fbpx

Seputar Tambal Gigi Anak – Pentingnya, Bahan, Prosedur, Masalah

Bagikan :

“Gigi susu anak berlubang, apa perlu ditambal? nanti kan juga akan diganti”

Gigi susu anak merupakan gigi yang sama pentingnya dengan gigi permanen. Peran gigi susu bagi anak sangat penting, seperti mendukung fungsi pengunyahan dan proses perkembangan bicaranya, menjaga ruang untuk tumbuhnya gigi permanen, serta menjaga agar anak tetap percaya diri dalam bersosialisasi.

 

Pentingnya Tambal Gigi Anak

Melihat peran gigi susu yang sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak, maka dari itu, jika gigi susu anak berlubang tetap harus ditambal. Apabila gigi berlubang dan dibiarkan terus menerus, maka akan muncul beberapa hal yang tidak baik bagi anak, seperti:

  • Menimbulkan berbagai masalah gigi
  • Pembengkakan dan infeksi pada tubuh
  • Kerusakan susunan gigi
  • Gangguan asupan nutrisi
  • Menurunkan kepercayaan diri anak

Cari tahu lebih lengkap tentang tindakan tambal gigi anak

Bahan Tambal Gigi Anak

Bahan yang sering digunakan untuk menambal gigi anak-anak, yaitu GIC dan resin komposit

Bahan tambal GIC (Glass Ionomer Cement)

Bahan tambal gigi anak GIC

GIC merupakan bahan kedokteran gigi multifungsi yang dapat digunakan sebagai bahan penambalan gigi pada anak-anak, karena memiliki sifat-sifat yang mendukung penggunaan pada anak-anak, yaitu seperti:

  • Berikatan secara kimiawi dengan gigi dan dapat mengeras tanpa disinar sehingga prosedur lebih singkat
  • Memiliki sifat melepaskan fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang, sehingga sangat bermanfaat pada pasien anak dengan risiko karies tinggi dan kebersihan mulut yang buruk
  • Dapat menoleransi lingkungan yang lembab, dapat digunakan untuk penambalan pasien anak yang kurang kooperatif, dimana umumnya sulit untuk mendapatkan kondisi gigi yang kering untuk penambalan

Kelemahan bahan tambal GIC adalah:

Bahan penambalan gigi

  1. Membutuhkan waktu hingga 24 jam untuk mengeras sempurna
  2. Kurang estetik dibandingkan resin komposit
  3. Lebih mudah aus dibandingkan resin komposit

Bahan Tambal Resin Komposit

Bahan tambal resin komposit

Resin komposit merupakan bahan kedokteran gigi yang paling umum digunakan untuk penambalan estetik gigi depan maupun gigi belakang. Bahan ini memiliki kelebihan seperti:

  1. Jauh lebih estetik dibandingkan bahan tambal GIC, tersedia dalam berbagai warna yang dapat menyerupai gigi asli
  2. Lebih kuat dan tidak mudah aus dibandingkan dengan GIC
  3. Langsung mengeras sempurna setelah disinar sehingga dapat langsung digunakan untuk makan

Kelemahan bahan resin komposit adalah: 

Prosedur tambal gigi

  1. Prosedur lebih lama dan lebih sensitif terhadap kondisi lembab sehingga kurang cocok dilakukan pada pasien anak yang kurang kooperatif
  2. Umumnya tidak memiliki sifat melepaskan fluoride seperti GIC, jadi kurang sesuai untuk pasien dengan risiko karies tinggi dengan kebersihan mulut dan kepatuhan yang buruk. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, saat ini sudah tersedia modifikasi komposit yang dapat melepaskan ion fluoride (Giomer)

 

Proses Tambal Gigi Anak

Parents dapat melakukan tindakan tambal gigi anak di klinik gigi terdekat dari lokasi Parents. MHDC dan Medikids Clinic menyediakan perawatan penambalan gigi anak yang dilakukan oleh dokter gigi yang telah terbiasa menangani gigi anak. Dapatkan perawatan gigi anak yang berkualitas dan ramah di 14 cabang klinik MHDC Group, pilih lokasi klinik dokter gigi terdekat dari lokasi Parents di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Depok, Bogor, Cikupa, Bintaro, BSD, dan Bandung.

Berikut adalah proses penambalan gigi anak di Klinik Medikids dan MHDC

  1. Proses Pendekatan kepada Anak: Dokter melakukan pendekatan dan Pengenalan alat-alat kepada anak sebelum melukan tindakan untuk memberikan rasa nyaman kepada anak.
  2. Pemeriksaan Gigi: Pengecekan gigi pasien untuk melihat kondisi gigi berlubang pasien serta rencana perawatan yang akan dilakukan menyesuaikan dengan kondisi gigi pasien.
  3. Dental health education: Dokter mengedukasi cara menjaga kesehatan gigi mulut anak yang baik dan benar, dan juga terkait pola diet serta kebiasaan buruk anak.
  4. Mulai perawatan dengan metode TSD (Tell Show Do): menjelaskan menunjukkan dan melakukan tindakan kepada anak dengan Bahasa yang mudah dipahami. Dokter juga memotivasi anak agar kooperatif selama tindakan.
  5. Pembersihan gigi berlubang: Area sisi berlubang dibersihkan dari bakteri untuk mencegah terjadinya karies sekunder atau lubang lanjutan akibat bakteri yang tersisa.
  6. Pemberian Dentin Condotioner: Dilakukan untuk lebih membersihkan lapisan dalam gigi.
  7. Pemberian bahan tambal gigi (GIC): Bahan semen sewarna gigi yang mengandung fluoride, cocok untuk anak-anak agar menghindari tambalan bocor dan terjadi lubang Kembali.
  8. Anak mendapatkan hadiah dari dokter

Promo diskon tindakan gigi anak dan dewasa

Reservasi tindakan tambal gigi anak

Kenapa Tambalan Gigi Anak Bisa Lepas?

Sebetulnya ada banyak sekali penyebab dan faktor yang memengaruhi keberhasilan tambalan pada gigi anak, antara lain:

Karies sekunder

Lubang pada gigi

Penelitian menunjukkan bahwa salah satu penyebab utama tambalan gigi anak lepas dan gagal adalah gigi yang berlubang kembali setelah ditambal, yang biasa disebut karies sekunder. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua dan anak untuk tetap menjaga kebersihan gigi anak setelah penambalan gigi, terutama pada anak dengan risiko karies tinggi.

Usia dan perilaku pasien anak

Pada pasien anak yang belum kooperatif, dimana sulit dilakukan isolasi gigi yang baik dari air liur, prosedur penambalan tentu akan terhambat sehingga risiko tambalan lepas akan meningkat. Biasanya pada kasus tersebut, dokter gigi akan mencoba menggunakan bahan tambal gigi anak seperti GIC yang lebih tidak sensitif terhadap kelembapan dan lebih cepat prosedurnya.

Besar lubang dan permukaan gigi yang terlibat

Tambalan gigi anak

Penelitian menunjukkan bahwa tambalan besar yang melibatkan banyak permukaan gigi jauh lebih rentan mengalami kegagalan dibandingkan dengan tambalan kecil yang hanya melibatkan satu permukaan gigi. Untuk kasus lubang yang besar, dapat dilakukan alternatif perawatan berupa pemasangan stainless steel crown.

 

Kedua bahan yang telah disebutkan diatas boleh digunakan untuk menambal gigi anak yang berlubang, sesuai dengan kasus masing-masing anak. Yang paling penting, kalau gigi anak berlubang harus segera ditambal yaa Parents, jangan ditunda sampai sakit gigi.

Gigi yang berlubang dapat segera ditambal agar kesehatan dan perkembangannya tidak terganggu. Pastikan membawa anak ke dokter gigi yang sudah berpengalaman menangani pasien anak dan klinik giginya terjamin aman dan nyaman. Jika moms merasa anak membutuhkan perawatan gigi, segera kunjungi klinik Medikids  dan MHDC terdekat anda ya moms. Kami akan selalu siap memberikan perawatan yang terbaik untuk keluarga anda.

Coba perawatan gigi berlubang yang menyenangkan untuk anak, ambil Paket Bebas Karies Gigi

 

Artikel ini ditinjau oleh: drg. Laila Novprianti

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP