fbpx
Overview

Amnesia mengacu pada hilangnya ingatan, seperti fakta, informasi, dan pengalaman. Meskipun melupakan identitas Anda adalah alat plot yang umum di film dan televisi, hal itu umumnya tidak terjadi dalam amnesia kehidupan nyata.

Sebaliknya, orang yang menderita sindrom “amnestik’, biasanya tahu siapa mereka. Tapi, mereka mungkin mengalami kesulitan mempelajari informasi baru dan membentuk ingatan baru.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Fungsi memori normal melibatkan banyak bagian otak. Setiap penyakit atau cedera yang mempengaruhi otak dapat mengganggu memori.

Amnesia dapat terjadi akibat kerusakan pada struktur otak yang membentuk sistem limbik, yang mengontrol emosi dan ingatan Anda. Struktur ini termasuk thalamus, yang terletak jauh di dalam pusat otak Anda, dan formasi hippocampal, yang terletak di dalam lobus temporal otak Anda.

Amnesia yang disebabkan oleh cedera atau kerusakan otak dikenal sebagai amnesia neurologis. Kemungkinan penyebab amnesia neurologis meliputi:

  • Pukulan
  • Peradangan otak (ensefalitis) sebagai akibat dari infeksi virus seperti virus herpes simpleks, sebagai reaksi autoimun terhadap kanker di tempat lain di tubuh (paraneoplastic limbic encephalitis), atau sebagai reaksi autoimun tanpa adanya kanker
  • Kurangnya oksigen yang cukup di otak, misalnya dari serangan jantung, gangguan pernapasan atau keracunan karbon monoksida
  • Penyalahgunaan alkohol jangka panjang yang menyebabkan defisiensi thiamin (vitamin B-1) (sindrom Wernicke-Korsakoff)
  • Tumor di area otak yang mengontrol memori
  • Penyakit otak degeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia
  • Kejang
  • Obat-obatan tertentu, seperti benzodiazepin atau obat lain yang bertindak sebagai obat penenang

Cedera kepala yang menyebabkan gegar otak, baik akibat kecelakaan mobil atau olahraga, dapat menyebabkan kebingungan dan masalah mengingat informasi baru. Ini sangat umum pada tahap awal pemulihan. Cedera kepala ringan biasanya tidak menyebabkan amnesia yang bertahan lama, tetapi cedera kepala yang lebih parah dapat menyebabkan amnesia permanen.

Jenis amnesia langka lainnya, yang disebut amnesia disosiatif (psikogenik), berasal dari kejutan emosional atau trauma, seperti menjadi korban kejahatan kekerasan. Pada gangguan ini, seseorang mungkin kehilangan ingatan pribadi dan informasi otobiografi, tetapi biasanya hanya sebentar.

Gejala

Dua ciri utama amnesia adalah:

  1. Kesulitan mempelajari informasi baru setelah timbulnya amnesia (anterograde amnesia)
  2. Kesulitan mengingat peristiwa masa lalu dan informasi yang sebelumnya dikenal (amnesia retrograde)

Kebanyakan orang dengan amnesia memiliki masalah dengan memori jangka pendek, mereka tidak dapat menyimpan informasi baru. Kenangan baru-baru ini kemungkinan besar akan hilang, sementara ingatan yang lebih jauh atau tertanam dalam biasanya tetap ada. Seseorang mungkin mengingat pengalaman masa kanak-kanak atau mengetahui nama-nama presiden masa lalu, tetapi tidak dapat menyebutkan nama presiden saat ini, mengetahui bulan apa, atau mengingat sarapan apa.

Kehilangan ingatan yang terisolasi tidak memengaruhi kecerdasan, pengetahuan umum, kesadaran, rentang perhatian, penilaian, kepribadian, atau identitas seseorang. Orang dengan amnesia biasanya dapat memahami kata-kata yang tertulis dan di ucapkan secara lisan, dan dapat mempelajari keterampilan seperti mengendarai sepeda atau bermain piano. Mereka mungkin mengerti bahwa mereka memiliki gangguan memori.

Amnesia tidak sama dengan demensia. Demensia sering kali mencakup kehilangan memori, tetapi juga melibatkan masalah kognitif signifikan lainnya yang menyebabkan penurunan fungsi sehari-hari.

Pola pelupa juga merupakan gejala umum dari gangguan kognitif ringan atau Mild Cognitive Impairment (MCI), tetapi memori dan masalah kognitif lainnya pada MCI tidak separah yang dialami pada demensia.

Kapan harus ke dokter?

Siapa pun yang mengalami hilang nya ingatan yang tidak dapat dijelaskan, cedera kepala, kebingungan, atau disorientasi memerlukan perhatian medis.

Seseorang dengan amnesia biasanya tidak dapat mengidentifikasi lokasinya atau berpikir untuk mencari perawatan medis. Jika seseorang yang Anda kenal memiliki gejala amnesia, bantu orang tersebut mendapatkan perhatian medis segera.

Perawatan

Perawatan kehilangan memori berfokus pada teknik dan strategi untuk membantu menyelesaikan masalah memori dan mengatasi penyakit mendasar yang menyebabkan hilangnya memori.

Terapi okupasi

Seseorang dengan amnesia dapat bekerja dengan terapis okupasi untuk mempelajari informasi baru untuk menggantikan apa yang telah hilang atau untuk digunakan secara utuh sebagai dasar untuk menyerap informasi baru.

Pelatihan memori juga dapat mencakup beberapa strategi untuk mengatur informasi agar lebih mudah diingat dan untuk menungkatkan pemahaman yang lebih baik tentang percakapan yang diperpanjang.

Bantuan teknologi

Banyak orang dengan amnesia merasa terbantu menggunakan teknologi pintar, seperti ponsel pintar atau tablet portabel. Dengan sedikit pelatihan dan latihan, bahkan orang dengan kehilangan ingatan yang parah dapat menggunakan pengatur elektronik ini untuk membantu aktivitas sehari-hari. Misalnya, ponsel cerdas dapat diprogram untuk mengingatkan mereka tentang peristiwa penting atau untuk minum obat.

Media penyimpanan berteknologi rendah meliputi buku catatan, kalender dinding, kotak obat, dan foto orang dan tempat.

Komplikasi

Amnesia bervariasi dalam tingkat keparahan dan cakupannya, tetapi bahkan amnesia ringan berdampak pada aktivitas dan kualitas hidup sehari-hari. Sindrom ini dapat menyebabkan masalah di tempat kerja, di sekolah, dan di lingkungan sosial.

Terdapat kemungkinan kecil untuk memulihkan ingatan yang telah hilang. Beberapa orang dengan masalah ingatan yang parah perlu hidup dalam situasi yang diawasi atau fasilitas perawatan yang diperpanjang.

Pencegahan

Karena kerusakan otak dapat menjadi akar penyebab amnesia, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan kemungkinan cedera otak. Sebagai contoh:

  • Hindari penggunaan alkohol yang berlebihan.
  • Kenakan helm saat bersepeda atau naik kendaraan bermotor dan sabuk pengaman saat berkendara.
  • Perlakukan infeksi dengan cepat sehingga tidak memiliki kesempatan untuk menyebar ke otak.
  • Cari perawatan medis segera jika Anda memiliki gejala yang menunjukkan stroke atau aneurisma otak, seperti sakit kepala parah atau mati rasa atau kelumpuhan pada satu sisi.
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP