fbpx
Overview

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut Anda tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan whiteheads (komedo putih), komedo hitam atau jerawat. Jerawat adalah permasalahan paling umum di kalangan remaja, meskipun itu dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Jerawat disebabkan ketika lubang kecil di kulit, yang dikenal sebagai folikel rambut, tersumbat.

Kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak adalah kelenjar kecil yang ditemukan di dekat permukaan kulit Anda. Kelenjar yang melekat pada folikel rambut, yang merupakan lubang kecil di kulit Anda yang tumbuh dari rambut individu.

Kelenjar sebaceous memiliki tugas untuk melumasi rambut dan kulit agar tidak terjadi pengeringan. Kelenjar tersebut melakukan pelumasan dengan memproduksi zat berminyak yang disebut sebum.

Pada jerawat, kelenjar mulai memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum berlebih yang bercampur dengan sel kulit mati dan kedua zat tersebut membentuk sumbatan di folikel.

Jika folikel yang tersumbat dekat dengan permukaan kulit, ia akan menonjol keluar, menciptakan whitehead (komedo putih). Atau, folikel yang tersumbat dapat terbuka ke kulit, menciptakan komedo.

Biasanya, bakteri-bakteri yang tidak berbahaya dan hidup di kulit dapat mencemari dan menginfeksi folikel yang tersumbat, menyebabkan papula, pustula, nodul atau kista.

Gejala

Jerawat paling sering berkembang pada:

  1. Wajah : jerawat di wajah terjadi hampir pada semua orang dengan jerawat
  2. Punggung : jerawat di punggung terjadi pada lebih dari setengah orang dengan jerawat
  3. Dada : jerawat di dada terjadi pada sekitar 15% orang dengan jerawat

 

Kapan harus ke dokter?

Jika pengobatan perawatan diri tidak dapat menghilangkan jerawat Anda, temui dokter Anda. Doker Anda dapat meresepkan obat yang lebih kuat. Jika jerawat Anda berlanjut atau parah, Anda mungkin ingin mencari perawatan medis dari dokter spesialis kulit (dokter kulit atau dokter kulit anak).

Bagi banyak wanita, jerawat dapat bertahan selama beberapa dekade, dan biasanya muncul dalam waktu seminggu sebelum menstruasi. Jerawat jenis ini cenderung hilang tanpa pengobatan pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi.

Pada orang dewasa yang lebih tua, timbulnya jerawat parah secara tiba-tiba dapat menandakan penyakit mendasar yang memerlukan perhatian medis.

Tetapi, beberapa losion jerawat, pembersih, dan produk kulit lain yang populer tanpa resep dapat menyebabkan reaksi serius pada wajah. Jenis reaksi ini cukup langka, jadi jangan bingung dengan kemerahan, iritasi, atau gatal yang terjadi di area tempat Anda menggunakan obat atau produk.

Cari bantuan medis darurat jika setelah menggunakan produk kulit Anda mengalami:

  • Pingsan
  • Sulit bernafas
  • Pembengkakan mata, wajah, bibir atau lidah
  • Sesak tenggorokan
Perawatan

Perawatan

Perawatan untuk jerawat tergantung pada seberapa parahnya. Biasanya diperlukan beberapa bulan pengobatan sebelum gejala jerawat membaik.

Jika Anda hanya memiliki beberapa komedo, whiteheads (komedo putih) dan bintik-bintik, seorang apoteker seharusnya mampu memberi tahu Anda tentang cara mengobatinya  dengan gel atau krim yang dijual bebas (perawatan topikal) yang mengandung benzoil peroksida.

Komplikasi

Bekas jerawat terkadang dapat berkembang sebagai komplikasi dari jerawat. Semua jenis bintik jerawat dapat menyebabkan bekas jerawat, tetapi lebih sering terjadi ketika jenis bintik yang paling serius (nodul dan kista) pecah dan merusak kulit di sekitarnya.

Bekas jerawat juga dapat terjadi jika Anda memencet bintik-bintik jerawat Anda, jadi Anda tidak diperbolehkan untuk melakukannya.

Ada 3 jenis utama bekas jerawat:

  • Bekas luka pemecah es : lubang kecil dan dalam di permukaan kulit Anda yang terlihat seperti kulit telah ditusuk dengan benda tajam.
  • Bekas luka bergulir : disebabkan oleh jaringan parut yang terbentuk di bawah kulit, membuat permukaan kulit tampak bergulung dan tidak rata.
  • Bekas luka boxcar : cekungan bulat atau oval, atau lubang di kulit.
Pencegahan

Pencegahan jerawat sulit jika hal tersebut terjadi selama perubahan hormonal. Tetapi beberapa hal dapat membantu:

  • Cuci wajah Anda setiap hari dengan air hangat dan sabun pembersih wajah.
  • Rutin menggunakan pelembab.
  • Anda tidak harus berhenti menggunakan riasan, tetapi cobalah untuk menggunakan produk "non-komedogenik" dan menghapus riasan pada setiap penghujung hari.
  • Jauhkan tangan Anda dari wajah Anda.
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP