fbpx

Apa Itu Karies Gigi? Penyebab dan Cara Mencegahnya!

Bagikan :

karies gigi

Karies gigi adalah masalah kesehatan gigi yang umum terjadi di berbagai kalangan usia. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara komprehensif tentang apa itu karies gigi, faktor penyebabnya, gejala, bahaya, perbedaan dengan gigi berlubang, serta cara pencegahan dan perawatan yang diperlukan.

Apa Itu Karies Gigi?

Karies gigi, juga dikenal sebagai gigi berlubang, adalah kerusakan pada struktur gigi yang disebabkan oleh asam yang dihasilkan oleh bakteri yang hidup di mulut. Karies ini dapat merusak lapisan keras gigi yang disebut enamel dan bahkan melibatkan lapisan gigi yang lebih dalam.

 

Faktor Penyebab Karies Gigi

Beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya karies gigi meliputi kebersihan mulut yang buruk, pola makan tinggi gula dan karbohidrat, kurangnya fluor, serta penurunan produksi air liur yang membantu membersihkan gigi dari asam dan bakteri.

 

Tahapan Terjadinya Karies Gigi

Tahapannya dimulai dari adanya plak bakteri di permukaan gigi. Plak ini akan merubah sisa makanan menjadi asam yang dapat merusak lapisan enamel. Jika tidak diatasi, asam akan merusak lapisan lebih dalam hingga terbentuk lubang pada gigi.

 

Gejala Karies Gigi

Gejala awal karies gigi bisa tidak terasa atau terlihat. Namun, seiring perkembangannya, gejala yang mungkin muncul meliputi sensitivitas gigi terhadap makanan atau minuman yang panas, dingin, atau manis, rasa sakit saat mengunyah, dan warna noda atau bercak pada permukaan gigi.

 

Bahaya dan Komplikasi Karies Gigi

Jika tidak diobati, karies gigi dapat mengakibatkan infeksi pada pulpa gigi yang menyebabkan abses dan nyeri hebat. Pada kasus yang lebih serius, infeksi bisa merambat ke jaringan di sekitar gigi, termasuk gusi dan tulang rahang.

 

Perbedaan antara Karies Gigi dan Gigi Berlubang

Karies gigi dan gigi berlubang sering digunakan secara bergantian, namun sebenarnya memiliki perbedaan. Karies merujuk pada proses kerusakan gigi yang disebabkan oleh asam. Gigi berlubang adalah hasil dari proses karies yang telah merusak gigi hingga membentuk lubang.

 

Pencegahan Karies Gigi

Pencegahan karies gigi melibatkan praktik kebersihan mulut yang baik, seperti menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluor, menggunakan benang gigi, dan menghindari makanan dan minuman manis berlebihan.

 

Perawatan Karies Gigi

Perawatan karies gigi tergantung pada tingkat kerusakan. Pada tahap awal, dokter gigi mungkin akan merekomendasikan tambalan gigi atau restorasi. Namun, pada kasus yang lebih parah, mungkin perlu dilakukan perawatan akar atau pencabutan.

 

Konsultasi dengan Dokter Gigi

Jika Anda mengalami gejala karies gigi, segera konsultasikan ke dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan merencanakan perawatan yang sesuai dengan kondisi gigi Anda.

 

Kesimpulan

Karies gigi adalah masalah yang umum terjadi dan bisa membawa dampak serius jika tidak diatasi. Penting untuk menjaga kebersihan mulut secara rutin, menghindari faktor risiko, dan melakukan konsultasi dengan dokter gigi secara berkala untuk mencegah dan mengatasi karies gigi dengan tepat.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP