fbpx
Overview

Raynaud’s Disease atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Penyakit Raynaud menyebabkan beberapa area tubuh Anda — seperti jari tangan dan kaki — terasa mati rasa dan dingin. Hal tersebut sebagai respons terhadap suhu dingin atau stres. Pada penyakit Raynaud, arteri yang lebih kecil yang memasok darah ke kulit Anda menjadi sempit, membatasi aliran darah ke daerah yang terkena (vasospasme).

Wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk memiliki penyakit Raynaud. Tampaknya penyakit ini lebih umum diderita oleh orang yang tinggal di iklim dingin.

Pengobatan Raynaud’s Disease tergantung pada tingkat keparahannya dan apakah Anda memiliki kondisi kesehatan lain. Bagi kebanyakan orang, penyakit Raynaud tidak melumpuhkan, tetapi dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Dokter tidak sepenuhnya memahami penyebab penyakit Raynaud, tetapi dimungkinkan penyebabnya adalah pembuluh darah di tangan dan kaki yang bereaksi berlebihan terhadap suhu dingin atau stres.

Pembuluh darah dalam kejang

Karena penyakit Raynaud, arteri ke jari tangan dan kaki Anda menjadi sempit dan secara singkat membatasi suplai darah saat terkena dingin atau stres. Seiring waktu, arteri kecil ini bisa sedikit menebal, semakin membatasi aliran darah.

Suhu dingin kemungkinan besar akan memicu penyakit ini. Paparan dingin, seperti memasukkan tangan ke dalam air dingin, mengambil sesuatu dari freezer atau berada di udara dingin, adalah pemicu yang paling mungkin. Bagi sebagian orang, stres emosional juga dapat memicu penyakit ini.

Raynaud primer vs. sekunder

Ada dua jenis utama dari kondisi tersebut.

  • Raynaud primer

bentuk paling umum ini bukanlah akibat dari kondisi medis terkait. Ini bisa sangat ringan sehingga banyak orang dengan Raynaud primer tidak mencari pengobatan karena bisa teratasi dengan sendirinya.

  • Raynaud sekunder

Bentuk ini disebabkan oleh masalah mendasar. Meskipun Raynaud sekunder kurang umum daripada bentuk primer, itu cenderung lebih serius.

Tanda dan gejala Raynaud sekunder biasanya muncul sekitar usia 40 tahun, lebih lambat daripada Raynaud primer.

Penyebab Raynaud sekunder meliputi:

  • Penyakit jaringan ikat.Kebanyakan orang yang memiliki penyakit langka yang menyebabkan pengerasan dan jaringan parut pada kulit (scleroderma) memiliki penyakit Raynaud. Penyakit lain yang meningkatkan risiko Raynaud termasuk lupus, rheumatoid arthritis dan sindrom Sjogren.
  • Penyakit arteri. Gejalanya termasuk penumpukan plak di pembuluh darah yang memberi makan jantung, gangguan di mana pembuluh darah tangan dan kaki menjadi meradang, dan jenis tekanan darah tinggi yang mempengaruhi arteri paru-paru.
  • Carpal Tunnel Syndrome. Kondisi ini melibatkan tekanan pada saraf utama di tangan Anda, menghasilkan mati rasa dan nyeri di tangan yang dapat membuat tangan lebih rentan terhadap suhu dingin.
  • Tindakan atau getaran yang berulang. Mengetik, bermain piano atau melakukan gerakan serupa dalam waktu lama dan mengoperasikan alat getar, seperti jackhammers, dapat menyebabkan cedera berlebihan.
    Merokok. Merokok menyempitkan pembuluh darah.
  • Cedera pada tangan atau kaki. Contohnya termasuk patah tulang pergelangan tangan, operasi atau radang dingin.
  • Obat-obatan tertentu. Ini termasuk beta blocker untuk tekanan darah tinggi, obat migrain yang mengandung ergotamine dan sumatriptan, obat ADHD, kemoterapi tertentu, dan obat-obatan yang menyebabkan pembuluh darah menyempit, seperti beberapa obat flu yang dijual bebas.

Gejala

Tanda dan gejala penyakit Raynaud meliputi:

  • Jari tangan atau kaki dingin
  • Perubahan warna pada kulit Anda sebagai respons terhadap dingin atau stres
  • Mati rasa, rasa berduri atau rasa sakit yang menyengat saat menghangatkan atau menghilangkan stres

Selama serangan Raynaud, area kulit yang terkena biasanya pertama kali menjadi putih. Kemudian, area kulit menjadi sering membiru, lalu merasa dingin dan kemudian mati rasa. Saat Anda hangat dan sirkulasi darah Anda membaik, area yang terkena penyakit Raynaud mungkin berubah menjadi merah, berdenyut, tergelitik atau membengkak.

