fbpx

Vaksin MMR : Pengertian, Manfaat dan Prosedurnya!

Bagikan :

vaksin mmr

Vaksin MMR adalah salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan anak-anak dan masyarakat secara umum. Artikel ini akan membahas apa itu vaksin MMR, manfaatnya, potensi efek samping, kapan sebaiknya menerima vaksin MMR, dan tempat terpercaya untuk mendapatkannya.

Apa Itu Vaksin MMR?

Vaksin MMR adalah vaksin gabungan yang dirancang untuk melindungi terhadap tiga penyakit serius: campak, gondongan (mumps), dan rubella (campak Jerman). Vaksin ini mengandung bagian-bagian virus yang dilemahkan, yang membantu tubuh dalam membangun kekebalan tanpa menyebabkan penyakit tersebut.

Manfaat Vaksin MMR

Manfaat utama dari vaksin MMR adalah melindungi diri dan masyarakat dari penyakit-penyakit serius seperti campak, gondongan, dan rubella. Vaksin ini adalah salah satu terobosan terbesar dalam dunia kesehatan yang telah menyelamatkan banyak nyawa dan mencegah komplikasi serius.

Efek Samping Vaksin MMR

Efek samping vaksin MMR biasanya ringan, seperti demam ringan atau iritasi di tempat suntikan. Namun, efek samping ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan komplikasi yang bisa diakibatkan oleh penyakit yang dicegah oleh vaksin ini.

Kapan Harus Divaksin MMR?

Tiap 1 dosis berisi 0.5 ml.

Dosis diberikan berdasarkan usia.

Berdasarkan Rekomendasi Jadwal Imunisasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), vaksin MMR dapat diberikan sebagai berikut:

  • Anak : 2 dosis
  • Dosis 1 : Usia 18 bulan
  • Dosis 2 : Usia 5 tahun
  • Dewasa : 2 dosis dengan interval 28 hari.
  • Lanjut Usia : 2 dosis dengan interval 28 hari.

 

Prosedur Vaksinasi MMR

  1. Konsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis vaksin yang akan diberikan sesuai dengan rekomendasi jadwal vaksin.
  2. Dokter dibantu dengan perawat akan melakukan pemeriksaan kesehatan umum.
  3. Dokter mengkonfirmasi jenis dan dosis vaksin yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keamanan pasien.
  4. Perawat akan mempersiapkan sediaan vaksin dan memandu posisi pasien.
  5. Dokter akan melakukan tindakan asepsis dan antiseptik, kemudian dilanjutkan dengan pemberian vaksin melalui injeksi subkutan. Setelah itu, area suntikan ditutup dengan plester.

Tempat Melakukan Vaksinasi MMR

Salah satu tempat terpercaya untuk melakukan vaksinasi MMR adalah Klinik Vaksin MMR di MHDC. Klinik ini menyediakan vaksinasi MMR yang aman dan efektif. Menggunakan jasa klinik vaksinasi terpercaya adalah langkah bijak untuk memastikan bahwa Anda atau anak-anak Anda mendapatkan vaksinasi yang berkualitas.

Kesimpulan

Vaksin MMR adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan diri dan masyarakat. Manfaatnya yang besar jauh lebih berharga daripada potensi efek samping ringan. Jadi, jika Anda belum menerima vaksin MMR atau belum melindungi anak-anak Anda dengan vaksin ini, pertimbangkan untuk segera mencarinya di tempat vaksinasi terpercaya seperti Klinik Vaksin Campak MMR MHDC. Dengan begitu, kita dapat bersama-sama menciptakan komunitas yang lebih sehat dan aman.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP