palsu disikat dua kali sehari dengan pasta khusus pembersih gigi palsu atau dengan sabun lalu bilas di air mengalir untuk menghilangkan sisa plak dan sisa makanan. Hindari menyikat dengan pasta gigi karena akan merusak gigi palsu.

Gigi palsu tidak tersedia dalam satu ukuran yang sama

pasang gigi palsu

Gigi palsu yang baik akan dibuat dengan bahan berkualitas sehingga nyaman digunakan dan akan disesuaikan dengan senyum penggunanya. Gigi palsu mungkin tidak langsung terasa nyaman, butuh beberapa waktu untuk penyesuain sehingga gigi palsu dapat terasa seperti gigi asli.

Gigi palsu disesuaikan dan diperbaiki seiring waktu berjalan

Gigi palsu tidak bertahan selamanya, setelah pemakaian beberapa tahun perlu untuk dilakukan evaluasi. Rahang dan ridge gigi akan berubah seiring waktu sehingga dapat meninggalkan celah antara gigi palsu dan gusi yang akan menjadi tempat bakteri dan sisa makanan bertumpuk, sehingga dapat mengakibatkan infeksi. Gigi palsu yang tidak pas juga dapat bergesekan dengan gusi sehingga menimbulkan luka. Oleh karena itu, perlu penyesuaian berkala agar gigi palsu tetap terasa nyaman.

Penggunaan gigi palsu tidak menggantikan kunjungan ke dokter gigi

Bahkan setelah pasang gigi palsu, kunjungan ke dokter gigi masih perlu dilakukan secara teratur untuk memastikan bahwa tidak terjadi peradangan gusi karena jaringan gusi alami di bawahnya rentan terhadap bakteri dan infeksi.

Prosedur Pasang Gigi Palsu

proses pemasangan gigi palsu

Pemasangan gigi palsu memerlukan empat sampai lima janji pertemuan dengan dokter gigi, selama tiga hingga enam minggu. Namun hal ini berbeda setiap orang, bisa kurang ataupun lebih pertemuan. Berikut merupakan langkah-langkah pemasangan gigi palsu:6

Pencabutan gigi

Pencabutan gigi

Pada pertemuan pertama, dokter gigi akan melakukan foto radiograf paronamik untuk menilai kondisi gigi dan rahang sehingga dapat menentukan rencana perawatan untuk pembuatan gigi palsu. Prosedur pencabutan gigi mungkin dilakukan jika terdapat gigi berlubang besar yang sudah tidak bisa ditambal dan sisa akar.

Immediate dentures

Setelah dilakukan pencabutan gigi, pasien dapat meminta kepada dokter gigi untuk dibuatkan gigi palsu sementara yang dapat segera dipakai sampai gigi palsu yang asli selesai dibuat.

Pencetakan gigi

Dilakukan pencetakan gigi dan jaringan lunak sekitarnya untuk mendapatkan gigi palsu yang “pas” dan sesuai.

Lempeng dan galangan gigit (bite casts)

Setelah didapatkan cetakan gigi pasien, akan dibuat basis gigi palsu sementara yang diatasnya akan dilekatkan galangan gigit dari wax untuk mencatat hubungan antar-rahang dan menyusun gigi geligi. Pada tahap ini, pasien juga diminta untuk memilih bentuk dan warna gigi yang sesuai.

Model lilin (wax models)

Gigi geligi seluruhnya telah ditanam dalam model lilin dan dilakukan percobaan pemasangan dalam rongga mulut pasien (try-in), lalu dievaluasi apakah gigi palsu sudah sesuai dari segi estetika dan fungsional.

Pemasangan gigi palsu

Gigi palsu yang sudah selesai dipasang, pasien akan diberi petunjuk oleh dokter gigi tentang cara pemasangan dan perawatannya.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pasang gigi palsu, serta prosedur pemasangannya. Apabila masih ada yang kurang jelas silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi anda di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat yaa. Terima kasih semoga bermanfaat.

Pasang gigi palsu gratis konsultasi

 

Daftarkan e-mail Anda untuk berlangganan newsletter dan mendapatkan informasi terbaru dari MHDC GROUP

© Copyright 2023 MHDC GROUP

Instagram MHDC GROUP