Meskipun Penyakit Raynaud paling sering mempengaruhi jari tangan dan kaki Anda, itu juga dapat mempengaruhi area lain dari tubuh Anda, seperti hidung, bibir, telinga, dan bahkan puting. Setelah Anda melakukan pemanasan, kembalinya aliran darah normal ke area tersebut dapat memakan waktu 15 menit.

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter segera jika Anda memiliki riwayat penyakit Raynaud yang parah dan mengalami luka atau infeksi di salah satu jari tangan atau kaki Anda yang terkena.

Perawatan

Berpakaian mengenakan sarung tangan atau kaus kaki tebal biasanya efektif untuk mengatasi gejala ringan Raynaud. Obat-obatan tersedia untuk mengobati bentuk kondisi yang lebih parah. Tujuan pengobatan adalah untuk:

  • Mengurangi jumlah dan tingkat keparahan serangan
  • Mencegah kerusakan jaringan
  • Mengobati penyakit atau kondisi yang mendasarinya

Obat-obatan

Tergantung pada penyebab gejala Anda, obat-obatan mungkin membantu. Untuk memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, dokter Anda mungkin akan meresepkan:

  • Penghambat saluran kalsium. Obat ini mengendurkan dan membuka pembuluh darah kecil di tangan dan kaki Anda, mengurangi tingkat keparahan dan jumlah serangan pada kebanyakan orang dengan penyakit Raynaud. Obat ini juga dapat membantu menyembuhkan borok kulit pada jari tangan atau kaki. Contohnya termasuk nifedipine (Adalat CC, Procardia), amlodipine (Norvasc), felodipine, dan isradipine.
  • Vasodilator. Obat-obatan ini, yang mengendurkan pembuluh darah, termasuk krim nitrogliserin (Nitro-Dur) yang dioleskan ke pangkal jari Anda untuk membantu menyembuhkan bisul kulit. Vasodilator lain termasuk obat tekanan darah tinggi losartan (Cozaar), obat disfungsi ereksi sildenafil (Viagra, Revatio), antidepresan fluoxetine (Prozac, Sarafem) dan kelas obat yang disebut prostaglandin.

Operasi dan prosedur medis

Jika Anda menderita Raynaud yang parah, dokter akan merekomendasikan pembedahan atau suntikan.

  • Operasi saraf

Saraf simpatis di tangan dan kaki Anda mengontrol pembukaan dan penyempitan pembuluh darah di kulit Anda. Memotong saraf ini akan mengurangi respons berlebihan dari saraf tersebut.

Melalui sayatan kecil di tangan atau kaki yang terkena, dokter menyayat saraf kecil ini di sekitar pembuluh darah. Operasi ini, jika berhasil, dapat menyebabkan gejala penyakit Raynaud yang lebih sedikit.

  • Injeksi kimia

Dokter dapat menyuntikkan bahan kimia seperti anestesi lokal atau onabotulinumtoxinA (Botox) untuk memblokir saraf simpatik di tangan atau kaki yang terkena. Anda mungkin perlu mengulangi prosedur jika gejala kembali atau menetap.

Komplikasi

Jika Raynaud sekunder bersifat parah - yang jarang terjadi -, berkurangnya aliran darah ke jari tangan atau kaki Anda dapat menyebabkan kerusakan jaringan.

Arteri yang benar-benar tersumbat dapat menyebabkan luka (ulkus kulit) atau jaringan mati, yang keduanya sulit diobati. Kasus ekstrim yang tidak diobati mungkin memerlukan pengangkatan bagian tubuh Anda yang terkena.

Pencegahan

Untuk membantu mencegah penyakit Raynaud:

  • Gunakan Pakaian dobel di luar ruangan. Saat cuaca dingin, kenakan topi, syal, kaus kaki dan sepatu bot, serta dua lapis sarung tangan atau sarung tangan sebelum Anda pergi ke luar. Kenakan mantel dengan manset yang pas untuk menutupi sarung tangan atau sarung tangan Anda, untuk mencegah udara dingin mencapai tangan Anda.
  • Gunakan juga penghangat tangan berbahan kimia. Kenakan penutup telinga dan masker wajah jika ujung hidung dan daun telinga Anda sensitif terhadap dingin.
  • Hangatkan mobil Anda. Jalankan pemanas mobil Anda selama beberapa menit sebelum mengemudi dalam cuaca dingin.
  • Lakukan tindakan pencegahan di dalam ruangan. Saat mengeluarkan makanan dari lemari es atau freezer, kenakan sarung tangan, sarung tangan, atau sarung tangan oven. Beberapa orang merasa terbantu untuk memakai sarung tangan dan kaus kaki ke tempat tidur selama musim dingin.
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP