fbpx

Follow Us :

Overview

Wilms’ Tumor atau Tumor Wilms adalah kanker ginjal langka yang menyerang anak-anak. Penyakit ini yang juga dikenal sebagai nephroblastoma ini , merupakan kanker ginjal yang paling umum diderita oleh anak-anak. Penyakit ini paling sering menyerang anak-anak usia 3 hingga 4 tahun dan menjadi jauh lebih jarang setelah usia 5 tahun.

Kanker ini paling sering terjadi hanya pada satu ginjal, meskipun kadang-kadang dapat ditemukan di kedua ginjal secara bersamaan.

Selama bertahun-tahun, kemajuan dalam diagnosis dan pengobatan telah sangat meningkatkan prospek (prognosis) kemungkinan kehidupan untuk anak-anak dengan penyakit ini. Dengan pengobatan yang tepat, kemungkinan hidup anak dengan tumor Wilms sangat mungkin terjadi.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Sampai saat ini masih belum jelas apa yang menyebabkan tumor Wilms. Tetapi, dalam kasus yang jarang terjadi, faktor genetik mungkin berperan.

Kanker dimulai ketika sel mengembangkan kesalahan dalam DNA mereka. Kesalahan memungkinkan sel-sel tumbuh, membelah tak terkendali, dan terus hidup ketika sel-sel lain akan mati. Sel-sel yang terakumulasi membentuk tumor. Pada tumor Wilms, proses ini terjadi pada sel-sel ginjal.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kesalahan dalam DNA yang menyebabkan tumor Wilms diturunkan dari orang tua ke anak. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada hubungan yang diketahui antara orang tua dan anak-anak yang dapat menyebabkan kanker.

 

Gejala

Tanda dan gejala tumor Wilms sangat bervariasi, dan beberapa anak tidak menunjukkan tanda yang jelas. Tetapi kebanyakan anak-anak dengan tumor Wilms mengalami satu atau lebih dari tanda berupa:

  • Massa perut yang bisa dirasakan
  • Pembengkakan perut
  • Sakit perut

Tanda dan gejala lain mungkin termasuk:

  • Demam
  • Darah dalam urin
  • Mual atau muntah atau keduanya
  • Sembelit
  • Kehilangan selera makan
  • Sesak napas
  • Tekanan darah tinggi

Kapan harus ke dokter?

Buat janji dengan dokter anak jika Anda melihat tanda atau gejala yang mengkhawatirkan Anda. Tumor Wilms jarang terjadi, jadi kemungkinan besar ada hal lain yang menyebabkan gejala. Tetapi, penting untuk memeriksa segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Perawatan

Pengobatan untuk tumor Wilms biasanya melibatkan pembedahan, kemoterapi, dan terkadang terapi radiasi. Perawatan dapat bervariasi berdasarkan stadium kanker. Karena jenis kanker ini jarang terjadi, dokter anak mungkin menyarankan agar Anda mencari pengobatan di pusat kanker anak-anak yang berpengalaman menangani jenis kanker ini.

Pembedahan untuk mengangkat seluruh atau sebagian ginjal

Pengobatan untuk tumor Wilms dapat dimulai dengan pembedahan untuk mengangkat seluruh atau sebagian dari ginjal (nefrektomi). Pembedahan juga digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosis - yakni jaringan yang diangkat selama operasi dikirim ke laboratorium untuk menentukan apakah itu kanker dan jenis kanker apa yang ada di tumor.

Pembedahan untuk tumor Wilms mungkin termasuk:

  • Menghapus bagian dari ginjal yang terkena. Nefrektomi parsial melibatkan pengangkatan tumor dan sebagian kecil jaringan ginjal di sekitarnya. Nefrektomi parsial dapat menjadi pilihan jika kankernya sangat kecil atau jika anak Anda hanya memiliki satu ginjal yang berfungsi.
  • Menghapus ginjal yang terkena dan jaringan di sekitarnya. Dalam nefrektomi radikal, dokter mengangkat ginjal dan jaringan di sekitarnya, termasuk bagian dari ureter dan terkadang kelenjar adrenal. Kelenjar getah bening di dekatnya juga diangkat. Ginjal yang tersisa dapat meningkatkan kapasitasnya dan mengambil alih tugas menyaring darah.
  • Menghapus semua atau sebagian dari kedua ginjal. Jika kanker mempengaruhi kedua ginjal, ahli bedah mengangkat kanker sebanyak mungkin dari kedua ginjal. Dalam sejumlah kecil kasus, ini mungkin berarti membuang kedua ginjal. Anak Anda kemudian memerlukan dialisis ginjal. Jika transplantasi ginjal adalah pilihan, anak Anda tidak lagi membutuhkan dialisis.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat kuat untuk membunuh sel kanker di seluruh tubuh. Pengobatan untuk tumor Wilms biasanya melibatkan kombinasi obat, yang diberikan melalui pembuluh darah, yang bekerja sama untuk membunuh sel kanker.

Efek samping apa yang mungkin dialami anak Anda akan tergantung pada obat mana yang digunakan. Efek samping yang umum termasuk mual, muntah, kehilangan nafsu makan, rambut rontok dan risiko infeksi yang lebih tinggi. Tanyakan kepada dokter efek samping apa yang mungkin terjadi selama perawatan, dan apakah ada potensi komplikasi jangka panjang.

Kemoterapi dapat digunakan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor dan membuatnya lebih mudah untuk diangkat. Ini dapat digunakan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang mungkin tersisa di dalam tubuh. Kemoterapi juga dapat menjadi pilihan untuk anak-anak yang kankernya terlalu lanjut untuk diangkat sepenuhnya dengan operasi.

Untuk anak-anak yang menderita kanker di kedua ginjal, kemoterapi diberikan sebelum operasi. Ini mungkin membuat ahli bedah lebih mungkin menyelamatkan setidaknya satu ginjal untuk menjaga fungsi ginjal.

Terapi radiasi

Tergantung pada stadium tumor, terapi radiasi mungkin direkomendasikan. Terapi radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker.

Selama terapi radiasi, anak Anda diposisikan dengan hati-hati di atas meja dan mesin besar bergerak di sekitar anak Anda, dengan tepat mengarahkan sinar energi ke kanker. Kemungkinan efek samping termasuk mual, diare, kelelahan, dan iritasi kulit seperti terbakar sinar matahari.

Terapi radiasi dapat digunakan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tidak diangkat selama operasi. Ini juga bisa menjadi pilihan untuk mengendalikan kanker yang telah menyebar ke area lain dari tubuh, tergantung di mana kanker telah menyebar.

Komplikasi
Pencegahan

Tumor Wilms tidak dapat dicegah dengan apa pun yang Anda atau anak Anda dapat lakukan.

Jika anak Anda memiliki faktor risiko tumor Wilms (seperti sindrom terkait yang diketahui), dokter mungkin merekomendasikan USG ginjal secara berkala untuk mencari kelainan ginjal. Meskipun tidak dapat mencegah tumor Wilms, pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi penyakit pada tahap awal.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP