fbpx

Apa Itu Retainer Gigi? Fungsi, Jenis & Cara Perawatannya!

Bagikan :

retainer gigi

Setelah menjalani perawatan ortodonti yang berhasil, seperti pemakaian kawat gigi atau Invisalign, langkah selanjutnya adalah mempertahankan hasil yang telah dicapai. Di sinilah peran retainer gigi sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih dalam mengenai retainer gigi, jenis-jenisnya, manfaat, cara pemasangan, dan tips perawatan.

 

Apa Itu Retainer Gigi?

Retainer gigi adalah alat ortodonti yang digunakan untuk menjaga posisi gigi setelah penggunaan kawat gigi atau perawatan ortodonti lainnya. Fungsi utama retainer gigi adalah mencegah gigi kembali bergeser ke posisi semula sebelum perawatan ortodonti dilakukan.

 

Jenis-Jenis Retainer Gigi

Retainer Hawley

Retainer Hawley terbuat dari logam atau stainless steel dengan aksen plastik yang menutupi bagian langit-langit mulut. Bentuknya yang klasik membuatnya populer dan efektif untuk mempertahankan posisi gigi.

Retainer Clear Aligner

Retainer jenis ini terbuat dari bahan transparan yang nyaris tak terlihat ketika digunakan. Keuntungan utamanya adalah estetika, namun perlu perawatan yang cermat untuk menjaga kebersihannya.

Retainer Gigi Tetap

Retainer ini ditempatkan di balik gigi dan biasanya terbuat dari kawat logam yang ditempatkan di bagian belakang gigi. Keuntungan utamanya adalah tidak terlihat dari luar, tetapi perawatan yang lebih teliti diperlukan.

 

Fungsi Retainer Gigi

Fungsi utama retainer gigi adalah menjaga gigi tetap dalam posisi yang telah dirapikan oleh perawatan ortodonti. Setelah penggunaan kawat gigi, gigi memiliki kecenderungan untuk bergeser kembali ke posisi semula, dan inilah yang ingin dihindari oleh retainer.

 

Proses Pemasangan Retainer Gigi

Pemasangan retainer gigi biasanya dilakukan setelah perawatan ortodonti selesai. Dokter gigi akan membuat cetakan gigi Anda untuk membuat retainer yang sesuai. Retainer kemudian akan dipasang dan disesuaikan agar pas dengan gigi Anda.

 

Cara Merawat dan Membersihkan Retainer Gigi

Membersihkan retainer gigi adalah bagian penting dari perawatan. Bersihkan retainer setidaknya dua kali sehari dengan sikat gigi lembut dan air dingin. Hindari menggunakan air panas atau pasta gigi yang abrasif. Juga, pastikan Anda meletakkan retainer di tempat yang aman saat tidak digunakan.

 

Pentingnya Menggunakan Retainer Gigi Secara Teratur

Konsistensi dalam menggunakan retainer gigi sangat penting. Dokter gigi akan memberikan petunjuk berapa lama dan seberapa sering Anda harus memakai retainer. Mengabaikan penggunaan retainer bisa menyebabkan gigi kembali bergeser.

 

Mengatasi Masalah atau Ketidaknyamanan dengan Retainer Gigi

Jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau masalah saat menggunakan retainer gigi, segera konsultasikan kepada dokter gigi Anda. Jangan mencoba memperbaikinya sendiri, karena bisa mempengaruhi efektivitas retainer.

 

Konsultasi dengan Dokter Gigi

Sebelum memilih jenis retainer gigi yang tepat, konsultasikan dengan dokter gigi Anda. Dokter gigi akan membantu Anda memilih retainer yang sesuai dengan kebutuhan ortodonti dan kenyamanan Anda.

 

Kesimpulan

Retainer gigi adalah alat penting dalam menjaga hasil perawatan ortodonti. Dengan penggunaan yang konsisten, retainer gigi membantu mencegah pergeseran gigi kembali ke posisi semula. Dalam rangka menjaga kesehatan gigi dan hasil perawatan ortodonti Anda, pastikan Anda mengikuti panduan perawatan dan konsultasi dengan dokter gigi secara teratur.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP