fbpx

Plak Gigi: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya!

Bagikan :

plak gigi

Plak gigi adalah lapisan lengket yang terbentuk di sekitar gigi sebagai hasil dari penumpukan bakteri, sisa makanan, dan plak bakteri lainnya di mulut. Plak gigi merupakan masalah yang umum terjadi dan jika tidak diatasi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang penyebab plak gigi, dampaknya, serta memberikan tips tentang cara mengatasi dan mencegahnya.

Penyebab Plak Gigi

1. Bakteri Mulut

Mulut manusia secara alami memiliki berbagai jenis bakteri. Ketika kita mengonsumsi makanan, bakteri-bakteri ini akan mengurai sisa-sisa makanan dan menghasilkan asam. Asam tersebut akan bereaksi dengan gula dan karbohidrat dalam makanan, membentuk plak gigi.

2. Sisa Makanan yang Menempel

Sisa makanan yang menempel di antara gigi, pada permukaan gigi, atau di garis gusi adalah sumber utama pembentukan plak gigi. Jika sisa makanan ini tidak dibersihkan secara menyeluruh melalui menyikat gigi dan penggunaan benang gigi, mereka akan menjadi makanan bagi bakteri mulut dan memicu pertumbuhan plak.

3. Kurangnya Kebersihan Mulut

Ketika rutinitas kebersihan mulut, seperti menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, tidak dilakukan secara teratur dan efektif, plak gigi dapat dengan mudah terbentuk. Plak gigi biasanya terbentuk di area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, seperti di antara gigi dan di garis gusi.

Dampak Plak Gigi

Jika plak gigi tidak diatasi dengan baik, dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan gigi dan mulut yang serius, antara lain:

1. Karies Gigi

Plak gigi yang tidak dihilangkan secara teratur akan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan luar gigi, yaitu email. Jika plak terus menumpuk, asam akan menembus enamel dan menyebabkan karies gigi. Karies gigi yang tidak diobati dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan bahkan kehilangan gigi.

2. Penyakit Gusi

Plak gigi yang menumpuk di garis gusi dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada jaringan gusi, yang dikenal sebagai gingivitis. Gingivitis ditandai dengan gusi yang merah, bengkak, berdarah, dan sensitif. Jika tidak diobati, gingivitis dapat berkembang menjadi penyakit periodontal yang lebih serius, yang dapat merusak jaringan pendukung gigi dan menyebabkan kehilangan gigi.

3. Bau Mulut yang Tidak Sedap

Bakteri dalam plak gigi menghasilkan zat yang berbau tidak sedap ketika mereka mengurai sisa makanan. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap yang sulit diatasi hanya dengan menggunakan obat kumur atau permen karet.

4. Peradangan Mulut dan Infeksi

Plak gigi yang terus menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada jaringan mulut, seperti lidah dan pipi dalam. Ini dapat mengakibatkan rasa nyeri, luka, atau bahkan infeksi di mulut.

Cara Mengatasi Plak Gigi

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi plak gigi dan mencegahnya:

1. Menyikat Gigi dengan Teknik yang Benar

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan menggunakan teknik yang benar sangat penting untuk menghilangkan plak gigi. Pastikan Anda menyikat semua permukaan gigi dengan gerakan melingkar dan lembut. Jangan lupa membersihkan bagian belakang gigi terakhir dan lidah Anda.

2. Menggunakan Benang Gigi atau Sikat Gigi Interdental

Benang gigi atau sikat gigi interdental digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Gunakan benang gigi atau sikat gigi interdental secara teratur setelah menyikat gigi untuk menghilangkan plak gigi yang tersembunyi di antara gigi.

3. Gunakan Obat Kumur Antiseptik

Obat kumur antiseptik membantu membunuh bakteri penyebab plak gigi dan menyegarkan napas. Gunakan obat kumur setelah menyikat gigi dan menggunakan benang gigi untuk memberikan perlindungan tambahan dan mengurangi pembentukan plak gigi.

4. Perhatikan Pola Makan

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi risiko plak gigi. Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula dan karbohidrat. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, yang dapat membantu membersihkan gigi secara alami.

5. Rutin Mengunjungi Dokter Gigi

Berkunjung ke dokter gigi secara rutin adalah bagian penting dari menjaga kesehatan gigi dan mencegah plak gigi. Dokter gigi dapat melakukan pembersihan profesional untuk menghilangkan plak gigi yang membandel dan memberikan saran tentang perawatan gigi yang tepat.

6. Hindari Kebiasaan Merokok

Merokok dapat memperburuk kondisi mulut dan menyebabkan penumpukan plak gigi yang lebih parah. Hindari merokok dan mengonsumsi produk tembakau lainnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

7. Gunakan Produk Pembersih Mulut

Selain menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, ada berbagai produk pembersih mulut yang dapat membantu mengurangi plak gigi, seperti sikat gigi listrik atau irigasi oral (air flosser). Konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk mengetahui produk pembersih mulut yang sesuai untuk Anda.

Plak gigi adalah masalah umum yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Dengan menjaga kebersihan mulut yang baik, memperhatikan pola makan, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur, Anda dapat mengatasi plak gigi dan menjaga gigi dan gusi tetap sehat.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP