fbpx

Cara Mengatasi Gigi Ngilu: Penyebab, Tips, dan Perawatannya!

Bagikan :

cara mengatasi gigi ngilu

Gigi ngilu adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Rasa ngilu pada gigi dapat sangat tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Ketika gigi ngilu, Anda mungkin merasakan sensasi nyeri tajam atau sensasi rasa dingin atau panas yang berlebihan. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang penyebab gigi ngilu, memberikan tips untuk mengatasi kondisi ini, dan menyoroti perawatan yang mungkin diperlukan.

Penyebab Gigi Ngilu

1. Gigi Berlubang

Salah satu penyebab paling umum dari gigi ngilu adalah gigi berlubang atau karies gigi. Karies gigi dapat menyebabkan penipisan enamel gigi, lapisan pelindung yang melindungi bagian sensitif gigi. Jika lapisan enamel terkikis, lapisan yang lebih dalam seperti dentin dan pulpa gigi dapat terpapar, menyebabkan sensasi ngilu.

2. Gigi Retak

Gigi yang retak dapat mengakibatkan ngilu, terutama ketika Anda mengunyah makanan atau menggigit sesuatu. Retakan pada gigi dapat memungkinkan masuknya bakteri dan iritasi pada jaringan sensitif di dalam gigi, menyebabkan ngilu.

3. Penyakit Gusi

Penyakit gusi, seperti gingivitis atau periodontitis, dapat menyebabkan gigi ngilu. Penyakit gusi menyebabkan peradangan dan kerusakan pada jaringan pendukung gigi. Ketika jaringan gusi mengalami kerusakan, akar gigi dapat terpapar dan menyebabkan rasa ngilu.

4. Sensitivitas Gigi

Sensitivitas gigi adalah kondisi di mana gigi menjadi sangat sensitif terhadap rangsangan seperti makanan atau minuman panas, dingin, manis, atau asam. Sensitivitas gigi dapat terjadi ketika lapisan email yang melindungi bagian sensitif gigi mengalami kerusakan atau aus.

5. Pengikisan Gigi

Pengikisan gigi dapat terjadi akibat menggosok gigi dengan terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu-bulu yang terlalu keras. Pengikisan gigi dapat menghilangkan lapisan enamel yang melindungi gigi, mengakibatkan rasa ngilu.

 

Tips Mengatasi Gigi Ngilu

1. Gunakan Pasta Gigi Khusus Untuk Sensitivitas Gigi

Pilih pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini mengandung bahan seperti potassium nitrat atau strontium chloride yang membantu mengurangi sensitivitas gigi. Gunakan pasta gigi ini secara teratur untuk membantu meredakan rasa ngilu.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat membantu mengurangi rasa ngilu. Cobalah mengonsumsi makanan dan minuman dengan suhu sedang dan biarkan mereka mencapai suhu ruangan sebelum Anda mengonsumsinya.

3. Gunakan Sikat Gigi dengan Bulu-bulu Lembut

Sikat gigi dengan bulu-bulu lembut akan lebih lembut pada gigi dan gusi Anda, mengurangi risiko iritasi. Hindari menggunakan sikat gigi dengan bulu-bulu yang terlalu keras atau menyikat gigi dengan terlalu keras, karena hal ini dapat menyebabkan pengikisan gigi.

4. Gunakan Benang Gigi dengan Lembut

Saat menggunakan benang gigi, gunakan gerakan yang lembut dan hindari menggosok terlalu keras di sekitar gigi. Jika gigi Anda sensitif, Anda juga dapat menggunakan benang gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif.

5. Gunakan Obat Kumur dengan Kandungan Fluorida

Obat kumur yang mengandung fluoride dapat membantu memperkuat enamel gigi dan mengurangi sensitivitas gigi. Berkumurlah dengan obat kumur setelah menyikat gigi atau setelah makan untuk membantu mengurangi rasa ngilu.

6. Hindari Makanan Asam

Makanan asam dapat merusak lapisan enamel gigi dan meningkatkan sensitivitas gigi. Hindari atau batasi konsumsi makanan asam seperti jeruk, tomat, dan minuman bersoda.

7. Gunakan Pelindung Gigi

Jika Anda merasa gigi Anda rentan terhadap ngilu saat berolahraga atau beraktivitas tertentu, gunakan pelindung gigi. Pelindung gigi dapat membantu melindungi gigi Anda dari dampak dan mengurangi risiko ngilu.

8. Minum Air Putih Secara Teratur

Air putih adalah sumber hidrasi yang penting dan membantu menjaga kesehatan gigi. Minumlah air putih secara teratur untuk membantu menjaga kelembaban gigi dan mengurangi risiko sensitivitas gigi.

9. Konsultasikan dengan Dokter Gigi atau Ortodontis

Jika gigi ngilu terus berlanjut atau menjadi lebih parah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau ortodontis Anda. Mereka dapat mengevaluasi kondisi gigi Anda dan memberikan perawatan yang diperlukan, seperti tambalan gigi, perawatan akar, atau perawatan gusi.

Perawatan Tambahan

Jika gigi ngilu disebabkan oleh kondisi yang lebih serius seperti gigi berlubang yang dalam atau penyakit gusi yang parah, mungkin perlu dilakukan perawatan tambahan. Beberapa perawatan yang mungkin direkomendasikan oleh dokter gigi atau ortodontis meliputi:

Tambalan Gigi

Jika gigi berlubang, dokter gigi mungkin akan menambal gigi Anda untuk mengisi rongga dan mencegah ngilu lebih lanjut.

Perawatan Saluran Akar

Jika gigi ngilu disebabkan oleh infeksi pada akar gigi, perawatan saluran akar mungkin diperlukan. Prosedur ini melibatkan pengangkatan jaringan yang terinfeksi dan membersihkan saluran akar gigi sebelum mengisi dan menutupnya.

Perawatan Gusi

Jika gigi ngilu disebabkan oleh penyakit gusi yang parah, perawatan periodontal mungkin diperlukan. Ini dapat mencakup scaling dan root planing untuk membersihkan dan meratakan akar gigi yang terkena.

Penting untuk diingat bahwa gigi ngilu tidak boleh diabaikan. Jika Anda mengalami rasa ngilu yang berkelanjutan atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter gigi atau ortodontis Anda. Mereka adalah ahli yang dapat membantu mendiagnosis dan merawat masalah gigi Anda dengan tepat.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP