fbpx
Overview

Yellow Fever atau Demam kuning adalah infeksi virus yang disebarkan oleh jenis nyamuk tertentu. Infeksi ini paling umum di daerah Afrika dan Amerika Selatan. Penyakit ini bisa diderita oleh pelancong dan penduduk daerah tersebut.

Dalam kasus ringan, Yellow Fever menyebabkan demam, sakit kepala, mual, dan muntah. Namun, jika sudah kronis, penyakit ini bisa juga menyebabkan masalah jantung, hati dan ginjal bersama dengan pendarahan. Hingga 50% orang dengan bentuk demam kuning yang lebih parah meninggal karena penyakit ini.

Tidak ada pengobatan khusus untuk demam kuning. Tetapi, mendapatkan vaksin demam kuning sebelum bepergian ke daerah yang diketahui ada virusnya, dapat melindungi Anda dari penyakit tersebut.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Demam kuning disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini berkembang biak di dalam dan di dekat tempat tinggal manusia, dimana mereka berkembang biak bahkan di air yang paling bersih sekalipun. Sebagian besar kasus demam kuning terjadi di sub-Sahara Afrika dan Amerika Selatan tropis.

Manusia dan monyet paling sering terinfeksi virus demam kuning. Nyamuk menularkan virus secara bolak-balik antara monyet, manusia, atau keduanya.

Ketika nyamuk menggigit manusia atau monyet yang terinfeksi demam kuning, virus memasuki aliran darah nyamuk dan beredar. Kemudian, virus menetap di kelenjar ludah. Ketika nyamuk yang terinfeksi menggigit monyet atau manusia lain, virus kemudian memasuki aliran darah inang, di mana ia dapat menyebabkan penyakit.

 

Gejala

Selama 3 hingga 6 hari pertama setelah Anda mengalami demam kuning, yang disebut masa inkubasi,  Anda tidak akan mengalami tanda atau gejala apa pun. Setelah masa ini, infeksi memasuki fase akut. Kemudian, dalam beberapa kasus, virus akan memasuki fase toksik yang dapat mengancam jiwa.

Fase akut

Setelah infeksi memasuki fase akut, Anda mungkin mengalami tanda dan gejala termasuk:
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot, terutama di punggung dan lutut
  • Kepekaan terhadap cahaya
  • Mual, muntah atau keduanya
  • Kehilangan selera makan
  • Pusing
  • Mata merah, wajah atau lidah

Tanda dan gejala ini biasanya membaik dan hilang dalam beberapa hari.

Fase beracun

Meskipun tanda dan gejala dapat hilang selama 1 atau 2 hari setelah fase akut, beberapa orang dengan demam kuning akut kemudian memasuki fase toksik. Selama fase toksik, tanda dan gejala akut dapat kambuh kembali dalam bentuk yang lebih parah dan mengancam jiwa. Gejalanya dapat mencakup:

  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)
  • Sakit perut dan muntah, terkadang berdarah
  • Buang air kecil berkurang
  • Pendarahan dari hidung, mulut dan mata
  • Detak jantung lambat
  • Gagal hati dan ginjal
  • Disfungsi otak, termasuk delirium, kejang dan koma

Fase toksik demam kuning bisa berakibat fatal.

Kapan harus ke dokter?

Sebelum bepergian

  • Empat minggu atau lebih sebelum perjalanan Anda, buatlah janji bertemu dengan dokter, jika Anda bepergian ke daerah di mana demam kuning diketahui terjadi. Jadi, Anda dapat mendiskusikan apakah Anda memerlukan vaksin demam kuning.
  • Jika Anda memiliki waktu kurang dari empat minggu untuk bersiap, hubungi dokter Anda. Idealnya, Anda akan dapat divaksinasi setidaknya tiga sampai empat minggu sebelum bepergian ke daerah di mana demam kuning terjadi untuk memberikan waktu vaksin untuk bekerja. Dokter akan membantu Anda menentukan apakah Anda memerlukan vaksinasi dan dapat memberikan panduan umum untuk melindungi kesehatan Anda saat berada di luar negeri.

Setelah perjalanan

  • Cari perawatan medis darurat, jika Anda baru saja bepergian ke daerah di mana demam kuning diketahui terjadi dan Anda mengalami tanda atau gejala fase toksik penyakit.
  • Hubungi dokter jika Anda mengalami gejala ringan, setelah bepergian ke daerah di mana demam kuning terjadi.

 

 

Perawatan

Tidak ada obat antivirus yang terbukti membantu dalam mengobati demam kuning. Akibatnya, pengobatan terutama terdiri dari perawatan suportif di rumah sakit. Ini termasuk menyediakan cairan dan oksigen, menjaga tekanan darah yang memadai, mengganti kehilangan darah, menyediakan dialisis untuk gagal ginjal, dan mengobati infeksi lain yang berkembang. Beberapa orang menerima transfusi plasma untuk menggantikan protein darah yang mengalami pembekuan.

Jika Anda menderita demam kuning, dokter kemungkinan akan menyarankan Anda untuk tetap berada di dalam rumah, jauh dari nyamuk, untuk menghindari penularan penyakit kepada orang lain. Setelah pulih dari demam kuning, Anda akan kebal terhadap penyakit ini selama sisa hidup Anda.

Komplikasi

Demam kuning menyebabkan kematian pada 20% hingga 50% dari mereka yang menderita penyakit parah. Komplikasi selama fase toksik dari infeksi demam kuning termasuk gagal ginjal dan hati, penyakit kuning, delirium, dan koma.

Orang yang selamat dari infeksi pulih secara bertahap selama beberapa minggu hingga bulan. Biasanya orang yang pulih tidak memiliki kerusakan organ yang signifikan. Selama fase ini, seseorang mungkin mengalami kelelahan dan penyakit kuning.

Komplikasi lain dapat berupa infeksi bakteri sekunder, seperti pneumonia atau infeksi darah.

Pencegahan

Vaksin

Ada vaksin yang sangat efektif untuk mencegah demam kuning. Demam kuning diketahui muncul di sub-Sahara Afrika dan sebagian Amerika Selatan. Jika Anda tinggal di salah satu daerah ini, bicarakan dengan dokter apakah Anda memerlukan vaksin demam kuning. Jika Anda berencana untuk bepergian di daerah-daerah ini, bicarakan dengan dokter setidaknya 10 hari, tetapi sebaiknya tiga hingga empat minggu, sebelum perjalanan Anda dimulai. Beberapa negara mengharuskan wisatawan untuk menunjukkan sertifikat imunisasi yang valid saat masuk.

Dosis tunggal vaksin demam kuning memberikan perlindungan setidaknya selama 10 tahun. Efek samping vaksin biasanya bersifat ringan, berlangsung 5 sampai 10 hari, dan mungkin termasuk sakit kepala, demam ringan, nyeri otot, kelelahan dan nyeri di bagian yang disuntik. Reaksi yang lebih signifikan - seperti mengembangkan sindrom yang mirip dengan demam kuning yang sebenarnya, radang otak atau kematian - dapat terjadi, paling sering pada bayi dan orang dewasa yang lebih tua. Vaksin ini dianggap paling aman bagi mereka yang berusia antara 9 bulan dan 60 tahun.

Bicaralah dengan dokter tentang apakah vaksin demam kuning tepat jika anak Anda berusia kurang dari 9 bulan, jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, jika Anda sedang hamil, atau jika Anda berusia lebih dari 60 tahun.

Perlindungan nyamuk

Selain mendapatkan vaksin, Anda dapat membantu melindungi diri dari demam kuning dengan melindungi diri dari nyamuk.

Untuk mengurangi paparan nyamuk:

  • Hindari aktivitas luar ruangan yang tidak perlu saat nyamuk paling aktif.
  • Kenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang saat Anda pergi ke daerah yang banyak nyamuk.
  • Tinggal di rumah ber-AC atau yang memiliki ventilasi yang baik.
  • Jika rumah Anda tidak memiliki tirai jendela atau AC yang bagus, gunakan kelambu. Semprotlah Kelambu dengan insektisida untuk memberikan perlindungan tambahan.

Untuk mengusir nyamuk dengan obat nyamuk, gunakan kedua cara berikut:

  • Non-skin repellent. Oleskan obat nyamuk yang mengandung permetrin pada pakaian, sepatu, perlengkapan berkemah, dan kelambu Anda. Selain itu, Anda juga dapat membeli beberapa pakaian dan perlengkapan yang sudah diolah dengan permetrin. Namun, perhatikan bahwa Permetrin tidak dimaksudkan untuk digunakan pada kulit Anda.
  • Skin repellent. Produk dengan bahan aktif DEET, IR3535, atau picaridin memberikan perlindungan kulit yang tahan lama. Pilih konsentrasi berdasarkan jam perlindungan yang Anda butuhkan. Secara umum, konsentrasi yang lebih tinggi bertahan lebih lama.

Ingatlah bahwa repellent bisa menjadi racun. Jadi, gunakan hanya dalam jumlah yang dibutuhkan saat Anda berada di luar ruangan. Jangan gunakan DEET di tangan anak kecil atau bayi di bawah usia 2 bulan. Sebagai gantinya, tutupi kereta dorong bayi Anda atau playpen dengan kelambu saat berada di luar.

Menurut the Centers for Disease Control and Prevention (CDC), minyak lemon eucalyptus, produk yang lebih alami, menawarkan perlindungan yang sama seperti DEET bila digunakan dalam konsentrasi yang sama. Tetapi produk ini tidak boleh digunakan pada anak-anak di bawah usia 3 tahun.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP