fbpx
Overview

Cradle cap menyebabkan bercak bersisik yang berkerak atau berminyak di kulit kepala bayi. Kondisinya tidak nyeri atau gatal. Tapi itu bisa menyebabkan sisik putih atau kuning tebal yang tidak mudah dihilangkan. Cradle cap biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Langkah-langkah perawatan di rumah dapat di lakukan termasuk mencuci kulit kepala bayi Anda setiap hari dengan sampo ringan. Ini dapat membantu Anda melembutkan dan menghilangkan sisik yang terbentuk. Jangan menggaruk cradle cap.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Penyebab cradle cap tidak diketahui. Faktor yang berkontribusi mungkin adalah hormon yang diturunkan dari ibu ke bayi sebelum kelahiran. Hormon-hormon ini dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak (sebum) di kelenjar sebaceous dan folikel rambut.

Faktor lain bisa menjadi ragi (jamur) yang disebut malassezia yang tumbuh di sebum bersama dengan bakteri. Perawatan antijamur, seperti ketoconazole, seringkali efektif jika ragi adalah faktor penyebabnya. Cradle cap tidak menular dan tidak disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

Gejala

Tanda-tanda umum cradle cap adalah:

  • Ketombe yang tidak merata atau kerak tebal di kulit kepala
  • Kulit berminyak atau kering yang ditutupi dengan sisik bersisik putih atau kuning
  • Kulit kering yang menjadi serpihan
  • Kemungkinan kemerahan ringan

Sisik serupa juga dapat muncul di telinga, kelopak mata, hidung, dan selangkangan.

Cradle cap umum terjadi pada bayi baru lahir . Biasanya tidak gatal.

Cradle cap adalah istilah umum untuk dermatitis seboroik pada masa kanak-kanak. Terkadang penyakit ini membuat rancu dengan kondisi kulit lain, dermatitis atopik. Perbedaan utama antara kondisi ini adalah bahwa dermatitis atopik biasanya menyebabkan gatal parah.

 

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter bayi Anda jika:

  • Anda sudah mencoba mengobati bayi Anda di rumah tetapi tidak muncul hasil yang signifikan
  • Bercak menyebar ke wajah atau tubuh bayi Anda
Perawatan

Cradle cap biasanya tidak memerlukan perawatan medis karena biasanya akan hilang dengan sendirinya. Sementara itu, cucilah rambut bayi Anda dengan sampo bayi ringan sekali sehari. Jika terdapat ketombe parah, oleskan minyak yang mengandung mineral ke kulit kepala selama beberapa jam sebelum keramas. Kemudian cuci rambut seperti biasa dan gosok perlahan kulit kepala dengan sikat lembut untuk melembutkan kerak.

Jika sering keramas tidak membantu penyembuhan, bicarakan hal ini dengan dokter bayi Anda tentang produk yang mungkin dapat membantu, seperti krim hidrokortison berpotensi rendah atau sampo yang mengandung 2% ketoconazole antijamur. Pastikan sampo tidak masuk ke mata bayi Anda karena dapat menyebabkan iritasi.

Jangan menggunakan kortison atau krim antijamur yang dijual bebas tanpa berkonsultasi dengan dokter bayi Anda, karena beberapa produk ini dapat menjadi racun jika terserap melalui kulit bayi. Sampo ketombe yang mengandung asam salisilat juga tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak-anak karena dapat diserap melalui kulit.

Komplikasi
Pencegahan

Cuci rambut bayi Anda setiap beberapa hari untuk mencegah cradle cap. Kecuali dokter bayi Anda merekomendasikan sesuatu yang lebih kuat, gunakan sampo bayi yang lembut.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP