fbpx

Seberapa Cerah Memutihkan Gigi dengan Bleaching

Bagikan :

Gigi kuning? Salah satu cara memutihkan gigi bisa dilakukan dengan tindakan bleaching. Apa itu bleaching? dan bisa lebih cerah berapa tingkat ya gigi kita dengan bleaching?

 

Memutihkan Gigi dengan Bleaching Gigi

Bleaching gigi adalah prosedur memutihkan dan mencerahkan gigi dengan bahan tertentu seperti hidrogen peroksida dan karbamid peroksida. Bleaching dilakukan dengan cara mencerahkan bagian dalam gigi dengan merendam gigi dengan larutan bleaching (umumnya hydrogen peroxide) sehingga bagian luar gigi dapat merefleksikan warna yang lebih cerah.

Memutihkan gigi dengan bleaching

Prosedur ini efektif untuk menyingkirkan noda atau mengatasi perubahan warna gigi tanpa mengikis lapisan permukaan gigi (enamel) atau merubah bentuk asli gigi.

 

Hasil Bleaching Gigi

Umumnya, warna gigi alami kita adalah putih kekuningan, atau dalam kategori shade di kedokteran gigi yaitu dalam rentang A2 – A3.

Tingkat warna gigi

Tingkat putih dan kecerahan dari bleaching gigi tergantung dari beberapa hal, diantaranya prosedur, jenis, dan konsentrasi bahan yang digunakan untuk bleaching.

Hasil memutihkan gigi dengan bleaching

Jenis-jenis Bleaching Gigi

Terdapat dua cara bleaching gigi yang dilakukan oleh dokter gigi yaitu internal dan external. Internal bleaching umumnya digunakan untuk mencerahkan satu gigi yang lebih gelap dibandingkan gigi lainnya. Biasanya kondisi ini terjadi pada gigi yang telah “mati” (non vital), dan telah dilakukan perawatan saluran akar sebelumnya. Pada kasus ini larutan bleaching diletakkan di bagian dalam mahkota gigi selama beberapa hari hingga satu minggu hingga warna yang diinginkan tercapai.

Cara Bleaching gigi

Saat hampir seluruh gigi ingin ditingkatkan kecerahan warnanya, maka external bleaching dapat digunakan. Dokter gigi akan memberikan dua pilihan untuk external bleaching yaitu bleaching yang dapat dilakukan oleh pasien sendiri di rumah (take home) atau bleaching yang dilakukan di klinik oleh dokter gigi (in office). 2

Untuk bleaching yang dilakukan pasien sendiri di rumah (home bleaching), dokter gigi akan membuatkan sendok cetak khusus yang sesuai dengan susunan gigi geligi pasien, yang nantinya akan digunakan pasien untuk meletakkan larutan bleaching ke dalam sendok cetak tersebut dan dipakai di rumah. Tentunya pemakaian larutan bleaching tersebut harus sesuai dengan petunjuk dan pengawasan dokter gigi. Kelebihannya, biaya home bleaching lebih murah dibandingkan In office bleaching, namun untuk hasil yang sala dibutuhkan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 2 minggu dan kekooperatifan pasien dituntut untuk keberhasilan perawatan.

Sementara itu, in office bleaching dilakukan di klinik oleh dokter gigi dalam waktu cukup singkat (sekitar 1 jam) dengan prosedur yang terkontrol, lebih aman, dan hasil yang lebih dapat diprediksi.

Bleaching gigi aman

 

Pasien dapat berkonsultasi kepada dokter gigi mengenai hasil bleaching yang diinginkan. Prosedur bleaching paling efektif adalah bleaching in-office di dokter gigi, dengan tingkat kecerahan yang bervariasi. Bleaching dilakukan selama 30-60 menit, dan hasil beaching gigi dapat langsung terlihat signifikan pada satu kali perawatan. Prosedur bleaching juga dapat diulang beberapa kali hingga mencapai tingkat putih dan cerah yang diinginkan.

Dapatkan perawatan memutihkan gigi dengan bleaching yang maksimal di MHDC Clinic dan Medikids Clinic. Temukan lokasi klinik terdekat dari rumah Sahabat dengan berbagai cabang klinik dokter gigi MHDC Group yang tersebar di daerah Kemang Jakarta Selatan, Pondok Indah, Bogor, Sudirman, Kuningan, Blok M, Kalibata, Bekasi, Bandung, Depok, Green Terrace Jakarta Timur, Cikupa Tangerang, BSD, dan Bintaro.

 

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP