fbpx
Overview

Demensia tubuh Lewy juga dikenal sebagai demensia dengan tubuh Lewy. Penyakit ini adalah jenis demensia progresif kedua yang paling umum setelah penyakit Alzheimer. Deposit protein, yang disebut badan Lewy, berkembang di sel-sel saraf di daerah otak yang terlibat dalam pemikiran, memori, dan kontrol motorik.

Demensia tubuh Lewy menyebabkan penurunan progresif dalam kemampuan mental. Orang yang mengalami demensia tubuh Lewy mungkin memiliki halusinasi visual serta perubahan kewaspadaan dan perhatian. Efek lain dari penyakit ini termasuk tanda dan gejala penyakit Parkinson seperti otot kaku, gerakan lambat, kesulitan berjalan, dan tremor.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Demensia tubuh Lewy ditandai dengan penumpukan protein yang abnormal sehingga menjadi massa yang dikenal sebagai badan Lewy. Protein ini juga dikaitkan dengan penyakit Parkinson. Orang yang memiliki tubuh Lewy di otak mereka biasanya juga memiliki plak dan kusut yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

Gejala

Tanda dan gejala demensia tubuh Lewy meliputi:

  • Halusinasi penglihatan. Halusinasi (melihat hal-hal yang tidak ada) mungkin salah satu gejala awal dan sering kambuh. Orang dengan demensia tubuh Lewy mungkin berhalusinasi bentuk, hewan, atau orang. Halusinasi suara (pendengaran), penciuman (penciuman) atau sentuhan (taktil) juga mungkin terjadi.
  • Gangguan gerak. Tanda-tanda penyakit Parkinson (tanda-tanda parkinson), seperti gerakan melambat, otot kaku, tremor, atau berjalan terseok-seok dapat terjadi. Hal ini dapat menyebabkan penderita mudah jatuh.
  • Regulasi fungsi tubuh yang buruk (sistem saraf otonom). Tekanan darah, denyut nadi, keringat, dan proses pencernaan diatur oleh bagian sistem saraf yang sering terkena demensia tubuh Lewy. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba saat berdiri (hipotensi ortostatik), pusing, jatuh, kehilangan kontrol terhadap kandung kemih (inkontinensia urin), dan masalah usus seperti sembelit.
  • Masalah kognitif. Anda mungkin memiliki masalah berpikir (kognitif) yang mirip dengan penyakit Alzheimer, seperti kebingungan, perhatian yang buruk, masalah visual-spasial, dan kehilangan memori.
  • Kesulitan tidur. Anda mungkin memiliki gangguan perilaku tidur seperti gerakan mata cepat yang dapat menyebabkan Anda secara fisik mewujudkan mimpi Anda saat Anda sedang tidur. Ini mungkin melibatkan perilaku seperti meninju, menendang, berteriak dan menjerit saat tidur.
  • Perhatian yang berfluktuasi. Episode kantuk, lama menatap ke luar angkasa, tidur siang yang lama di siang hari, atau tata cara berbicara yang tidak teratur mungkin terjadi.
  • Depresi. Anda mungkin mengalami depresi.
  • Apati. Anda mungkin kehilangan motivasi.
Perawatan
Komplikasi

Demensia tubuh Lewy bersifat progresif. Tanda dan gejala yang teru memburuk menyebabkan:

  • Demensia parah
  • Perilaku agresif
  • Depresi
  • Peningkatan risiko terjatuh dan cedera
  • Memburuknya tanda dan gejala parkinson, seperti tremor
  • Kematian, rata-rata sekitar tujuh sampai delapan tahun setelah gejala mulai
Pencegahan

Tidak ada obat untuk menyembuhkan demensia tubuh Lewy tetapi banyak gejalanya dapat membaik dengan perawatan yang ditargetkan.

Obat-obatan

  • Inhibitor kolinesterase. Obat penyakit Alzheimer ini, seperti rivastigmine (Exelon), donepezil (Aricept) dan galantamine (Razadyne), bekerja dengan meningkatkan kadar pembawa pesan kimia di otak (neurotransmitter) yang penting untuk memori, pemikiran, dan penilaian. Hal ini dapat membantu penderita untuk meningkatkan kewaspadaan dan kognisi, dan mungkin mengurangi halusinasi serta masalah perilaku lainnya.

Kemungkinan efek samping dari penggunaan obat tersebut termasuk gangguan gastrointestinal, kram otot, dan sering buang air kecil. Ini juga dapat meningkatkan risiko aritmia jantung tertentu.

Pada beberapa orang dengan demensia sedang atau berat, antagonis reseptor N-methyl-d-aspartate (NMDA) yang disebut memantine (Namenda) dapat ditambahkan ke inhibitor cholinesterase.

  • Obat penyakit parkinson. Obat-obatan ini, seperti carbidopa-levodopa (Sinemet, Rytary, Duopa) dapat membantu mengurangi tanda dan gejala parkinson, seperti otot kaku dan gerakan lambat. Namun, obat-obatan ini juga dapat meningkatkan kebingungan, halusinasi, dan delusi sebagai efek samping.
  • Obat untuk mengobati gejala lain. Dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk mengobati tanda dan gejala lain yang terkait dengan demensia tubuh Lewy, seperti masalah tidur atau gerakan.
    Obat-obatan tertentu dapat memperburuk memori sebagai bagian dari efek samping. Cobalah untuk menghindari alat bantu tidur yang dijual bebas yang mengandung diphenhydramine (Advil PM, Aleve PM) dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati urgensi kemih seperti oxybutynin (Ditropan XL).

Batasi juga obat penenang dan tablet tidur, dan bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah ada obat yang Anda konsumsi dapat memperburuk ingatan Anda.

Obat antipsikotik dapat menyebabkan kebingungan parah, parkinsonisme parah, sedasi, dan terkadang kematian. Antipsikotik generasi kedua tertentu, seperti quetiapine (Seroquel) atau clozapine (Clozaril, Versacloz) mungkin diresepkan untuk waktu yang singkat dengan dosis rendah dalam keadaan sangat jarang. Tetapi, hanya jika manfaatnya dari peresepan tersebut lebih besar daripada risikonya.

Terapi

Karena obat antipsikotik dapat memperburuk gejala demensia tubuh Lewy, mungkin akan membantu untuk mencoba pendekatan yang bukan obat terlebih dahulu, seperti:

  • Menoleransi perilaku. Beberapa orang dengan demensia tubuh Lewy tidak merasa tertekan oleh halusinasi. Dalam kasus ini, efek samping obat terkadang lebih buruk daripada halusinasi itu sendiri.
  • Memodifikasi lingkungan. Mengurangi kekacauan dan kebisingan dapat mempermudah seseorang dengan demensia untuk berfungsi. Tanggapan pengasuh terkadang memperburuk perilaku. Hindari mengoreksi dan menanyai seseorang yang menderita demensia. Tawarkan kepastian dan validasi atas kekhawatirannya.
  • Membuat rutinitas harian dan menjaga tugas tetap sederhana. Bagi tugas menjadi langkah-langkah yang lebih mudah dan fokus pada keberhasilan, bukan kegagalan. Struktur dan rutinitas di siang hari bisa jadi tidak terlalu membingungkan.
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP