fbpx

Follow Us :

Overview

Impaksi gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga di bagian belakang mulut yang tidak memiliki cukup ruang untuk muncul atau berkembang secara normal.

Gigi bungsu adalah gigi dewasa terakhir yang masuk ke dalam mulut (erupsi). Kebanyakan orang memiliki empat gigi bungsu di bagian belakang mulut – dua di atas, dua di bawah.

Gigi bungsu yang impaksi dapat mengakibatkan rasa sakit, kerusakan pada gigi lain dan masalah gigi lainnya. Dalam beberapa kasus, gigi bungsu yang mungkin tidak menyebabkan masalah yang nyata yang terlihat jelas. Tetapi karena sulit dibersihkan, mereka mungkin lebih rentan terhadap kerusakan gigi dan penyakit gusi daripada gigi lainnya.

Gigi bungsu impaksi yang menyebabkan rasa sakit atau komplikasi gigi lainnya biasanya dicabut. Beberapa dokter gigi dan ahli bedah mulut juga merekomendasikan pencabutan gigi bungsu yang tidak menimbulkan gejala untuk mencegah masalah di masa depan.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Gigi bungsu (geraham ketiga) menjadi impaksi karena tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh (erupsi) atau berkembang secara normal.

Gigi bungsu biasanya muncul antara usia 17 dan 25 tahun. Beberapa orang memiliki gigi bungsu yang muncul tanpa masalah dan berbaris dengan gigi lain di belakang geraham kedua. Namun, dalam banyak kasus, mulut terlalu sempit untuk gigi geraham ketiga berkembang secara normal. Geraham ketiga yang berjejal ini menjadi terperangkap.

Gigi bungsu yang impaksi mungkin muncul sebagian sehingga sebagian mahkota terlihat (impaksi sebagian), atau mungkin tidak pernah menembus gusi sama sekali (impaksi penuh). Baik impaksi sebagian atau seluruhnya, gigi dapat:

  • Tumbuh pada sudut ke arah gigi berikutnya (geraham kedua)
  • Tumbuh pada sudut ke arah belakang mulut
  • Tumbuh pada sudut kanan ke gigi lainnya, seolah-olah gigi bungsu "berbaring" di dalam tulang rahang
  • Tumbuh lurus ke atas atau ke bawah seperti gigi lain tetapi tetap terperangkap di dalam tulang rahang

Gejala

Gigi bungsu yang impaksi tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, ketika gigi bungsu yang impaksi terinfeksi, merusak gigi lain, atau menyebabkan masalah gigi lainnya, Anda mungkin mengalami beberapa tanda atau gejala berikut:

  • Gusi merah atau bengkak
  • Gusi lunak atau berdarah
  • Sakit rahang
  • Bengkak di sekitar rahang
  • Bau mulut
  • Rasa tidak enak di mulut Anda
  • Kesulitan untuk membuka mulut

 

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter gigi Anda jika Anda mengalami gejala di area di belakang gigi geraham terakhir Anda yang mungkin terkait dengan gigi bungsu yang impaksi.

Perawatan

Jika gigi bungsu Anda yang impaksi sulit dirawat atau jika Anda memiliki kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko pembedahan, dokter gigi Anda kemungkinan akan meminta Anda menemui ahli bedah mulut untuk mendiskusikan tindakan terbaik.

Komplikasi

Gigi bungsu yang impaksi dapat menyebabkan beberapa masalah pada mulut:

  • Kerusakan pada gigi lainnya. Jika gigi bungsu menekan gigi geraham kedua, hal itu dapat merusak gigi geraham kedua atau meningkatkan risiko infeksi di daerah tersebut. Tekanan ini juga dapat menyebabkan masalah dengan berjejalnya gigi lain atau memerlukan perawatan ortodontik untuk meluruskan gigi lainnya.
  • Kista. Gigi bungsu berkembang dalam kantung di dalam tulang rahang. Kantung tersebut dapat terisi dengan cairan, membentuk kista yang dapat merusak tulang rahang, gigi, dan saraf. Kasus yang jarang terjadi, tumor – biasanya non-kanker (jinak) – berkembang. Komplikasi ini mungkin memerlukan pengangkatan jaringan dan tulang.
  • Membusuk. Gigi bungsu yang impaksi sebagian tampaknya berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan gigi (karies) dibandingkan gigi lainnya. Ini mungkin terjadi karena gigi bungsu lebih sulit dibersihkan dan karena makanan dan bakteri mudah terperangkap di antara gusi dan gigi yang erupsi sebagian.
  • Penyakit gusi. Kesulitan membersihkan gigi bungsu yang impaksi dan erupsi sebagian meningkatkan risiko mengembangkan kondisi gusi inflamasi yang menyakitkan yang disebut perikoronitis di daerah tersebut.
Pencegahan

Anda tidak dapat mencegah terjadinya impaksi, tetapi menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi setiap enam bulan sekali secara teratur untuk pembersihan dan pemeriksaan memungkinkan dokter gigi Anda memantau pertumbuhan dan kemunculan gigi bungsu Anda. Sinar-X gigi yang diperbarui secara teratur dapat menunjukkan gigi bungsu yang impaksi sebelum adanya gejala yang berkembang.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP