fbpx

Follow Us :

Overview

Yips adalah kejang pergelangan tangan yang tidak disengaja yang paling sering terjadi ketika pegolf mencoba melakukan gerakan putt. Namun, penyakit ini juga dapat memengaruhi orang yang bermain olahraga lain — seperti kriket, dart, dan baseball.

Pernah dianggap bahwa yips selalu dikaitkan dengan kecemasan kinerja. Namun, sekarang tampaknya beberapa orang mengalami gangguan ini karena kondisi neurologis yang mempengaruhi otot tertentu (dystonia fokal).

Mengubah cara Anda melakukan tugas yang terpengaruh dapat membantu Anda menemukan kelegaan dari yips. Misalnya, pegolf kidal mungkin mencoba menempatkan tangan kiri.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Pada beberapa orang, yips adalah jenis distonia fokal, suatu kondisi yang menyebabkan kontraksi otot yang tidak disengaja selama tugas tertentu. Ini kemungkinan besar terkait dengan penggunaan otot tertentu secara berlebihan, mirip dengan penyakit kram penulis. Kecemasan dapat memperburuk penyakit ini.

Beberapa atlet menjadi sangat cemas dan fokus pada diri sendiri — yakni terlalu banyak berpikir hingga mengalihkan perhatian — sehingga kemampuan mereka untuk mengeksekusi keterampilan, seperti gerakan putting, terganggu. "Choking" adalah bentuk ekstrem dari kecemasan kinerja yang dapat membahayakan permainan pegolf atau atlet mana pun.

 

Gejala

Gejala paling umum yang terkait dengan yips adalah sentakan otot yang tidak disengaja. Gejala lain dapat berupa tremor, kedutan, kejang atau kedinginan.

Perawatan

Karena yips disebabkan penggunaan otot tertentu secara berlebihan, perubahan teknik atau perubahan peralatan dapat membantu. Strategi untuk meringankan yips termasuk:

  • Ubah pegangan Anda. Teknik ini bekerja untuk banyak pegolf, karena mengubah otot yang Anda gunakan untuk melakukan pukulan putting.
  • Gunakan putter yang berbeda. Putter yang lebih panjang memungkinkan Anda melibatkan lebih banyak lengan atas dan bahu serta lebih sedikit menggunakan lengan bawah dan pergelangan tangan saat melakukan putter. Putter lainnya dirancang dengan pegangan khusus untuk membantu menstabilkan tangan dan pergelangan tangan.
  • Pelatihan keterampilan mental. Teknik seperti relaksasi, visualisasi, atau berpikir positif dapat membantu mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan meredakan rasa takut akan yips.
  • Injeksi botoks. Suntikan onabotulinumtoxinA (Botox) secara hati-hati ke dalam otot yang bekerja berlebihan dapat membantu membatasi kontraksi otot dan menenangkan yips.
Komplikasi
Pencegahan
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP