fbpx

Mengapa Dentin Terbuka Sebabkan Gigi Sensitif?

Bagikan :

apa itu dentin terbuka

Parents pernah mengalami gigi ngilu secara tiba-tiba dan terasa begitu menyakitkan? Hal ini bisa disebabkan oleh gigi yang sensitif, lho! Banyak yang mempertanyakan penyebab gigi sensitif, seperti halnya dentin gigi terbuka apakah dapat menyebabkan gigi sensitif. Mengapa dentin terbuka? Yuk kenalan dengan dentin gigi untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi gigi sensitif!

Enamel dan Dentin Gigi

Ketika membahas anatomi jaringan penyusun pada gigi, terdapat beberapa komponen yang wajib Parents kenali terlebih dahulu, di antaranya email dan dentin. Email atau enamel merupakan jaringan terluar gigi berwarna putih yang dapat Parents lihat dengan mata telanjang. Faktanya, email gigi merupakan jaringan paling keras yang terdapat di tubuh manusia. Sudah tahu kan email atau enamel gigi yang mana?

Kini saatnya kita berkenalan dengan dentin! Jika email gigi terlihat dengan jelas, maka dentin sebaliknya. Dentin ini posisinya tersembunyi, merupakan struktur jaringan yang berada tepat di bawah email gigi. Bentuknya berupa lubang-lubang kecil yang terhubung dengan saraf gigi. Mengapa dentin gigi terbuka menyebabkan gigi sensitif? Dentin gigi terbuka dapat mengirimkan sinyal nyeri yang kuat kepada saraf ketika berbenturan dengan makanan dengan tingkat keasaman tinggi atau suhu ekstrem.

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab gigi sensitif
Penyebab gigi sensitif karena dentin terbuka

Gigi sensitif merupakan salah satu permasalahan gigi yang lumrah terjadi. Melansir data yang dirilis oleh GlaxoSmithKline Consumer Healthcare (GSK) Indonesia, pada 2017 lalu terdapat setidaknya 33 persen masyarakat Indonesia yang mengalami permasalahan gigi sensitif. Lalu apa penyebabnya? Yuk kita bedah di sini, Parents!

Lapisan Dentin yang Terbuka

Ketika jaringan enamel rusak, kondisi ini dapat menyebabkan dentin gigi terbuka. Rangsangan dari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan masuk dan menerpa dentin. Tak hanya itu, makanan dan minuman dengan tingkat keasaman yang tinggi maupun mengandung kafein dapat melukai dentin. Gigi pun akan terasa nyeri dan ngilu tajam yang cukup mengganggu.

Resesi Gusi

Parents pernah mendengar istilah resesi gusi? Kondisi ini merupakan salah satu penyebab utama gigi sensitif. Yakni ketika gusi mengalami penurunan atau menyusut. Ketika hal ini terjadi, akar gigi akan terekspos dan membuat gigi lebih rentan mendapatkan rangsangan nyeri yang hebat. 

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Parents beranggapan bahwa menyikat gigi secara keras dan agresif dapat mengangkat kotoran pada gigi lebih baik dibandingkan menyikat gigi biasa? Anggapan tersebut tidak dibenarkan, lho. Menyikat gigi dengan tenaga yang terlalu keras atau agresif justru dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan dentin gigi terbuka. Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut, ya!

Sebetulnya masih banyak penyebab dari gigi sensitif yang sadar atau tidak pernah Parents lakukan sehari-hari. Agar terhindar dari gigi sensitif, Parents bisa cari tahu berbagai penyebab dari gigi sensitif di sini!

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Cara mengatasi gigi sensitif
Cara mengatasi gigi sensitif karena dentin terbuka

Ketika Parents sudah mengalami kondisi gigi sensitif, terdapat beberapa hal yang dapat Parents lakukan untuk meminimalisir rasa ngilu yang datang terus menerus dan mengganggu aktivitas. Berikut cara mengatasi gigi sensitif:

Lakukan Perawatan Mandiri

Jika belum memiliki waktu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi, Parents bisa melakukan perawatan mandiri sederhana di rumah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan pada gigi sensitif. Mulai dari membatasi konsumsi makanan dan minuman dengan suhu yang terlalu ekstrem, memiliki tingkat keasaman tinggi, terdapat kandungan gula yang tinggi dan mengandung kafein.

Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Agar nyeri relatif berkurang, Parents perlu memperhatikan sikat gigi dan pasta gigi yang digunakan. Pilihlah sikat gigi yang berbulu halus agar tidak melukai enamel gigi. Perhatikan juga pasta giginya, gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif atau gigi berlubang yang mengandung fluoride agar lubang gigi tidak semakin terbuka.

Konsultasikan dengan Dokter Gigi Terpercaya

Jangan salah langkah untuk mengatasi permasalahan gigi sensitif. Ketika nyeri terasa berkepanjangan dan sangat mengganggu, Parents harus segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengobati gigi dari akar permasalahannya. Pastikan Parents berkonsultasi dengan dokter terpercaya agar tindakan yang dilakukan sesuai.

Kini Parents sudah mengetahui kondisi permasalahan pada gigi sensitif. Ketika berencana untuk melakukan tindakan memperbaiki gigi sensitif, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter gigi terpercaya. Tentunya agar masalah pada gigi dapat sembuh secara menyeluruh tanpa adanya permasalahan lain yang timbul di kemudian hari!

Instagram MHDC GROUP