fbpx

Takaran Penggunaan Fluoride Untuk Anak

Bagikan :

Penggunaan fluoride untuk anak

Parents sudah menggunanakan pasta gigi fluoride untuk anak? Ada beberapa hal yang perlu Parents perhatikan dalam memberikan fluoride untuk anak karena kekurangan fluoride itu buruk, namun apakah kelebihan baik? cari tahu jawabannya di artikel ini ya!

 

Fluoride dan manfaatnya dalam pasta gigi anak

Fluoride adalah suatu bahan yang secara alami tersedia di alam seperti di air sungai, air danau, air tanah, makanan seperti seafood, dan beberapa sumber lainnya dalam kadar yang berbeda-beda. Di dalam tubuh, fluoride paling banyak ditemukan dalam tulang dan gigi. Fluoride juga merupakan salah satu bahan aktif yang ada dalam produk kesehatan gigi seperti pasta gigi.

Di mulut kita, gula dari makanan/minuman yang kita konsumsi akan dicerna oleh bakteri lalu diubah menjadi asam. Asam inilah yang menyebabkan mineral-mineral dalam gigi hilang (demineralisasi) dan gigi menjadi berlubang. Fluoride berguna untuk mencegah gigi berlubang dengan cara menambahkan mineral ke gigi kita (remineralisasi) sehingga membuat enamel gigi semakin kuat dan lebih tahan terhadap asam. Pada tanda awal gigi berlubang, fluoride dapat menghentikan bahkan memutarbalikkan proses karies sehingga lubang tidak menjadi semakin dalam.

 

Pilih pasta gigi fluoride untuk anak, apakah berbahaya?

Penggunaan fluoride untuk anak

Tidak, jika banyaknya pasta gigi yang digunakan sesuai anjuran dan sesuai usia anak. Penting untuk mengawasi anak Anda saat menyikat gigi sehingga pengunaan pasta gigi tetap sesuai usianya dan mencegah penelanan yang berlebihan. Pasta gigi berfluoride direkomendasikan untuk bayi dan balita oleh American Academy of Pediatrics (AAP)American Association of Pediatric Dentistry (AAPD), dan American Dental Association (ADA).

 

Kekurangan fluoride itu buruk, namun apakah kelebihan baik?

Fluoride merupakan zat yang sangat dibutuhkan gigi agar tetap kuat menghadapi bakteri penyebab gigi berlubang. Namun, penggunaan yang dianjurkan adalah secukupnya saja moms, tidak perlu berlebihan. Kelebihan fluoride dapat menyebabkan Fluorosis, yang biasa terlihat sebagai bercak atau gambaran putih seperti kapur pada gigi. Kira-kira apasih penyebab tersering kelebihan konsumsi fluoride pada anak?

  1. Penggunaan fluoride melebihi batas yang dianjurkan, seperti anak yang menggunakan pasta gigi orang dewasa untuk menyikat gigi. Perlu diketahui bahwa kandungan fluoride pada pasta gigi dewasa dan anak berbeda. 
  2. Memberikan si adek suplemen fluoride melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter gigi
  3. Mengonsumsi suplemen fluoride diluar saran dokter, ketika kebutuhan fluoride sebenarnya sudah tercukupi melalui air minum dan pasta gigi.
  4. Memberikan si adek pasta gigi dalam jumlah yang banyak, saat sebagian besar dari pasta gigi tersebut malam tertelan oleh si adek.

Maka dari itu, anak dibawah usia 6 tahun harus disupervisi orang dewasa saat menyikat gigi, karena lebih besar resiko tertelan sisa pasta gigi pada anak di usia tersebut. 

Dosis fluoride untuk anak

Suplemen fluoride tambahan sebaiknya di konsumsi atas anjuran dokter gigi sesuai kondisi gigi dan mulut si adek. Jika memang si adek membutuhkan fluoride tambahan, maka dokter akan memberikan dosis dan saran terbaik agar si adek tetap sehat dan kuat!

 

Parents dapat berkonsultasi dengan dokter gigi terkait anjuran penggunaan fluoride untuk anak sesuai dengan kondisi gigi dan mulutnya. Pastikan Parents membawa anak ke dokter gigi yang sudah berpengalaman menangani pasien anak dan klinik giginya terjamin aman dan nyaman. Jika Parents merasa anak membutuhkan perawatan gigi, segera kunjungi dokter gigi di klinik Medikids dan MHDC terdekat dari lokasi Parents di daerah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Depok, Bogor, Cikupa Tangerang, BSD, Bintaro, dan Bandung. Kami akan selalu siap memberikan perawatan yang terbaik untuk keluarga anda.

Baru pertama kali membawa anak ke dokter gigi? coba paket My First Dental Visit!

dokter gigi anak terdekat

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP