fbpx

Efek Makan Coklat Bagi Kesehatan Gigi Anak

Bagikan :

Penting bagi para orang tua untuk mengetahui tentang efek makan coklat bagi kesehatan gigi anak. Bagi anak-anak, cokelat merupakan cemilan yang memberikan efek bahagia saat dimakan. Rasanya yang manis dengan sedikit rasa pahit sangat mudah diterima dan disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Cokelat biasanya diolah menjadi dua jenis, cokelat hitam dan cokelat susu. Dari kedua jenis cokelat ini, cokelat hitam dinilai lebih sehat dan memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga mood tetap baik, meningkatkan fungsi otak, dan mencegah beragam penyakit kronis.

Meskipun memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mengonsumsi cokelat secara berlebihan tidaklah baik terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Menurut American Heart Association, anak atau remaja usia 2-18 tahun disarankan mengonsumsi tidak lebih dari 25 gram gula per hari. Namun, sebatang cokelat dapat mengandung hingga 48 gram gula dimana angka tersebut terbilang tinggi. Maka dari itu, penting untuk memantau kadar gula yang dikonsumsi oleh anak sehingga nantinya tidak muncul sejumlah masalah kesehatan misalnya seperti obesitas, sakit perut, dan gigi berlubang.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak!

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut anak. Kerusakan gigi pada anak-anak dapat dicegah dengan memulai perawatan gigi lebih awal. Beberapa kebiasaan dapat dilakukan orang tua untuk mencegah gigi berlubang dan menjaga gigi tetap sehat adalah:

Menggosok Gigi Sesudah Sarapan & Sebelum Tidur

Makanan manis yang menempel pada gigi dapat meningkatkan risiko gigi berlubang, Maka dari itu, penting untuk membersihkan gigi rutin 2 kali sehari di waktu yang tepat yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur. Bakteri berkembang sesaat setelah anak selesai makan karena tingkat keasaman pada mulut akan meningkat, yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Maka dari itu, anak dianjurkan untuk gosok gigi 30 menit setelah sarapan. Jangan lupa untuk membiasakan si kecil menggosok gigi sesaat sebelum tidur agar gigi bersih dan terlindungi sepanjang malam.

Batasi Konsumsi Makanan Manis

Makanan dan minuman manis adalah hal yang paling disukai anak-anak. Permen, es krim, keik, dan minuman manis tidak sebaiknya rutin dikonsumsi oleh anak. Makanan dan minuman manis membuat pembusukan pada gigi menjadi lebih cepat, sehingga gigi berlubang rentan terjadi. Di sinilah peran penting orang tua, yaitu untuk menyeleksi  asupan gula untuk  anak-anak

Kontrol Rutin ke Dokter Gigi Minimal Setiap 6 Bulan Sekali 

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh, kontrol ke dokter gigi sebaiknya dilakukan secara teratur setiap 6 bulan sekali. Sehingga, masalah gigi dan mulut anak bisa diatasi, selain itu pertumbuhan dan perkembangan gigi anak juga bisa dipantau oleh dokter gigi yang menangani.

Itulah pentingnya membatasi konsumsi gula dan makanan manis pada anak, Moms! Ingat ya moms sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, secukupnya saja. Apabila masih ada yang kurang jelas silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi anak anda di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat yaa. Terima kasih semoga bermanfaat.

dokter gigi anak terdekat

Ambil paket My First Dental Visit untuk memberikan pengalaman ke dokter gigi yang menyenangkan untuk anak!

Informasi selengkapnya tentang paket My First Dental Visit

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP