fbpx

Follow Us :

Khawatir Ada Benjolan di Gusi si Kecil? Cari Tahu di Sini!

Bagikan :

Khawatir Ada Benjolan di Gusi Si Kecil?

Parents, benjolan gusi atau abses gigi umumnya adalah tanda dari infeksi yang ada di mulut anak. Kondisi ini menunjukkan adanya kantung berisi nanah yang tumbuh pada gusi dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit pada anak. Namun, penting untuk tetap tenang dan memahami apa yang mungkin terjadi dan bagaimana cara menanganinya. Yuk, Parents kenali dan ketahui cara mengobatinya!

Penyebab Benjolan Pada Gusi Anak

  • Abses Periapikal

Pertumbuhan gigi merupakan salah satu penyebab yang paling sering membuat gusi anak ada benjolan. Penyebab yang satu ini membuat gusi anak ada benjolan pada bagian tertentu saja, tepatnya di bagian yang akan tumbuh gigi.

  • Gusi Tumbuh Daging

Anak-anak harus diajarkan menyikat gigi secara rutin sejak dini supaya tidak mengalami masalah gigi dan gusi. Bakteri yang menumpuk pada gigi dapat menimbulkan plak sehingga gusi iritasi dan bengkak.

  • Polip Gusi

Polip adalah pertumbuhan jaringan yang menonjol di atas permukaan gusi. Polip gusi biasanya jinak dan tidak berbahaya, tetapi bisa menyebabkan ketidaknyamanan atau masalah jika tidak diobati.

  • Gingivitis (radang gusi)

Lapisan lengket yang terbentuk di permukaan gigi. Dan jika tidak dihilangkan dengan sikat gigi yang benar, dapat menyebabkan radang gusi. Penyakit ini dapat membuat gusi anak bengkak, memerah, bahkan berdarah. Abses gigi merupakan gangguan kesehatan gusi ini terjadi akibat infeksi bakteri di sekitar gigi. Salah satu gejala khasnya adalah gusi anak ada benjolan berisi nanah.

Bahaya Polip Gigi Pada Anak

Bahaya Polip Gigi pada Anak
Bahaya Polip Gigi pada Anak

Tapi perlu Parents ketahui juga bahaya polip gigi, kondisi ini dikenal juga sebagai pulpitis hiperplastik kronis, yakni peradangan pada pulpa gigi yang menyebabkan perkembangan jaringan.

Kemunculan polip pulpa seringnya disebabkan oleh peradangan yang terjadi akibat infeksi atau iritasi pada pulpa gigi yang berlubang.

Tanda-tanda polip pulpa biasanya bisa dikenali dengan memperhatikan kondisi gigi secara teratur, seperti berikut:

  • Perdarahan di gusi dan gigi yang terkena
  • Adanya lubang pada gigi yang semakin membesar
  • Gigi lebih sensitif, mengganggu saat mengunyah

Cara Mengatasi Benjolan Gusi Pada Anak

Cara Mengatasi Benjolan Gigi pada Anak
Cara Mengatasi Benjolan Gigi pada Anak

Ini adalah cara mengobati gusi bengkak pada anak yang bisa parents terapkan.

  •  Batasi Makanan Minim Nutrisi

Hindari makanan dan minuman yang kurang bergizi dan merusak gigi, seperti yang manis dan bertepung. Jika anak mengkonsumsinya, segera ajak dia menyikat gigi.

  • Rutin Menyikat Gigi

Selain menyikat gigi dua kali sehari, pastikan penggunaan pasta gigi dan teknik menyikatnya benar agar kebersihan gigi maksimal. Pilih pasta gigi yang efektif mengusir bakteri namun tetap aman untuk anak. Sikat gigi juga jangan terlalu kasar ya, Parents. Dan jadikan momen menyikat gigi jadi lebih happy.

  • Konsultasikan dengan Dokter Gigi Terpercaya

Jika anak rewel karena adanya gusi bengkak atau benjolan, Parents bisa bawa si Kecil ke dokter gigi untuk diperiksa. Namun selain itu, pemeriksaan gigi secara rutin setahun dua kali juga perlu dilakukan walaupun anak tidak memiliki keluhan apa-apa.

Artikel Lainnya
Promo Lainnya
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP