fbpx

Follow Us :

Gigi Ngilu Berkepanjangan? Atasi dengan Cara Ini

Bagikan :

Penyebab Gigi Ngilu

Parents, pernah merasa gigi cekat cekit secara tiba-tiba atau setelah mengkonsumsi makanan tertentu? Kondisi tersebut biasa dikenal dengan gigi ngilu. Ketika gigi ngilu terjadi berkepanjangan, pastinya Parents merasa sangat terganggu dan butuh tindakan lebih lanjut dari dokter agar ngilunya hilang. Yuk cari tahu penyebab gigi ngilu berkepanjangan dan cara mengatasinya!

Kenapa Gigi Ngilu?

Gigi ngilu biasa terjadi karena adanya pengikisan lapisan enamel gigi, lapisan enamel ini berfungsi untuk melindungi bagian bawah gigi. Sehingga rasa ngilu yang terasa cekat cekit tersebut merupakan respon saraf gigi terhadap berbagai rangsangan yang didapat. Gigi ngilu dapat terjadi secara tiba-tiba maupun berkepanjangan. Rasa ngilu secara tiba-tiba dapat terjadi karena beberapa rangsangan yang didapatkan gigi. 

Penyebab Gigi Ngilu Tiba-Tiba

Penyebab Gigi Ngilu Tiba-Tiba
Penyebab Gigi Ngilu Tiba-Tiba

Terdapat banyak penyebab gigi ngilu yang datang secara tiba-tiba, penyebab utama yang paling sering terjadi adalah karena gigi sensitif maupun gigi berlubang. Enamel gigi menipis dan kuman yang mengakibatkan gigi berlubang membuat lapisan gigi menjadi mudah peka terhadap berbagai rangsangan. Hal ini diperparah dengan adanya berbagai penyebab lain lho, Parents!

Mengkonsumsi Rasa Asam

Makanan maupun minuman yang terlalu asam dapat menimbulkan reaksi ngilu terutama pada gigi yang sensitif atau berlubang. Ketika senyawa asam mengenai area dentin yang terbuka maka akan merangsang saraf di dalam gigi dan menyebabkan rasa ngilu berkepanjangan. Contohnya ketika Parents mengkonsumsi buah-buahan dengan rasa asam seperti jeruk maupun strawberry.

Mengkonsumsi Rasa Manis

Selain asam, rasa manis pun dapat menimbulkan reaksi ngilu pada gigi yang sensitif dan berlubang. Kandungan gula yang terlalu banyak dapat menjadi sumber energi bagi bakteri untuk semakin berkembang. Tentunya hal ini akan memperparah kondisi gigi yang sudah rusak, Parents.

Perhatikan Suhu Makanan

Suhu makanan dapat berpengaruh juga lho, Parents. Ketika makanan dan minuman yang dikonsumsi terlalu panas atau terlalu dingin, suhu pada makanan tersebut dapat mengikis email gigi sehingga akar gigi langsung terpapar dari reaksi suhu ekstrim tersebut. Sebaiknya Parents dengan gigi sensitif maupun berlubang menghindari konsumsi makanan atau minuman dengan suhu terlalu panas atau dingin ya.

Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan

Namun jika gigi ngilu berlangsung terus menerus, maka Parents harus berhati-hati. Selain mengganggu, gigi ngilu berkepanjangan dapat menandakan adanya kerusakan gigi yang cukup parah. Sehingga Parents membutuhkan tindakan lebih lanjut dari dokter. Yuk kenali penyebab gigi ngilu berkepanjangan!

Penumpukan Plak

Sadar atau tidak, penumpukan plak jangka panjang dapat membuat gigi terasa ngilu terus menerus. Semakin lama plak menumpuk, maka semakin banyak pula enamel yang terkikis. Jika plak tidak segera dibersihkan, bisa membuat gigi menjadi keropos dan menimbulkan rasa nyeri lainnya.

Gangguan Gusi

Terdapat berbagai kebiasaan yang bisa menimbulkan gangguan pada gusi lho, Parents. Mulai dari kesalahan menyikat gigi yang terlalu keras dan menyebabkan gusi berdarah hingga konsumsi alkohol dan merokok secara rutin. Jika kebiasaan buruk ini terus menerus dilakukan, gangguan pada gusi bukanlah isapan jempol belaka. Gangguan ini akan menyebabkan gusi dan gigi ngilu berkelanjutan.

Retaknya Gigi

Mengunyah makanan dengan tekstur terlalu keras dapat menimbulkan keretakan pada gigi. Selain itu, kondisi retaknya gigi dapat ditemukan juga pada kondisi terbentur benda keras atau terjatuh. Meskipun hanya terdapat sedikit retakan, namun gigi akan terasa sangat ngilu secara terus menerus.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Cara Mengatasi Gigi Ngilu
Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Gigi ngilu memang sulit untuk dihindari, terutama jika terasa secara tiba-tiba. Namun jika Parents sudah mengalami rasa nyeri pada gigi, Parents bisa melakukan beberapa cara menghilangkan gigi ngilu berikut!

Gunakan Pasta Gigi Khusus

Ketika gigi terasa ngilu, gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Biasanya pasta gigi tersebut dilengkapi dengan kandungan potasium nitrat yang baik untuk gigi sensitif. Hal ini karena pasta gigi khusus gigi sensitif dapat mengurangi rangsangan yang menyebabkan gigi ngilu, dan melindungi gigi lebih baik. 

Kompres Dingin untuk Gigi

Dibandingkan mengompres gigi dengan kompres hangat, akan lebih efektif menggunakan kompres dingin. Gunakan air es atau es batu yang dibalut dengan kain bersih secara berkala ketika rasa ngilu timbul. Cara ini disinyalir menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit.

Parents juga bisa menggunakan deretan obat herbal berikut untuk meredakan rasa sakit!

Konsultasi dengan Dokter

Jika rasa ngilu terus menerus timbul, Parents sangat disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Agar penanganan tidak salah langkah, konsultasi dengan dokter dapat menentukan tindakan apa yang akan Parents lakukan. Sehingga gigi ngilu dapat sembuh dengan cepat.

Artikel Lainnya
Promo Lainnya
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP